Comscore Tracker

Berjaya di Tahun 2000an, Ini Grup Band/Vokal Hits Besutan Ahmad Dhani

#2000an Musisi bertangan dingin nih!

Ahmad Dhani adalah musisi tanah air kelahiran Surabaya, 26 Mei. Ia merupakan pendiri dan pemimpin grup musik Dewa 19 yang merupakan salah satu band paling sukses di awal tahun 2000an. Beberapa penghargaan pernah diraihnya dalam dunia musik. Majalah MTV Trax edisi perdana tahun 2002 menobatkan Dhani sebagai salah satu 25 musisi/grup paling berpengaruh dalam musik Indonesia, bahkan majalah Rolling Stone juga menempatkannya ke dalam daftar The Immortals : 25 Artis Indonesia Terbesar Sepanjang Masa.

Dhani merupakan pendiri dan pimpinan dari Republik Cinta Management. Di bawah naungannya, ia berhasil mencetak beragam karya yang berhasil mengorbitkan banyak penyanyi dan grup musik. Dhani juga pernah menjadi juri di beberapa ajang pencarian bakat. Berikut sederet grup band/vokal hasil besutan Ahmad Dhani yang sempat populer pada tahun 2000an.

1. Dewi Dewi

https://www.youtube.com/embed/l52-J9wdnwo

Pada tahun 2007, Ahmad Dhani membentuk grup musik yang beranggotakan tiga vokalis wanita yaitu Tata Janeeta, Purie Andriani, dan Inna Kamarie. Mereka bertiga berhasil terpilih melalui audisi dalam sebuah paket acara realitas bertajuk Obsesi Dewa 19 Mencari Dewi Dewi di SCTV.

Dewi Dewi kemudian tergabung dalam Republik Cinta Management dan merilis sebuah album studio berjudul Recycle. Dua lagu hits muncul dalam album ini yaitu Dokter Cinta dan Begitu Salah Begitu Benar. Album ini berhasil terjual lebih dari 150.000 keping pada saat itu dan memperoleh penghargaan platinum.

2. The Virgin

https://www.youtube.com/embed/MyVb-8mYV7Q

Grup duo vocal yang digawangi Mitha dan Dara ini mulai terbentuk pada tahun 2008. Mitha yang pandai bermain gitar ini dipertemukan oleh Dara, salah satu jebolan ajang pencarian bakat Mamamia Show, dimana saat itu Dhani menjadi juri dalam acara tersebut.

Lagu andalan mereka adalah Cinta Terlarang yang diciptakan langsung oleh Mitha. Lagu ini sukses membawa keduanya berada di jajaran musisi ternama Indonesia.

3. Lucky Laki

https://www.youtube.com/embed/ZFddU8nnLKI

Setahun setelah terbentuknya The Virgin, Ahmad Dhani kembali menggebrak belantika musik Indonesia. Dengan melihat potensi ketiga putranya dalam bermain musik, Ahmad Dhani membentuk band Lucky Laki yang beranggotakan Al (vokal, gitar), El (backing vocal, drum), dan Dul (backing vocal, drum).

Single yang berjudul Aku Bukan Superman sukses di pasaran. Grup band Lucky Laki ini sukses mencuri perhatian banyak orang, khususnya para remaja saat itu.

Baca Juga: Nostalgia Lagu Dewa 19 Buat Weekend Kamu! Mana Nih yang Jadi Favorit Kamu?

4. The Rock

https://www.youtube.com/embed/-fVInEPe_Uk

Grup band The Rock ini merupakan kolaborasi antara Ahmad Dhani dengan beberapa musisi Australia. Dhani memang mau mengembangkan musiknya ke ranah internasional. Band ini sempat merilis beberapa single, salah satu yang populer adalah Munajat Cinta. Tahun 2010, Dhani mengganti formasi band dan mengubah namanya menjadi T.R.I.A.D.

5. Mahadewa

https://www.youtube.com/embed/Dqp0cLb8dnc

Band terakhir yang menjadi karya besar Ahmad Dhani adalah Mahadewa. Dhani membentuk grup dengan aliran Rock ini pada tahun 2011 dengan menggandeng Judika sebagai vokalisnya. Namun, karena sesuatu hal Judika mengundurkan diri dari band ini dan posisinya digantikan oleh Virzha.

Itulah sederet grup band/vokal hasil tangan dingin musisi ternama Indonesia, Ahmad Dhani. Namanya di dunia musik kian meredup seiring dengan terjunnya ke dunia politik saat ini, namun semua karyanya tidak akan pernah dilupakan.

Baca Juga: 7 Lagu Dewa 19 Ini Paling Sukses Warnai Cerita Cinta Generasi 90an

Rizna M. Hidayah Photo Verified Writer Rizna M. Hidayah

Sharing | Travelling | Writing Antara menulis dan bulutangkis, namun bukan seorang jurnalis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya