Comscore Tracker

7 Lagu Hits Muse di Tahun 2000-an yang Temani Masa Mudamu

#2000an Masih enak didengar hingga kini

Di awal tahun 2000an, ketika genre rock alternatif mulai menanjak popularitasnya di dunia musik internasional, kamu yang masih remaja saat itu pasti pernah mendengar lagu-lagu keren dari Muse. Ya, band rock alternatif yang berasal dari Inggris itu memang mulai dikenal luas semenjak awal pergantian milenium.

Band yang beranggotakan Matthew Bellamy (vokal, gitar, piano), Christopher Wolstenholme (bass), dan Dominic Howard (drum) ini dikenal memiliki genre musik yang unik dimana mereka memadukan musik rock, rock progresif, musik klasik, dan elektronika. Sebuah perpaduan musik yang membuat mereka berhasil memberi warna tersendiri pada genre rock alternatif saat itu.

Muse telah meliris 7 album sampai saat ini dan berhasil memenangkan 2 Grammy Award untuk kategori album rock terbaik sepanjang karir musik mereka.

Beberapa lagu mereka menjadi hits di tahun 2000an dan juga sempat menjadi soundtrack dari film Twillight Saga : Eclipse yang menjadi favorit remaja kala itu. 

Berikut beberapa lagu hits dari Muse yang ikut menemani masa remajamu di tahun 2000an.

1. Unintended

https://www.youtube.com/embed/i9LOFXwPwC4

Lagu ini nih yang menjadi awal mula dari melejitnya nama Muse. Lagu melankolis dengan lirik yang dalam ini menghadirkan suara falsetto ciri khas Matthew Bellamy yang hanya diiringi petikan gitar manis dan tepukan halus drum, membuat vokal sang vokalis begitu dominan dan menggetarkan hati.

Lagu yang easy listening ini bercerita tentang seseorang yang belum bisa melupakan cinta dari masa lalunya.

2. Plug In Baby

https://www.youtube.com/embed/dbB-mICjkQM

Singel utama dari album kedua mereka Origin of Symmetry ini menampilkan musikalitas Muse yang keren. Suara vokal Bellamy dengan nada-nada tinggi dibarengi permainan gitar yang enerjik membuat lagu ini menjadi salah satu lagu yang paling diingat para penggemar genre rock alternatif saat itu.

Permainan gitar yang begitu memukau dari Bellamy di lagu ini membuat Spinner.com memasukan Plug In Baby sebagai lagu dengan riff gitar ke 46 terbaik sepanjang masa. 

Bagi kamu penggemar game Guitar Hero, pasti hapal banget sama lagu ini.

3. Time Is Running Out

https://www.youtube.com/embed/O2IuJPh6h_A

Baca Juga: Hits di Era 2000an, Inilah Perjalanan Karier Bermusik Band Flanella

Lagu dari album Absolution ini mendapat pengaruh yang kuat dari lagu Michael Jackson yang berjudul Billie Jean. Sebuah lagu dengan vokal falsetto Matthew Bellamy yang dominan dan alunan musik yang manis dan apik, tanpa meninggalkan kesan misterius ciri khas Muse.

Lagu ini bercerita tentang perasaan atau emosi seseorang ketika menghadapi sebuah momen terakhir, baik itu dalam kehidupan sosial atau kisah cinta.

4. Hysteria

https://www.youtube.com/embed/3dm_5qWWDV8

Salah satu lagu yang memorable dari Muse ini bercerita tentang sebuah perasaan cinta pada seseorang yang tak mungkin dimiliki yang kemudian berujung pada rasa frustasi. Lagu ini memiliki musik bernuansa rock gelap yang seakan semakin menguatkan tema dari lagu ini.

Lagu ini juga dikenal memiliki bassline (isian bass) yang keren yang membuatnya terpilih menjadi lagu dengan bassline terbaik sepanjang masa versi Musicradar.com.

5. Starlight

https://www.youtube.com/embed/Pgum6OT_VH8

Lagu ini adalah singel kedua dari album keempat mereka Black Holes & Revelations. Salah satu lagu Muse yang paling dikenal oleh remaja di masa itu karena lagunya yang easy listening, lirik yang gampang diingat plus dentingan piano yang memukau.

Lagu ini bercerita tentang seseorang yang sedang sibuk mengejar cita-citanya namun kemudian merasakan kerinduan yang dalam kepada orang-orang yang sangat disayanginya yang selama ini ia tinggalkan.

6. Knights of Cydonia

https://www.youtube.com/embed/Q3Yc3HhSl1Q

Sebuah lagu epic dari Muse, di lagu ini Muse menunjukan musikalitas terbaiknya, kualitas vokal yang bagus dan permainan musik yang keren menjadi perpaduan sempurna untuk sebuah lagu rock terbaik di zamannya.

Lagu ini bercerita tentang perjalanan memutar kembali sejarah, agar bisa mengambil pelajaran dari kejadian-kejadian masa lalu.

7. Uprising

https://www.youtube.com/embed/w8KQmps-Sog

Singel pertama dari album The Resistance ini dikenal sebagai salah satu lagu powerful milik Muse. Lirik yang tajam dengan musik yang menghentak menjadikan lagu ini cocok untuk membangkitkan semangat.

Uprising bercerita tentang revolusi, sebuah tema baru yang berbeda coba ditampilkan oleh Matthew Bellamy.

Lagu ini menjadi lagu pertama dari Muse yang menempati peringkat 1 di charts Billboard Hot Alternative Songs, dan menjadi lagu Muse yang paling populer di Amerika Serikat.

Itulah beberapa lagu hits Muse di tahun 2000-an, lagu mana yang jadi favoritmu guys?

Baca Juga: Lagu-Lagu Soundtrack Bola Ini Pernah Mewarnai Musik 2000-an Kamu

Angga Photo Verified Writer Angga

A Bibliophile

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya