Comscore Tracker

Bukan Gadget, Ini 7 Mainan Tradisional yang Membuat Anak 90an Bahagia

Yuk nostalgia!

Setiap kejadian memang tidak mungkin bisa terulang kembali, seperti anak-anak tahun 90an. Masa kanak-kanak mereka tentu amat sangat berkesan karena momen itu tidak akan terulang di zaman sekarang.

Sederhana namun bisa menciptakan rasa bahagia bagi yang memainkannya. Buat kalian yang merasakan sebagai anak-anak tahun 90an, pasti pernah bermain 7 permainan ini. Yuk bernostalgia bareng dengan mengingat kembali mainan di tahun 90an.

1. Congklak

Bukan Gadget, Ini 7 Mainan Tradisional yang Membuat Anak 90an Bahagiadunia-anak.com

Permainan congklak ini dimainkan oleh dua orang dengan menggunakan papan congklak dan biji congklak. Setiap lubang diisi dengan tujuh buah biji congklak. Pemenangnya adalah yang memiliki biji congklak paling banyak di lubang yang paling besar.

2. Lompat Karet

Bukan Gadget, Ini 7 Mainan Tradisional yang Membuat Anak 90an Bahagiaforum.detik.com

Dulu anak-anak sering sekali mengumpulkan karet gelang lalu disambung-sambung hingga menjadi panjang untuk dijadikan mainan. Ya, namanya permainan lompat karet. Permainan ini bisa diikuti oleh beberapa pemain. Ada dua orang yang bagian jaga pegang karet. Biasanya permainan dimulai dari level yang paling mudah mata kaki, pinggang, kuping, hingga kepala.

3. Bola Bekel

Bukan Gadget, Ini 7 Mainan Tradisional yang Membuat Anak 90an BahagiaBerbagai sumber

Bola bekel merupakan salah satu permainan yanh menjadi favorit nih, khususnya anak-anak perempuan. Dengan berbekal 8 atau 10 biji cangkang kerang atau kuningan dan bola bekel yang bisa memantul. Mainan ini bisa dimainkan oleh beberapa orang dengan membentuk sebuah lingkarang dan bola bekel dimainkan di tengah lingkaran tersebut.

Baca Juga: Nostalgia, 5 Permainan dari Kertas Ini Populer di Era 90an

4. Layangan

Bukan Gadget, Ini 7 Mainan Tradisional yang Membuat Anak 90an Bahagiablitudik.com

Kalau permainan satu ini biasanya menjadi favorit anak laki-laki nih. Layang-layang yang berbentuk ketupat itu diterbangkan sampai atas. Permainan ini dilakukan di lapangan terbuka yang bertujuan untuk bisa mendapatkan angin dan layang-layang dapat dengan mudah diterbangkan ke atas.

5. Taplak Gunung

Bukan Gadget, Ini 7 Mainan Tradisional yang Membuat Anak 90an Bahagiadarmanreubee.com

Taplak gunung ini merupakan salah satu permainan tradisional yang cukup populer di Indonesia. Digambar menggunakan kapur tulis atau di atas tanah juga bisa. Permainan ini biasanya diikuti oleh lebih dari tiga pemain. Setiap satu kotak dimainkan dengan satu kaki kecuali yang ada dua kotak.

6. Kelereng

Bukan Gadget, Ini 7 Mainan Tradisional yang Membuat Anak 90an Bahagiastock.adobe.com/alex.pin

Mainan andalan anak laki-laki nih. Banyak permainan yang bisa dilakukan menggunakan kelereng ini, sehingga tidak akan bosan jika harus berlama-lama main kelereng. Permainan ini juga tidak mudah karena dibutuhkan beberapa kemampuan untuk bisa memenangkannya.

7. Masak-masakan

Bukan Gadget, Ini 7 Mainan Tradisional yang Membuat Anak 90an Bahagiaranafathinahh.blogspot.co.id

Dari nama permainannya sudah pasti kalau permainan ini adalah mainan khusus anak perempuan. Mainan masak-masakan ini mulai langka karena sudah jarang sekali yang menjual perabotan masak-masakan yang terbuat dari tanah liat ini. Bahan-bahan untuk memasak biasanya ada daun, tanah, ataupun bebatuan yang tentunya tidak bisa dimakan.

Itulah tujuh mainan tradisional anak tahun 90an. Sederhanan namun bisa membuat bahagia. Permainan mana yang dulu selalu kalian mainkan nih?

Baca Juga: Gak Cuma KPop & Drama, 7 Permainan Tradisional Korea Ini Juga Seru Lho

Rizna M. Hidayah Photo Community Writer Rizna M. Hidayah

Sharing | Travelling | Writing Antara menulis dan bulutangkis, namun bukan seorang jurnalis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You