Comscore Tracker

5 Lagu Mancanegara yang Digandrungi Anak Muda di Era 2000-an

Mana nih lagu favorit kalian?

Tahun 2000-an bisa dibilang tahun keemasan industri musik, baik di Indonesia maupun mancanegara. Anak-anak muda pada saat itu sangat antusias dengan musisi ataupun penyanyi yang digemarinya. Bahkan sebagian anak muda pun memasang beberapa poster dari grup musik ataupun penyanyi yang digemari sebagai pajangan di kamar.

Begitu juga dengan musisi ataupun penyanyi dari mancanegara yang kerap digemari lewat karya-karyanya yang sangat fenomenal. Siapa sajakah mereka? Berikut lima lagu mancanegara yang populer pada tahun 2000-an dan sangat digandrungi oleh anak-anak muda pada kala itu.

1. F4 - 'Liu Xing Yu'

https://www.youtube.com/embed/ocTdA8NytIc

Bagi generasi tahun 2000-an rasanya mustahil jika tidak tahu soal boyband satu ini. F4 digawangi oleh Jerry Yan, Vanness Wu, Ken Zhu, dan Vic Chou ini sangatlah populer di seluruh belahan dunia, terutama di Indonesia. Lagu "Liu Xing Yu" ini dirilis pada 2001 dalam album Meteor Rain dan menjadi hits single dalam album ini.

Selain populer dengan lagu "Liu Xing Yu", boyband yang mengusung genre musik Mandarin pop ini juga populer dengan film serial drama yang berjudul Meteor Garden dan Meteor Rain. Film serial tersebut sempat ditayangkan di dua televisi nasional, yaitu Trans TV (Meteor Garden) dan Indosiar (Meteor Rain). Keduanya mendapatkan antusias tinggi dari penonton di Indonesia yang saat itu masih berusia remaja ataupun dewasa.

2. Backstreet Boys - 'I Want It That Way'

https://www.youtube.com/embed/4fndeDfaWCg

Boyband yang dibentuk pada 1993 ini kembali merilis album yang berjudul Millenium pada tahun 1999. Setelah sebelumnya merilis album Backstreet's Back pada tahun 1997. Album ini menjagokan lagu yang sangat hits pada waktu itu, yaitu "I Want It That Way".

Kepopuleran lagu "I Want It That Way" membuat boyband yang digawangi oleh Nick Carter, Brian Littrell, Kevin Richardson, Howie Dorough, dan AJ McLean ini sangat digandrungi oleh anak-anak muda kala itu. Sampai saat ini, lagu ini masih terdapat dalam daftar putar di radio saat menyiarkan acara lagu-lagu lama tahun 1990-an.

3. Westlife - 'Swear It Again'

https://www.youtube.com/embed/pRdv7lDoqIo

Jika membicarakan musik di tahun 2000-an, tentu tidak akan terlepas dengan boyband yang satu ini. Boyband asal Irlandia ini pertama kali menapakkan jejaknya di industri musik mancanegara pada tahun 1999 dengan merilis album yang berjudul Westlife dengan hits single "Swear It Again".

Lagu ini tidak hanya membuat Shane Filan, Mark Feehily, Kian Egan, Nicky Bryne, dan Bryan McFadden dikenal di negaranya sendiri, namun juga di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Bahkan, Westlife pun saat itu pernah diundang untuk menghadiri suatu acara di Indonesia bersama penyanyi cilik kala itu, yaitu Sherina Munaf.

Baca Juga: 9 Lagu Lawas Populer Teen Top, Bikin Semangat Lagi!

4. Westlife - 'Uptown Girl'

https://www.youtube.com/embed/0HTexqxo1og

Lagu "Uptown Girl" ini sebenarnya bukan murni lagu dari Westlife, melainkan lagu daur ulang dari penyanyi asal Amerika Serikat, Billy Joel, pada era 1980-an. Meskipun hanya daur ulang, lagu ini sangatlah dikenal di era 2000-an setelah dipopulerkan oleh Westlife.

Lagu ini terdapat dalam album ketiga Westlife bertajuk World of Our Own yang dirilis pada 2001. Selain membawakan ulang lagu ini, Westlife juga membawakan ulang lagu "I Have a Dream" milik grup musik asal Swedia, ABBA dan "More Than Words" milik grup musik asal Amerika, Extreme.

5. Green Day - 'Boulevard of Broken Dreams'

https://www.youtube.com/embed/Soa3gO7tL-c

Bagi pecinta musik rock era 2000-an pasti sudah tidak asing lagi dengan lagu satu ini. Apalagi bagi anak nongkrong MTV pada masa itu. Setelah merilis album Warning tahun 2000, grup musik yang digawangi oleh Billie Joe Armstrong (gitar, vokal), Mike Dirnt (bass), dan Tre Cool (drum) ini kembali merilis album ketujuh mereka yang berjudul American Idiot dengan hits single "American Idiot" dan "Boulevard of Broken Dreams". Saking populernya, video klip lagu ini sering menghiasi acara-acara musik di MTV kala itu.

Itulah beberapa lagu lawas yang pernah menghiasi sejarah musik mancanegara tahun 2000-an. Hingga saat ini lagu-lagu di atas masih sangat disukai oleh generasi yang sekarang sudah berusia 40 tahun ke atas maupun anak-anak muda. Ada favoritmu juga?

Nurrahman Fadholi Photo Verified Writer Nurrahman Fadholi

Mahasiswa, pengajar, dan penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya