Comscore Tracker

5 Cara Obati Migrain Zaman Dulu Ini Bikin Begidik Ngeri

Pengobatan zaman dulu sangat nyeleneh

Saat kamu terserang migrain, kepala terasa pecah dan sakit di bagian sisi. Kepala seakan berdenyut, mata peka terhadap cahaya dan perut terasa mual. Berbagai macam obat digunakan oleh manusia untuk mengobatinya.

Peradaban manusia zaman dahulu memiliki cara yang unik dalam mengobati migrain. Obat-obatan tradisional hingga peralatan yang sederhana digunakan sebagai media penyembuhan. Meski terkadang sedikit mengerikan hal itu tetap dilakukan manusia zaman dulu. Seperti apa? Berikut deretan cara unik manusia zaman dahulu mengobati migrain.

1. Bawang putih pada sayatan pelipis

5 Cara Obati Migrain Zaman Dulu Ini Bikin Begidik Ngerisciencedirect.com

Bawang putih sudah digunakan oleh Tabib sejak abad ke-11. Seorang tabib bernama Abu Al-Qasim yang terkenal pada abad itu menyarankan untuk menaruh bawang putih pada pelipis. Pertama pasien diberi sayatan pada pelipisnya, lalu bawang putih itu dimasukkan dalam kulit rongga.

Cara ini cukup lama karena membutuhkan waktu 15 jam. Luka dibiarkan terbuka selama dua sampai tiga hari lalu diakhiri dengan penempelan besi panas untuk menghilangkan infeksi. Cara ini cukup mengerikan jika masih digunakan dalam dunia medis zaman sekarang. Meskipun begitu, orang zaman dahulu berhasil membuktikan cara ini untuk mengobati sakit kepala yang menyiksa seperti migrain.

2. Membekam dengan lemak dari kumbang

5 Cara Obati Migrain Zaman Dulu Ini Bikin Begidik Ngerithecoverage.my

Dalam lukisan Rembrandt tahun 1632, mengambarkan seorang dokter Belanda bernama Nicolaes Tuls yang menggunakan teknik bekam untuk mengobati penderita migrain. Namun zat yang digunakan saat bekam cukup unik. Pada zaman itu, proses bekam menggunakan kantiridin yang didapatkan dari kumbang Meloidae.

Zat ini cukup mengerikan jika digunakan terlalu lama. Meskipun termasuk lemak yang tak memiliki bau, berbahaya sekali untuk kesehatan ginjal. Efeknya bisa membuat kegagalan organ dalam tubuh kita.

Baca Juga: 5 Hal Sejarah Sushi, Makanan Favorit Semua Orang!

3. Memberikan kejutan listrik ikan torpedo

5 Cara Obati Migrain Zaman Dulu Ini Bikin Begidik Ngeriwellnessoutpost.com

Sebelum listrik digunakan, para dokter di Kerajaan Romawi menggunakan ikan listrik untuk mengobati penyakit migrain. Tabib terkenal bernama Scribonius Largus meresepkan sengatan listrik yang terdapat pada ikan Torpedo untuk mengobati migrain.

Bahkan cara ekstrem ini berlaku juga untuk penderita asam urat. Ikan ini mudah ditemukan di Laut Mediterania dan memiliki efek kejut listrik yang ampuh dalam mengobati penderita migrain. Jika cara ini masih digunakan, mungkin penyakit migrain akan menjadi penyakit yang cukup mengerikan.

4. Mengeluarkan darah dengan lintah

5 Cara Obati Migrain Zaman Dulu Ini Bikin Begidik Ngeripri.org

Dokter bedah barat pada sejarah dulu menganut teori humoral yang percaya bahwa kesehatan manusia diatur oleh keseimbangan cairan tubuh. Saat migrain, menempelkan lintah pada tubuh akan menyeimbangkan penumpukan darah yang menyebabkan migrain.

Darah yang diambil oleh lintah dipercaya dapat mengurangi rasa sakit para penderita migrain. Cara ini memang terdengar sangat menjijikan, namun terapi tradisional ini masih ada yang menggunakan hingga kini untuk mengobati beberapa penyakit tertentu.

5. Menempelkan bulu angsa berduri pada hidung

5 Cara Obati Migrain Zaman Dulu Ini Bikin Begidik Ngeriverywellhealth.com

Teori pengeluaran darah untuk menyembuhkan penyakit digunakan juga oleh dokter Yunani. Aretaeus adalah dokter Yunani Kuno yang menerapkan cara mengerikan untuk mengobati migrain. Cara ini menggunakan bulu angsa yang berduri untuk menusuk hidung agar berdarah. Jika darah sudah mengalir dari hidung, maka penderita migrain dapat sembuh.

Bahkan pada Abad ke-18, migrain digambarkan sebagai kondisi medis yang merekomendasikan pengeluaran penyakit melalui darah. Tentu saja cara ini terlalu ekstrem jika masih digunakan untuk zaman sekarang.

Fakta-fakta dalam sejarah peradaban manusia ini layak kamu ketahui untuk menambah pengetahuan. Meskipun cara ini mengerikan, namun ini memberikan kenyataan bahwa dunia medis mengalami perkembangan setiap zamannya.

Baca Juga: 7 Tokoh Paling Mengerikan dan Kejam Sepanjang Sejarah

Nurul Aulia Photo Community Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You