Comscore Tracker

7 Idol Group KPop Saat Masih Formasi Lengkap, Bikin Rindu!

Mereka tetap eksis lo sampai sekarang

Bergabung dalam sebuah idol group bisa jadi salah satu mimpi besar bagi warga Korea Selatan. Sebagai negara maju, mereka memang sangat mendukung industri hiburan, dalah satunya dengan menciptakan dan mendukung pertumbuhan dunia KPop. Hampir setiap hari ada saja acara musik di televisi yang menayangkan bagaimana para idol group ini menunjukkan bakat sekaligus eksistensi mereka. Bahkan mereka sangat update dan tentu saja menjadi moment paling dinanti oleh fans.

Meski begitu idol group yang terbentuk dari seleksi dan penggabungan para artis yang lolos ini, tidak serta merta bertahan dan selalu bersama. Beberapa di antaranya harus rela kehilangan satu persatu membernya. Dengan berbagai alasan, mereka pergi meninggalkan group yang telah membesarkan namanya itu. 

Seperti beberapa idol group di bawah ini. Tentu saja saat mereka masih dalam formasi awal yang lengkap ya.

1. F(x)

https://www.youtube.com/embed/z-rftpZ7kCY

Kisah dimulai sejak tahun 2009. Kelima wanita cantik dengan kelebihan & keunikannya masing-masing dipersatukan oleh SM Entertainment dalam group f(x). Terdiri dari Krystal, Amber, Sully, Victoria dan Luna ini memiliki jutaan fans di seluruh dunia. Bukan hanya karena mereka yang berasal dari salah satu management terbesar di Korea, tapi jarena keunikan mereka saat bernyanyi pun turut menjadi faktor banyaknya jumlah fans.

Namun di tahun 2015, mereka harus rela melepas Sulli yang memilih untuk mundur dan bersolo karir. Meski santer terdengar keluarnya Sulli karena beberapa skandalnya, namun f(x) tetap menunjukkan eksistensinya sampai saat ini. Bahkan beberapa sudah mulai bersolo karir namun tetap bersama atas nama f(x).

2. EXO

https://www.youtube.com/embed/yWfsla_Uh80

Group yang awalnya terdiri dari 12 anggota yaitu Xiumin, Suho, Lay, Chanyeol, Kai, D.O, Baekhyun, Chen, Sehun, Luhan, Kris dan Tao. Mereka muncul di tahun 2011. Menggebrak industri hiburan Korea dengan album pertamanya yaitu XOXO. EXO memikat fans dengan mendirikan sub unit di dalam group mereka. Tak hanya eksis di Korea Selatan, mereka juga eksis di Jepan dan China.

Namun selang beberapa tahun kemudian 3 anggota mereka yaitu Luhan, Kris dan Tao memilih untuk mundur dan bersolo karir. Mereka bertiga sama-sama keluar karena merasa ada yang tidak beres pada kontrak yang diberikan oleh SM. Sehingga sama-sama melayangkan gugatan kepada management yang telah mengangkat namanya itu. 

Meski begitu, sampai saat ini EXO masih eksis dengan 9 membernya. Baru saja mengeluarkan single berjudul Tempo, beberapa member EXO juga sering mondar mandir mengisi acara di televisi. Seperti DO yang mulai serius menjadi aktor.

Baca Juga: Banting Setir Jadi Aktris, 15 Seleb Ini Mantan Member Girlband KPop 

3. Shinee

https://www.youtube.com/embed/skZxb5sBoiU

Siapanyang tidak tahu Shinee? Idol group yang terdiri dari Minho, Taemin, Key, Onew dan Jonghyun dibentuk pada tahun 2008. Dengan kemampuan menyanyi dan dancing di atas oanggung yang cukup mumpuni, kelima personil ini sangat kompak baik di atas panggung maupun di balik layar. Namun di akhir tahun lalu, keempat member harus rela kehilangan Jonghyun sebagai salah satu penyanyi terbaik mereka.

Jonghyun pergi meninggalkan kita semua dan juga menyisakan luka duka yang cukup dalam bagi para fans di hampir seluruh dunia. Kehilangan ini tidak lantas membuat keempat member bersedih terlalu lama. Demi fans dan juga Jonghyun mereka bangkit dan akhirnya merilis single pertama dengan 4 personil saja. Bahkan beberapa diantara member pun juga mulai sering terlihat menjadi aktor dalam drama series.

4. SNSD

https://www.youtube.com/embed/t40fHb6v-7w

Makin tinggi pohon makin besar angin yang berhembus. Mungkin ungkapan itu yang cocok untuk SNSD. Di kala mereka berada di puncak, mereka harus kehilangan beberapa membernya. Terbentuk pada tahun 2007, SNSD harus rela kehilangan Jessica di tahun 2015. Ia memilih bersolo karir dan fokus menjalankan bisnisnya. Setelah itu SNSD tetap eksis dengan 8 member, terbukti dengan album mereka dan salah satu single yang hits yaitu Lion Heart.

Namun beberapa tahun berselang 3 member mereka yaitu Tiffany, Sooyoung dan Seohyun memutuskan untuk menghentikan kontrak mereka dan memilih bersolo karir. Ditengarai Sooyoung dan Seohyun memilih untuk fokus pada dunia akting mereka. Namun meski begitu kelima anggota yang tersisa tetap eksis dan ex member mereka tetap terus memberikan dukungannya.

5. Infinite

https://www.youtube.com/embed/YiiqHq_kNnU

Idol group yang debut di tahun 2010 ini menjadi salah satu idol group yang memiliki banyak fans. Tak hanya karena membernya yang tampan-tampan ya. Mereka juga punya warna musik dan suara yang unik, sehingga banyak menarik hati fans untuk semakin jatuh cinta. 

Infinite terdiri dari 7 member yaitu Sungkyu, Dongwoo, Woohyun, Sungyeol, L, Sungjong dan Hoya. Berada di bawa naungan Woollim Entertainment, ketujuh pria muda ini muncul pertama kali malah di reality show lo. Kemudian mereka mengeluarkan single, album hingga bermain dalam beberapa judul film dan reality show lainnya.

Namun di tahun lalu, mereka harus kehilangan salah satu vokalisnya yaitu Hoya. Kini Hoya lebih dikenal sebagai pemain musikal dan aktor. Bahkan baru-baru ini ia telah menyelesaikan drama Devilish Joy lo.

6. Super Junior

https://www.youtube.com/embed/ir-tZS3TaxM

Tak ada yang tak kenal dengan idol group yang satu ini. Muncul dengan banyak personil, mereka menamai fansclubnya dengan julukan ELF. Dibentuk sejak tahun 2005, idol group ini beranggotakan Leeteuk, Heechul, Yesung, Kangin, Siwon, Kyuhyun, Donghae, Sungmin, Shindong, Eunhyuk, Ryeowook, Hangeng, dan Kibum. Memulai debut dengan album Korea berjudul Twins, mereka muncul secara perlahan dan menjadi salah satu icon boyband keren bagi seluruh fans.

Namun pada tahun 2009 Kibum memilih untuk keluar dan disusul oleh Hangeng pada tahun 2010. Kini sisa member masih tetap eksis. Meski harus tampil tanpa formasi lengkap karena beberapa member menjalani wajib militer, namun Super Junior tetap eksis lo. Mana nih suaranya ELF?

7. Highlight

https://www.youtube.com/embed/5HwjMySsKJA

Mungkin beberapa orang masih asing dengan nama ini. Ya, nama Highlight memang baru, sebelumnya mereka menamai group dengan nama Beast. Idol Group besutan Cube Entertainment ini memang sudah cukup lama muncul di tengah-tengah penikmat Korea Pop. 

Sejak tahun 2009, idol group ini beranggotakan Yoon Doo Joon, Yong Jun Hyung, Yang Yo Seob, Lee Gi Kwang, Son Dong Woon dan Jang Hyun Seung. Beast sendiri memulai debut dengan mini album berjudul Beast is the B2ST. Berlanjut dengan album dan single lainnya.

Pada tahun 2016 BEAST harus kehilangan satu membernya yaitu Jang Hyun Seung yang memilih untuk bersolo karir. Setelah itu idol group ini berganti nama menjadi Highlight. Dengan formasi yang terdiri dari 5 orang, satu persatu mereka pun akan menjalani wajib militer lo. Jangan kangen ya!

Itu dia beberapa kilas balik idol group KPop saat personilnya masih lengkap. Mana idolamu?

Baca Juga: Ini 8 Kolaborasi Keren Antara Idol KPop & Musisi Internasional di 2018

Nelsi Photo Community Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You