Comscore Tracker

Populer di Tahun 2000an, Inilah 5 Film Terbaik Riri Riza

#2000an Ada yang terlaris sepanjang masa lho!

Riri Riza adalah seorang sutradara, penulis naskah, dan produser film asal Indonesia. Pria kelahiran Makassar, 2 Oktober 1970 ini memulai debut pertamanya dengan menjadi sutradara dalam film Kuldesak pada tahun 1998.

Bersama sahabatnya, Mira Lesmana, lulusan SMA Labschool Jakarta dan Institut Kesenian Jakarta ini sering berkolaborasi dalam proses pembuatan film di bawah naungan rumah produksi yang didirikan oleh Mira Lesmana, yaitu Miles Films.

Beberapa film hasil karyanya terbilang populer. Berikut film-film terbaik Riri Riza di awal tahun 2000an.

1. Petualangan Sherina (2000)

https://www.youtube.com/embed/cTE_YrDPsZs

Film musikal untuk semua umur ini merupakan film pertama Riri Riza pada tahun 2000. Film ini didukung oleh sederet aktor dan aktris terkemuka tanah air seperti, Didi Petet, Mathias Muchus, Ratna Riantiarno, Butet Kertaradjasa dan yang lainnya.

Film ini bercerita tentang kepindahan Sherina yang mengikuti sang ayah bekerja di Bandung. Di sekolah barunya, Sherina mendapat musuh, Sadam yang ternyata anak dari majikan ayahnya.

Sadam adalah anak yang nakal di sekolah, tapi justru sangat manja saat di rumah. Permusuhan keduanya berubah menjadi sahabat ketika keduanya sama-sama liburan dan diculik oleh seseorang yang ingin menguasai pertanian milik keluarga Sadam.

Film favorit siapa, nih?

2. Eliana, Eliana (2002)

https://www.youtube.com/embed/I88NOcm-Wp4

Film ini menceritakan tentang kisah ibu dan anak yang sama-sama bernama Eliana. Keduanya tidak pernah akur. Eliana mempermalukan ibunya dengan membatalkan pernikahannya lima tahun yang lalu dan kabur ke Jakarta.

Sekian lama keduanya tidak bertemu, Eliana menemukan ibunya yang sudah ada di kontrakannya sepulang dia bekerja. Di saat yang sama, keduanya menyadari bahwa teman kontrakan Eliana itu telah menghilang. Dalam proses pencarian itu memecah kebekuan hubungan antara ibu dan anak itu setelah lima tahun lamanya.

Film ini juga meraih beberapa penghargaan dalam Festival Film Indonesia pada tahun 2004. Bahkan, Riri Riza juga dinobatkan sebagai sutradara terbaik di Festival Film Indonesia di tahun 2004 itu.

Baca Juga: Nostalgia, 5 Film Ultraman yang Muncul di Tahun 2000an

3. Gie (2005)

https://www.youtube.com/embed/t3k41Px7LGg

Film yang menceritakan tentang Sok Hoe Gie yang merupakan mahasiswa Universitas Indonesia yang lebih dikenal sebagai demonstran dan pecinta alam. Film ini diangkat dari buku Catatan Seorang Demonstran karya Gie sendiri.

Film ni juga meraih beberapa penghargaan di Festival Film Indonesia pada tahun 2005. Salah satu penghargaan itu diraih oleh Nicholas Saputra sebagai aktor terbaik dalam film ini.

4. Laskar Pelangi (2008)

https://www.youtube.com/embed/fFZVM8EDbKA

Laskar Pelangi adalah film yang diadaptasi dari buku dengan judul yang sama karya Andrea Hirata. Sebagai sutradara, Riri Riza juga membantu proses penulisan naskah bersama Mira Lesmana.

Dengan berlatar belakang daerah Belitung, uniknya dari proses pembuatan film ini adalah untuk mencari anggota Laskar Pelangi dilakukan casting di daerah Belitung dengan mengambil anak-anak asli daerah tersebut.

Film yang rilis pada September tahun 2008 ini sudah ditonton oleh 4,6 juta orang hingga Maret 2009. Sampai sekarang, film Laskar Pelangi menjadi salah satu film Indonesia terlaris sepanjang masa.

5. Sang Pemimpi (2009)

https://www.youtube.com/embed/yL0mjLyC-ho

Film Sang Pemimpi adalah film Indonesia yang rilis pada tahun 2009 yang diadaptasi dari tetralogi novel Laskar Pelangi 2, Sang Pemimpi, karya Andrea Hirata. Film ini disutradarai oleh Riri Riza dan Mira Lesmana sebagai produsernya. Sebenarnya cerita Sang Pemimpi ini adalah lanjutan dari cerita dalam film Laskar Pelangi.

Film sang pemimpi ini menjadi film pembuka dalam acara Jakarta International Film Festival (JIFFest) 2009. Dan menjadi film pertama Indonesia yang menjadi pembuka sejak JIFFest pertama pada tahun 1999. Film ini menjadi film terlaris kedua pada tahun 2009 dengan jumlah penonton 1,9 juta orang.

Itulah sederet film-film terbaik karya Riri Riza pada awal tahun 2000an. Karyanya banyak mendapatkan penghargaan dan beberapa diantaranya meraih jumlah penonton terbanyak. Sudah ditonton semua belum?

Baca Juga: 6 Aktor Lawas Ini Pernah Berakting di Film Jadul Suzanna, Serem Abis!

Rizna M. Hidayah Photo Community Writer Rizna M. Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You