Comscore Tracker

7 Film Korea Romantis Paling Populer di Awal 2000-an

Mana nih yang jadi favoritmu?

Seperti yang kita tahu, Korea Selatan selalu memiliki drama maupun film bertemakan romantis dengan plot cerita yang ciamik. Film romantis yang disuguhkan bisa jadi film yang bakalan menguras air matamu atau bahkan membuatmu tertawa terpingkal-pingkal. Genre romantis adalah salah satu genre yang paling banyak digemari oleh kebanyakan penggemar film. Nah, berikut ini adalah 7 film korea romantis di awal 2000an yang bakalan membuatmu larut dalam suasana!

1. My Sassy Girl

https://www.youtube.com/embed/4lnyW3vIGvI

Rilis pada tahun 2001 dengan menggandeng Cha Tae Hyun dan Jun Ji Hyun sebagai pemeran utamanya, film ini mampu meraup 26 juta dolar ketika penayangannya. Film bergenre komedi romantis yang juga dibuat ulang oleh Hollywood di tahun 2008 ini mengisahkan tentang Gyun Woo yang merupakan seorang mahasiswa jurusan teknik yang lebih tertarik untuk menggoda gadis, pergi minum dengan teman-temannya dan jika memungkinkan ia akan menghindari sang ibu yang selalu mengganggunya. 

Lalu pada suatu hari setelah berkumpul dengan teman-temannya, ketika ia naik kereta bawah tanah ia bertemu dengan seorang gadis mabuk yang kemudian mengubah nasibnya. Si gadis yang ditemuinya itu hampir tak sadarkan diri dan memuntahkan isi perutnya pada seorang pria tua. Si gadis itu kemudian bersandar ke Gyun Woo dan semua orang yang berada dalam gerbong kereta tersebut menganggap gadis itu adalah pacarnya! Setelah pertemuannya dengan sang gadis di kereta, Gyun Woo pun terlibat dalam suatu hubungan yang tak diinginkannya. Meskipun begitu, ia tak dapat melupakan sang sassy girl dengan mudah.

2. The Classic

https://www.youtube.com/embed/EOZWxGbQlzY

Bergenre melodrama dan tayang pada tahun 2003, film ini menceritakan kisah klasik tentang Ji Hye (Son Ye Jin) yang secara tidak sengaja menemukan sebuah kotak yang berisikan surat-surat cinta milik ibunya, Song Joo Hee (Son Ye Jin) dengan cinta pertamanya, Oh Joon Ha (Cho Seung Woo). Hubungan mereka tak direstui karena Joo Hee telah dijodohkan dengan Yoon Tae Soo (Lee Ki Woo) yang notabenenya adalah sahabat Joon Ha oleh kedua orangtua Joo He. Meskipun begitu, Joo Hee dan Joon Ha tetap menjalin hubungan secara diam-diam. Sementara itu Tae Soo meminta Joon Ha untuk menuliskan surat cinta untuk Joo Hee. Joon Ha pun dengan senang hati menuliskan surat cinta yang mana isinya memanglah ungkapan hatinya sendiri.

Ji Hye adalah seorang mahasiswi jurusan musik yang diam-diam mencintai Sang Min (Jo In Sung) yang berada di jurusan teater/drama. Bukannya Ji Hye yang mendekati Sang Min, justru malahan Soo Kyeong (Lee Soo In), teman Ji Hye yang agresif dan sering menyuruhnya untuk menuliskan surat cinta untuk Sang Min. Ji Hye yang polos dan juga baik hati tak bisa menolak permintaan temannya itu. Ji Hye terus menuliskan surat cinta untuk orang yang bahkan tak mengetahui perasaannya yang sebenarnya.

Baca Juga: Nostalgia 6 Drama Korea Lawas Terpopuler Tahun 2000an, Favoritmu Nih?

3. A Moment to Remember

https://www.youtube.com/embed/uo9WSLv-lzs

Dibintangi oleh Son Ye Jin dan Jung Woo Song, film yang dirilis pada 2004 berdasarkan serial drama Jepang, Pure Soul ini menceritakan kisah tentang seorang perancang mode berusia 27 tahun, Soo Jin, yang pada suatu hari masuk ke sebuah toko untuk membeli Coke, tetapi tanpa sengaja meninggalkannya minumannya tersebut di kasir. Ia pun mengingat Coke yang ditinggalkannya dan Soo Jin berjalan kembali ke toko kemudian menabrak seorang tukang kayu, Chul soo yang memiliki mimpi untuk menjadi seorang arsitek.

Soo Jin kemudian bertemu Chul Soo untuk kedua kalinya di sebuah konstruksi bangunan milik ayahnya. Saat itu Chul Soo sedang bekerja di situs konstruksi tersebut, dan saat pertemuan keduanya dengan Chul Soo, Soo Jin pun jatuh cinta dengannya dan membututi Chul Soo diam-diam. Hubungan mereka berkembang dan Chul Soo pun menikahi Soo Jin. Namun tak lama setelah hidup bersama, Soo Jin pun didiagnosis mengidap Alzheimer. Untuk menghadapi kenyataan tersebut, Chul Soo dan Soo Jin berkomitmen untuk tetap bersama.

4. Windstruck

https://www.youtube.com/embed/PGs4HLGWH24

Bergenre komedi romantis sekaligus melodrama, film yang dirilis pada tahun 2004 ini mengisahkan tentang Yeo Kyung-jin (Jun Ji Hyun), seorang petugas polisi wanita muda yang ambisius dalam menjalankan tugasnya di kepolisian Seoul. Suatu hari ketika ia sedang mengejar seorang pencopet, ia secara tidak sengaja menangkap Go Myung-woo (diperankan oleh Jang Hyuk), yang berprofesi sebagai seorang guru fisika di sekolah khusus perempuan, yang sebenarnya sedang berusaha menangkap pencopet sebenarnya. Kemudian, ketika Myung-woo berhasil menemukan dan mengambil dompet yang dicuri, Kyung-jin melihatnya dan mencoba untuk menangkap Myung-woo kembali.

Kyung-jin dan Myung-woo kembali bertemu ketika Myung-woo menjadi sukarelawan dalam membantu polisi bertugas. Saat itu, Myung-woo terpaksa menemani Kyung-jin bertugas. Hubungan mereka semakin dekat ketika mereka sedang berpatroli bersama kemudian menemukan sindikat pengedar narkoba. Karena Myung-woo ketakutan, ia pun berusaha untuk kabur, namun Kyung-jin menahannya dengan memasang borgol ke salah satu pergelangan tangan Myung-woo dan juga Kyung-jin ikut memborgol pergelangan tangannya juga agar terus bisa bersamanya. Tanpa disadari, kunci borgol tersebut hilang, mereka pun tak bisa berpisah. Pada saat terborgol bersama, momen-momen romantis pun tercipta.

5. Sad Movie

https://www.youtube.com/embed/TsgNHHOl7vA

Film tahun 2005 ini adalah film yang bertabur bintang, sebut saja mereka yang membintangi film ini adalah Jung Woo Sung, Im Soo Jung, Cha Tae Hyun, Son Tae Yong, Yum Jung Ah, Yeo Jin Goo, Shin Min Ah dan juga Lee Ki Woo.

Film ini menceritakan kisah tentang delapan orang yang menghadapi perpisahan paling gemilang dalam hidup mereka. Delapan orang yg andikisahkan dalam film ini di antaranya adalah seorang pemadam kebakaran yang berusia 30 tahun yang penuh semangat namun selalu kehilangan kesempatan saat mencoba melamar kekasihnya. Sementara itu, kekasihnya sendiri menjadi khawatir setiap kali ia mendengar suara sirene.

Ada pula seorang gadis bernama Suk Hyeon yang bermaksud putus dengan kekasihnya yang tak kunjung memiliki pekerjaan, Ha Seok, yang sebenarnya baru saja membuka sebuah jasa yang membantu memutuskan hubungan percintaan orang lain.

Seorang ibu muda yang sibuk oleh karirnya, Ju Yeong yang selalu memarahi anaknya karena masalah yang disebabkan oleh anaknya di sekolah.

Dan seorang gadis muda bernama Su Eun yang memiliki gangguan pendengaran dan juga luka bakar di wajahnya, ia baru saja mengalami jatuh cinta, namun tak memiliki keberanian untuk menunjukkan kehadirannya kepada lelaki yang disukainya.

6. Maundy Thursday

https://www.youtube.com/embed/mBqeAjn072U

Maundy Thursday atau yang judul lainnya Our Happy Time adalah film yang diangkat berdasarkan best-selling novel karya Gong Ji Young. Film yang masuk jajaran film Korea paling populer di tahun 2006 ini dibintangi oleh Lee Na Young dan Kang Dong Woon. Filmnya sendiri menceritakan tentang Moon Yoo Jung (Lee Na Young) yang hidup dalam keluarga kaya dan memiliki pekerjaan yang mapan. Meskipun memiliki kehidupan seperti itu terlihat bahagia, namun tidak bagi Moon Yoo Jung. Ia selalu memandang dengan sinis kehidupan dan ketus terhadap segala hal, terutama ibunya. Berkali-kali ia telah mencoba untuk bunuh diri. Orang yang benar-benar dapat diandalkannya adalah tantenya, Suster Monica (Yoon Yeo Jung).

Suatu hari tantenya mengajak Yoo Jung untuk melakukan pelayanan di penjara, melayani seorang pemuda yang telah divonis mati karena kasus pemerkosaan sekaligus pembunuhan. Pemuda itu adalah Yun Soo (Kang Dong Woon) yang juga memandang sinis kehidupan. Ia adalah orang yang mudah marah dan selalu menyendiri. Ketika tantenya sedang pergi melakukan pelayanan di daerah, Yoo Jung diminta menggantikannya untuk menemui Yoon Soo setiap hari Kamis. Sejak saat itu komunikasi antara Yoo Jung dan Yoon Soo pun terbangun. Mereka pun saling terbuka bertukar cerita.

7. A Millionaire's First Love

https://www.youtube.com/embed/k-JQ797aBwc

Kang Jae Kyung (Hyun Bin) adalah seorang pemuda tipikal orang kaya kebanyakan. Ia adalah orang yang arogan, mengendarai mobil sport, menghadiri klub-klub ternama dan juga bolos sekolah. Saat mendekati ulang tahunnya yang ke-19, ia telah diatur untuk mewarisi kekayaan milik kakeknya, namun sebelum bisa mendapat warisan kakeknya itu, ia diharuskan pindah ke sekolah baru di Provinsi Gangwon dan lulus terlebih dahulu. 

Sampai dirinya lulus, semua akses untuk ke penthouse, pondok, dan kartu kredit akan ditolak. Jika ia tak juga lulus atau putus sekolah, maka ia kehilangan segalanya. Jika dia ingin menyerah, dia hanya akan menerima 0,1% dari seluruh warisannya. Dengan pemikiran tersebt dikepalanya, ia pergi ke pedesaan, ke sebuah kota kecil di mana ia akan menjalani kehidupan sehari-hari jauh berbeda dengan yang biasa dilakukannya di kota.

Tak lama setelah menetap di rumah barunya, ia bertemu Choi Eun Hwan (Lee Yeon Hee), seorang gadis berusia18 tahun, yang kebetulan pernah ia temuinya di Seoul. Hari-hari Jae Kyung yang hidup di pedesaan pun mulai menyenangkan.

Nah itulah dia 7 film Korea populer yang tayang di awal 2000an. Mana saja nih yang sudah kamu tonton?

Baca Juga: Tayang Oktober, 5 Drama Korea Ini Bakal Bikin Kamu Baper Maksimal

Rizka Nooraini Photo Community Writer Rizka Nooraini

menulis adalah salah satu kegemarannya:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You