Comscore Tracker

7 Alasan Kenapa Main Game di Era 90an Lebih Menyenangkan

Lebih sulit, lebih menyenangkan

Mungkin bagi sebagian besar anak jaman now memang nggak merasakan hal ini karena pada jaman ini teknologi jadi semakin canggih yang tentunya baik untuk perkembangan jaman. Namun tidak dapat dipungkiri kalau di era 90an segala aktivitas lebih menyenangkan termasuk bermain game.

Di era yang baru memasuki abad teknologi yang belum sepesat sekarang ini tentu pada saat ini dianggap sebagai keterbatasan. Namun di eranya itu membawa dampak yang cukup baik dan membuat bermain game pada era itu lebih menyenangkan. Berikut ini ada 7 alasannya.

1. Walkthrough yang susah dicari karena internet pun masih sulit

7 Alasan Kenapa Main Game di Era 90an Lebih MenyenangkanDok. Pribadi

Yup, di era sekarang untuk kamu yang gak mau pusing-pusing mikir panjang atau mencari jalan setelah stuck pada satu point di dalam game tentunya akan mencari walkthrough. Nah pada era 90an dimana internet pun sulit rentunya sulit juga untuk didapat sebuah walkthrough. Namun disitulah keseruannya, para gamer di era90an mencari hingga berhari-hari mencoba segala cara agar bisa menyelesaikan game tersebut dengan bekal petunjuk dari game tersebut dan jika menemukan sebuah penemuan tentunya akan sangat menyenangkan bukan.

2. Konten yang didapatkan tidak harus beli melalui DLC

7 Alasan Kenapa Main Game di Era 90an Lebih Menyenangkanimgur.com

Ya saat ini banyak game, hampir semuanya malah memanfaatkan fitur DLC untuk menambahkan keseruan dalam game dan tentunya butuh internet memadai serta uang lebih. Di era 90an dulu hanya ada sebuah system ekspansi yang terdapat pada disc game tersebut yang tentunya tidak perlu untuk kamu download atau beli secara repot-repot. Dengan beli sekali kamu bisa menikmati gamenya secara utuh.

3. Developer melakukan inovasi melalui Arcade

7 Alasan Kenapa Main Game di Era 90an Lebih Menyenangkanpokemon-aona.com

Di era 90an siapa tak kenal dindong? Sebuah mesin arcade yang bisa kamu mainkan dengan memasukan sebuah koin dengan beragam pilihan permainan. Dahulu para developer memanfaatkan itu untuk di port ke konsol seperti SEGA atau N64.

4. Memory Card yang fenomenal

7 Alasan Kenapa Main Game di Era 90an Lebih Menyenangkanretrogameage.com

Keberadaan benda satu ini menandakan keeksisanmu di era 90an. Karena tiap memory card menyimpan save profil dari game yang kamu mainkan. Dan save itu bisa kamu load dips manapun. Tanpanya kamu nggak akan bisa memainkan id (yang lebih dikenal dalam istilah game sekarang) dari profil kamu di game tersebut.

5. Simple dan jarang ada bug karena belum mengenal system patch

7 Alasan Kenapa Main Game di Era 90an Lebih Menyenangkankuyhaa.me

Dulu memang tak ada system patch di mana developer melakukan update terkait konten maupun masalah/bug pada game. Sejujurnya memang plus minus di era sekarang ini. Namun nyatanya saat era 90an tanpa itupun game terbukti cukup baik karena tak perlu repot-repot update terkait konten karena saat membeli kamu sudah dapat semua tanpa terkecuali.

6. Konsol lebih awet

7 Alasan Kenapa Main Game di Era 90an Lebih Menyenangkanteknotips.com

Harus diakui memang konsol jaman 90an masih belum sekompleks sekarang sehingga penggunaan dalam waktu lamapun masih dalam batas aman. Yang sekarang jelas lebih canggih dan tentunya komponen pembuatnya sangat kompleks. Sehingga jika salah-salah atau teledor akan cepat rusak dan untuk menggantinya sulit.

7. Konsol hanya untuk bermain game bukan hal lain

7 Alasan Kenapa Main Game di Era 90an Lebih Menyenangkanwikipedia.org

Mungkin di jaman canggih semua serba bisa dilakukan dalam satu alat, contohnya konsol game. Di era saat ini bisa dijadikan untuk alat multimedia, seperti menonton film, menyimpan musik. Tidak seperti konsol jaman dulu yang hanya untuk bermain. Hanya perlu plug and play. Tidak perlu tersambung ke internet untuk dapatkan pelayanan maksimal. Mungkin jika konsol saat ini dibuat seperti dahulu lebih simple namun tetap canggih akan jadi lebih baik lagi.

 

Itulah tadi 7 alasan mengapa bermain game di era 90an lebih terasa menyenangkan. Apapun itu ya namanya zaman terus berkembang kea rah yang lebih baik walau nggak menutup kemungkinan beberapa oknum akan memanfaatkan untuk hal yang kurang baik.

Intinya sesuatu yang simplepun bisa menjadi sesuatu dan berarti buat para gamer. Dan gamerpun tak perlu pusing-pusing memikirkan sesuatu hanya untuk sekadar bermain game.

Romi Subhan Photo Verified Writer Romi Subhan

Full time writer & part-time student.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya