Comscore Tracker

7 Peran Ini Buktikan Heath Ledger adalah Aktor Serba Bisa

Jika masih hidup, 4 April 2018 adalah ulang tahunnya yang ke-39...

Heath Ledger paling mendapatkan tepuk tangan saat memainkan peran Joker di film The Dark Knight. Namun, ia justru tak bisa menyaksikan film tersebut karena meninggal saat proses penyuntingan masih berlangsung pada 22 Januari 2008.

Menurut pihak medis, kematian Ledger disebabkan oleh ketidaktahuannya dalam mencampurkan beberapa obat.

Jika aktor kelahiran Australia itu masih hidup, pada 4 April kemarin ia berusia 39 tahun. Meski sudah 10 tahun pergi, tapi Ledger tetap dikenang oleh banyak orang dari industri hiburan Hollywood dan para penggemar film.

Satu alasannya adalah karena Ledger merupakan aktor serba bisa. Tak percaya? Ini tujuh perannya yang paling mengesankan:

1. Joker, The Dark Knight Rises (2008)

7 Peran Ini Buktikan Heath Ledger adalah Aktor Serba Bisahdwallsource.com

Sebelum memerankan Joker dalam film garapan Christopher Nolan, The Dark Knight, Ledger sempat dicerca banyak orang. Faktor penyebabnya adalah ia sebelumnya bermain sebagai koboi homoseksual di film Brokeback Mountain. Orang-orang yang punya homofobia berasumsi ia tak cocok memainkan musuh besar Batman yang sangat kejam.

Tapi ternyata bukti mengatakan bahwa pilihan Nolan tidak salah. Bahkan, setelah meninggal, berkat perannya itu ia menerima penghargaan Oscar untuk kategori Best Supporting Actor. Ia juga dianugerahi penghargaan Golden Globes serta BAFTA untuk kategori yang sama.

2. Ennis Del Mar, Brokeback Mountain (2005)

7 Peran Ini Buktikan Heath Ledger adalah Aktor Serba Bisadazeddigital.com

Nah, ini film yang membuat Ledger diragukan bisa memerankan Joker. Padahal, dari perannya sebagai penggembala domba di Wyoming ini dia sukses mendapatkan nominasi Oscar untuk kategori Best Actor dan BAFTA untuk Best Actor in a Leading Role.

New York Film Critics Circle sendiri menganugerahinya sebagai aktor terbaik. Sedangkan filmnya sendiri masuk delapan nominasi Oscar dan memenangkan tiga piala, satunya di antaranya di kategori Best Adapted Screenplay. Film garapan Ang Lee itu juga memenangkan Golden Lion pada ajang Venice Film Festival.

3. Patrick Verona, 10 Things I Hate About You (1999)

7 Peran Ini Buktikan Heath Ledger adalah Aktor Serba Bisametro.co.uk

Ledger di usia 20 tahun mendapatkan peran yang sangat ikonik dalam film remaja yang dikerjakan oleh Gil Junger ini. Ia sanggup menggambarkan sosok Patrick Verona yang merupakan anak bandel di sekolah, dan berubah menjadi lovey-dovey setelah dibayar untuk mengencani seorang gadis jutek yang diperankan oleh Julia Stiles.

Ini adalah peran yang diambilnya di awal karir dan langsung membuat namanya melejit. Sampai kini pun 10 Things I Hate About You masih merupakan film komedi romantis klasik yang sangat diingat oleh remaja tahun 90-an. Apalagi ditambah dengan pesona Ledger yang semakin kuat karena potongan rambutnya.

4. Robbie Clark, I'm Not There (2007)

7 Peran Ini Buktikan Heath Ledger adalah Aktor Serba BisaRolling Stone

I'm Not There adalah film terakhir Ledger yang dirilis semasa hidupnya. Dalam film yang disutradarai Todd Heynes ini Ledger memerankan Robbie Clark yang merupakan aktor terkenal, tapi pernikahannya di ambang kehancuran. Berkat kemahiran aktingnya, Ledger dianugerahi Independent Spirit Robert Altman Award.

5. Skip Engblom, Lords of Dogtown (2005)

7 Peran Ini Buktikan Heath Ledger adalah Aktor Serba Bisaeonline.com

Karakter Engblom yang diperankan Ledger adalah seorang desainer skateboard di Venice Beach yang berhasil membuat sebuah terobosan produk. Engblom mengumpulkan orang-orang untuk menjadi satu tim dan mengikuti berbagai perlombaan, lalu menjadi pemenang. Di sini penampilan Ledger pun hampir tak bisa dikenali, dan ini merupakan kelebihannya.

6. Casanova, Casanova (2005)

7 Peran Ini Buktikan Heath Ledger adalah Aktor Serba BisaYouTube Movies

Kharisma Ledger di layar sinema sudah bukan menjadi rahasia lagi. Maka tak heran saat ia sangat pantas memerankan sosok playboy pada abad 18 di Venesia. Casanova akhirnya jatuh cinta kepada seorang penulis feminis perempuan, Francesca Bruni, yang dimainkan oleh Sienna Miller.

Di film berdurasi sekitar 112 menit ini para penggemar Ledger bisa menyaksikan bagaimana ia menjadi pria flamboyan khas Italia pada era itu, lalu jatuh cinta, dan harus menghadapi otoritas Venesia yang menganggapnya sudah melakukan banyak kesalahan fatal.

7. Sonny Grotowski, Monster's Ball (2001)

7 Peran Ini Buktikan Heath Ledger adalah Aktor Serba BisaIMDb

Ledger berbagi layar dengan Billy Bob Thornton yang menjadi ayahnya di Monster's Ball. Ia sendiri memerankan Sonny Grotowski, seorang sipir penjara di Louisiana. Ia bertugas mengawasi sebuah eksekusi yang dijalani seorang narapida kasus pembunuhan.

Namun, itu bukan tugas yang mudah untuk Sonny yang dianggap "lemah" oleh ayahnya, Hank Grotowski. Ledger pun memperlihatkan bahwa ia mahir menjadi sosok yang meski memiliki fisik kuat, tapi ternyata mudah merasa tidak tega, hingga kemudian putus asa dan kecewa terhadap ayahnya sendiri.

Di antara tujuh peran di atas, manakah akting yang kamu sukai?

Rosa Folia Photo Verified Writer Rosa Folia

sudah tahu didi kempot sejak sekolah dasar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya