Comscore Tracker

10 Film Franchise Tersukses di Tahun 2000-an, Ditonton Lagi Yuk!

#2000an Ada film seri favoritmu?

Film franchise atau film seri adalah film dengan cerita berkelanjutan dari film pertama dan kebanyakan dibintangi oleh karakter yang sama dari satu film ke film lainnya. Biasanya film-film tersebut dapat dikatakan sebagai film franchise jika memiliki setidaknya 3 film yang saling terhubung dalam serinya tersebut. 

Jika film tersebut menggunakan karakter baru (atau aktor baru), biasanya franchise akan direboot atau dilanjutkan dengan trilogi baru. Banyak studio film Hollywood yang rela mati-matian untuk mengurus satu franchise dan mengabaikan proyek film lain, karena franchise memang menjanjikan keuntungan yang sangat besar.

Film-film di bawah tidak diurutkan menurut pendapatan terbesar, dan beberapa tidak masuk ke dalam daftar karena tidak rilis dan berlanjut di tahun 2000-an. Berikut 10 franchise film tersukses di tahun 2000-an.

1. The Lord of the Rings

10 Film Franchise Tersukses di Tahun 2000-an, Ditonton Lagi Yuk!viralizalo.com

Diangkat dari novel karya J.R.R. Tolkien, The Lord of the Rings menjadi franchise paling laris di awal tahun 2000-an. Disutradai oleh Peter Jackson dan dibintangi oleh bintang-bintang ternama Holywood seperti Ian McKellen, Elijah Wood, Orlando Bloom, Cate Blanchett, Hugo Weaving, sampai Liv Tyler, The Lord of the Rings didaulat sebagai film trilogi adaptasi novel paling sukses yang pernah dibuat. The Lord of the Rings meraup keuntungan yang besar, dan menjadi salah satu film adaptasi novel paling laris sepanjang masa.

2. Harry Potter

10 Film Franchise Tersukses di Tahun 2000-an, Ditonton Lagi Yuk!snupps.com

Salah satu film franchise yang sudah tidak asing di telinga kita ini juga diadaptasi dari novel. Harry Potter memiliki banyak fans, baik novel maupun filmnya, di seluruh dunia termasuk Indonesia. Film yang berfokus pada trio penyihir muda dari Hogwarts, Harry Potter, Ron Weasley, dan Hermione Granger ini menceritakan petualangan mereka di dunia sihir Inggris dan perlawanan mereka terhadap The Dark Lord, Voldemort. 

Franchise ini menghasilkan 8 film Harry Potter dan 2 film spin-off sejauh ini, Fantastic Beast and Where to Find Them dan Fantastic Beast: The Crimes of Grindelwald.

3. Batman: The Dark Knight Trilogy

10 Film Franchise Tersukses di Tahun 2000-an, Ditonton Lagi Yuk!wallpaperpimper.com

Jika ada film superhero paling sukses sepanjang masa, semua movie geeks pasti setuju The Dark Knight lah yang pantas mendapat gelar tersebut. The Dark Knight sendiri menempati posisi keempat di Top 250 Movies by IMDB. Walau film dari franchise Batman sangatlah banyak dan diperankan oleh beberapa aktor berbeda, trilogi Batman Begins, The Dark Knight, dan The Dark Knight Rises menjadi franchise Batman yang paling menguntungkan. 

Dengan tangan dingin Christopher Nolan, karakter Batman dibuat lebih manusiawi dengan menampilkan sisi terlemah dari Bruce Wayne. Tidak ada film superhero yang bisa menggambarkan sisi "hitam" dan "putih" dalam kehidupan sejelas The Dark Knight.

4. Chronicles of Narnia

10 Film Franchise Tersukses di Tahun 2000-an, Ditonton Lagi Yuk!desktopbackground.org

There are a thousand stories in the land of Narnia … The first is about to be told.

Chronicles of Narnia adalah cerita seri yang dikarang oleh salah satu penulis terbaik asal Inggris, C.S. Lewis. Film pertama dari franchise ini, The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe sukses meraup keuntungan yang besar sehingga dibuat dua sekuel setelahnya, The Chronicles of Narnia: Prince Caspian dan The Chronicles of Narnia: The Voyage of the Dawn Treader.

Baca Juga: Fenomenal di Era 2000an, Ini 15 Lagu Religi Terlaris Sulis-Haddad Alwi

5. The Fast and the Furious

10 Film Franchise Tersukses di Tahun 2000-an, Ditonton Lagi Yuk!backstage.com

Franchise yang berfokus pada aksi Dominic "Dom" Toretto dan sahabat-sahabatnya ini sukses sejak film pertamanya,The Fast and the Furious. Franchise aksi yang sering melibatkan balapan liar dan pencurian ini telah menghasilkan 7 buah film dengan variasi judul yang berbeda di setiap filmnya. Film yang didistribusikan oleh Universal Pictures sukses meraup keuntungan sebesar Rp 51,3 triliun.

6. Pirates of the Caribbean

10 Film Franchise Tersukses di Tahun 2000-an, Ditonton Lagi Yuk!pinterest.com

Franchise yang menceritakan petualangan sang bajak laut nyentrik, Kapten Jack Sparrow, mungkin menjadi salah franchise tersukes Disney di tahun 2000-an. Di balik kesuksesannya, franchise ini diprediksi akan gagal saat film pertamanya, Pirates of the Carribean: The Curse of the Black Pearl dirilis tahun 2003. 

Bahkan sang karakter ikonik, Jack Sparrow, dianggap sebagai pemborosan karakter oleh Disney. Namun siapa sangka, karakter yang diperankan oleh aktor Johnny Depp ini malah mendatangkan keuntungan yang besar untuk Disney.

7. Spider-Man

10 Film Franchise Tersukses di Tahun 2000-an, Ditonton Lagi Yuk!twitter.com

Spiderman arahan Sam Raimi memang pantas ditempatkan dalam salah satu franchise tersukses di tahun 2000-an. Sam Raimi berhasil membawa superhero dengan alias Peter Parker ini ke dunia perfilman Holywood untuk pertama kalinya, sebelum kemudian dilanjutkan dengan The Amazing Spiderman dan Spiderman: Homecoming. Tobey Maguire turut menjadi nilai plus franchise ini dengan performanya yang apik saat memerankan Spiderman.

8. Transformers

10 Film Franchise Tersukses di Tahun 2000-an, Ditonton Lagi Yuk!herzogcompany.com

Terkenal akan ledakan dan CGI yang memukau, Transformers menjadi salah satu franchise yang paling dikenal di tahun 2000-an. Awalnya franchise ini didistribusikan oleh tiga perusahaan produksi berbeda, yaitu Paramount Pictures, DreamWorks, dan United International Pictures. 

Namun pada tahun 2014, seri ini dibeli oleh Allspark Picures. Film sci-fi arahan Michael Bay ini diadaptasi dari komik Hasbro ini sukses meraup keuntungan sebesar Rp 50 triliun.

9. X-Men

10 Film Franchise Tersukses di Tahun 2000-an, Ditonton Lagi Yuk!hicomm.bg

Sejauh ini Fox telah mengeluarkan 6 film X-Men, belum termasuk film spin-off Wolverine dan Deadpool. Film-film X-Men selalu menempati box office dan meraup keuntungan sebesar 3,8 miliar dolar AS. Karakter-karakter seperti Wolverine, Magneto, Mystique, atau Storm mungkin menjadi idola anak-anak di tahun 2000-an. Menurut kabar terbaru setelah X-Men berpindah tangan dari Fox ke Disney, franchise ini akan merilis film ketujuh, X-Men: Dark Phoenix, bulan Juni tahun depan.

10. Ice Age

10 Film Franchise Tersukses di Tahun 2000-an, Ditonton Lagi Yuk!in.bookmyshow.com

Ice Age adalah franchise film animasi yang diproduksi oleh Blue Sky Studios dan didistribusikan oleh 20th Century Fox. Ice Age terkenal dengan trio hewan, Manny si Mammoth, Diego si harimau sabretooth, dan Sid si kukang, dan menceritakan tentang petualangan mereka di akhir zaman es. 

Ice Age menjadi salah satu film animasi yang paling digemari oleh anak-anak dan sering ditayangkan di tv saat libur tiba. Walau berbentuk film animasi, Ice Age mampu mengumpulkan keuntungan sebesar 2,8 miliar dolar AS.

Film-film di atas memang paling cocok ditonton saat weekend atau saat libur panjang tiba. Dari kesepuluh film di atas, ada film favoritmu?

Baca Juga: Kangen! 10 Lagu Westlife di Tahun 2000an yang Bikin Kamu Baper

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

"Verba volant, scripta manent." Rock n' Roll enthusiast. Cinephile.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya