Comscore Tracker

Gak Semuanya Sukses, Ini 9 KDrama Lawas yang Dibintangi Park Shin Hye

Benar-benar bukti perjuangan dan pantang menyerah

Para pecinta drakor pasti sudah hafal dengan wajah cantik aktris kelahiran 18 Februari 1990 ini. Termasuk dalam jajaran mantan artis cilik, Park Shin Hye sudah hafal dengan asam-manisnya industri perfilman Korea Selatan.

Memulai debut akting sejak usia 13 belas tahun, aktris yang tengah berpacaran dengan aktor Choi Tae Joon ini sudah berakting di berbagai judul film dan drama. Ada yang benar-benar sukses dan semakin membesarkan namanya, seperti drama The Heirs (2013), Pinocchio (2014-2015) dan Doctors (2016). Namun ada pula judul-judul dramanya yang kurang dikenal karena rating-nya yang buruk.

Meskipun gak melulu dramanya meraih kesuksesan, aktris yang akan segera comeback dalam drama Memories of the Alhambra ini tetap semangat dan produktif loh dalam dunia seni peran. Buktinya, tiap tahun aktris cantik ini pasti membintangi minimal 1 drama. Baik itu sebagai pemeran utama, pemeran pendukung, maupun sebagai cameo.

Sambil nunggu drama Memories of the Alhambra yang juga dibintangi Hyun Bin mulai tayang pada di tvN pada 1 Desember mendatang, yuk nostalgia dengan nonton drama-drama lawas Park Shin Hye di awal 2000an. Drama-drama ini mungkin gak semuanya sukses, namun jelas menunjukkan perjuangan dan sikap pantang menyerah dari aktris satu ini.

1. Stairway to Heaven (2003-2004)

Gak Semuanya Sukses, Ini 9 KDrama Lawas yang Dibintangi Park Shin Hyelautanindonesia.com

Meskipun belum didapuk sebagai pemeran utama, peran Park Shin Hye dalam drama bergenre mellow ini telah membuka pintu menuju kesuksesannya di dunia seni peran. Dalam Stairway to Heaven, Park Shin Hye berperan sebagai karakter Han Jung Suh saat SMA (versi dewasanya diperankan oleh Choi Ji Woo).

Park Shin Hye yang saat itu masih berusia 13 tahun sukses menarik simpati penonton kala berakting sedih, terutama saat Jung Suh diperlakukan dengan buruk oleh ibu dan saudari tirinya. Juga bisa banget bikin baper lihat interaksinya dengan Baek Sung Hyun yang memerankan Cha Song Joo versi muda.

2. Not Alone (2004-2005)

Gak Semuanya Sukses, Ini 9 KDrama Lawas yang Dibintangi Park Shin Hyeasianwiki.com

Not Alone atau dikenal juga dengan judul Honjaga Aniya adalah drama yang tayang di stasiun tv SBS. Ditayangkan seminggu sekali setiap Senin malam, drama ini memiliki total episode sebanyak 18.

Sama seperti Stairway to Heaven, dalam drama ini Park Shin Hye belum didapuk sebagai peran utama. Park Shin Hye berperan sebagai putri dari seorang editor bernama Ahn Shin Hye sekaligus pekerja di coffee shop.

3. Cute or Crazy (2005)

Gak Semuanya Sukses, Ini 9 KDrama Lawas yang Dibintangi Park Shin Hyeasianwiki.com

Cute or Crazy merupakan drama komedi yang tayang di stasiun SBS pada 2005 silam. Drama ini mengisahkan tentang dua sahabat yang sangat berbeda satu sama lain. Mereka adalah Park Kyung Rim dan So Yoo Jin. Keduanya tinggal dalam satu rumah, bersama dengan kakak Kyung Rim yang bernama Park Seung Soo.

Kisah dalam drama ini terutama terkait dengan orang-orang yang terlibat dalam kehidupan mereka bertiga. Salah satunya adalah Park Shin Hye yang merupakan siswi di SMA tempat Seung Soo bekerja sebagai guru bahasa Inggris.

Baca Juga: 5 KDrama Hits Ini Paling Banyak Distreaming di Netflix, Sudah Nonton?

4. Seoul 1945 (2006)

Gak Semuanya Sukses, Ini 9 KDrama Lawas yang Dibintangi Park Shin Hyephotobucket.com

Seperti judulnya, drama Seoul 1945 mengambil setting waktu antara akhir pendudukan Jepang hingga perpecahan Korea menjadi dua negara. Dalam drama ini, Park Shin Hye bukan menjadi pemeran utama melainkan berakting sebagai Choi Geum Hee, kakak dari karakter utama Choi Woon Hyuk.

Park Shin Hye hanya muncul pada episode-episode awal drama, yakni saat karakter Woon Hyuk masih anak-anak. Setelah itu, karakter Choi Geum Hee diceritakan meninggal karena menyelamatkan Woon Hyuk.

5. Tree of Heaven (2006)

Gak Semuanya Sukses, Ini 9 KDrama Lawas yang Dibintangi Park Shin Hyeasianwiki.com

Tree of Heaven merupakan drama terakhir dari seri Heaven. Karena drama ini merupakan "bentuk kerja sama" antara negara Korea Selatan dengan Jepang, maka Tree of Heaven yang dikenal pula dengan judul Tengoku no ki ini menggaet aktris dan aktor dari kedua negara. Selain itu, drama yang lokasi pengambilan gambarnya di Jepang ini gak hanya tayang di SBS melainkan juga di saluran tv Jepang: Fuji TV.

Sama seperti dua drama sebelumnya di seri yang sama, Tree of Heaven bergenre mellow. Didapuk sebagai pemeran utama, Park Shin Hye berperan sebagai Hana yang jatuh cinta pada saudara tirinya Yoon Seo (Lee Wan). Yoon Seo sebetulnya juga memiliki perasaan yang sama seperti Hana. Namun, hubungan romansa antarsaudara tiri merupakan sesuatu yang tabu untuk dilakukan. 

6. Prince Hours (2007)

Gak Semuanya Sukses, Ini 9 KDrama Lawas yang Dibintangi Park Shin Hyedramafever.com

Prince Hours atau Goong S merupakan drama spin-off dari drama sukses Princess Hours (2006). Drama berjumlah 20 episode ini berkisah tentang Lee Hoo (Seven) yang baru mengetahui identitasnya sebagai keturunan kerajaan Korea Selatan. Padahal dia sendiri sejak lahir hidup di luar istana dan menjalani kehidupan seperti orang biasa. Namun, tiba-tiba semuanya berubah saat pihak istana ingin menjadikannya Putra Mahkota karena Ratu sudah berusia 30 tahunan, belum menikah, dan gak ada lagi calon penerus untuk tahta.

Di sisi lain, ada juga Lee Joon (Kang Doo) yang juga mengincar gelar Putra Mahkota. Gak seperti Lee Hoo, Lee Joon memang dididik dengan tata krama dan pengetahuan kerajaan. Maka keduanya lalu bersaing untuk menjadi calon Putra Mahkota yang paling sesuai.

Gak seperti drama pendahulunya, drama Prince Hours ini memiliki rating yang buruk. Bahkan terus menurun setelah episode-episode awal dan secara rata-rata gak mencapai angka 10%. Dalam drama ini, Park Shin Hye berperan sebagai Shin Sae Ryung, putri dari Perdana Menteri yang dididik dan punya ambisi menjadi ratu. Namun, dia akhirnya jatuh cinta pada Lee Hoo.

7. Just Love (2007-2008)

Gak Semuanya Sukses, Ini 9 KDrama Lawas yang Dibintangi Park Shin Hyeaminoapps.com

Dikenal pula dengan judul Kkakdugi atau Kimcheed Radish Cubes, drama Just Love dibintangi oleh Park Shin Hye, Joo Sang Wook, Lee Min Jung, Kim Heung Soo, dan aktor-aktris papan atas lainnya.

Drama yang tayang di stasiun tv MBC ini mengisahkan tentang Jang Sa Ya (Park Shin Hye) yang datang ke kota untuk mencari ayahnya. Selama ini dia tinggal dengan kehidupan biksu yang jauh dari ingar bingar kota besar. Setelah Sa Ya mulai tinggal di kota, dia kemudian terlibat dengan tiga keluarga (yang sebelum kedatangan Sa Ya juga saling terikat karena beberapa hal): keluarga Jung, Lee, dan Park.

8. Bicheonmu (2008)

Gak Semuanya Sukses, Ini 9 KDrama Lawas yang Dibintangi Park Shin Hyekpop.xl.co.id

Sebelum tayang di Korea, drama Bicheonmu terlebih dahulu tayang di stasiun tv Tiongkok dengan judul Fei Tian Wu. Dua tahun setelahnya, drama ini ditayangkan oleh stasiun tv SBS, namun sayangnya ratingnya rendah.

Dalam drama ini, Park Shin Hye berperan sebagai A Li Shui. Dia adalah gadis yang mengungsi dari Goryeo bersama saudaranya. Dalam drama nantinya dia akan menjadi love interest dari NamGong Sung (Park Jin Woo). NamGong Sung sendiri adalah putra dari Yoo Jin Ha (Joo Jin Mo) dan So Lee (Park Ji Yoon).

9. You're Beautiful (2009)

Gak Semuanya Sukses, Ini 9 KDrama Lawas yang Dibintangi Park Shin Hyealwaysdreaminghigh.wordpress.com

Nah, ini nih drama yang sukses membesarkan nama Park Shin Hye setelah drama Stairway to Heaven pada 2003 silam. Gak hanya ditayangkan di Korea Selatan, drama yang dikenal pula dengan judul He's Beautiful ini tayang di banyak negara Asia, termasuk Indonesia.

Bercerita tentang Go Mi Nyeo (Park Shin Hye) yang harus menyamar sebagai kakak laki-laki kembarnya, Go Mi Nam (Park Shin Hye) dalam band A.N.JELL.

Dalam band tersebut ada Hwang Tae Kyung (Jang Geun Suk), sang vokalis dan gitaris yang mengetahui rahasia itu. Dia berusaha untuk mengeluarkan Mi Nyeo dari band.

Di sisi lain, Kang Shin Woo (Jung Yong Hwa) sang basis, rapper, dan keyboardist meskipun tahu rahasia itu gak mengungkapkannya pada siapapun. Berkebalikan dari Tae Kyung, dia sangat melindungi Mi Nyeo.

Sementara itu, Jeremy (Lee Hong Ki) merupakan vokalis dan drummer. Sama seperti dua anggota band A.N.JELL lainnya, dia pun mulai menyukai Mi Nyeo. Namun, dia belum tahu bahwa yang disukainya itu Mi Nyeo bukan Mi Nam. Sementara yang dia tahu adalah Mi Nam itu laki-laki dan dia pun mulai galau dengan orientasi seksualnya.

Nah, dari sembilan drama awal 2000an yang pernah dibintangi Park Shin Hye, mana yang sudah kamu tonton dan jadi favoritmu? Share di komentar, ya!

Baca Juga: Lama Vakum, Song Hye Kyo Comeback di KDrama Baru 'Encounter' Nih!

S. M. Fatimah Photo Community Writer S. M. Fatimah

Menulis adalah bekerja untuk keabadian. (Pramoedya Ananta Toer)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You