Comscore Tracker

Rilis 10 Tahun Lalu, 10 Lagu Lawas KPop Ini Tetap Enak Didengerin Lho!

Gak kalah enak sama lagu KPop terbaru deh!

Siapa sih yang saat ini gak suka musik KPop? Gak bisa dipungkiri jika saat ini musik KPop tengah mendunia. Sebenarnya jauh sebelum sekarang, musik KPop sudah berhasil mencuri perhatian para penikmatnya. Di Indonesia sendiri musik KPop sudah mulai dikenal sejak awal tahun 2000-an melalui boyband dan girlband Korea generasi pertama. Hingga akhirnya sekitar tahun 2009-an musik KPop semakin luas dikenal di Indonesia.

Walaupun sudah dirilis sejak 10 tahun lalu, ternyata lagu-lagu KPop di tahun 2009-an ini masih enak banget buat didengerin lho! Terlebih, lagu-lagu berikut dinyanyikan oleh musisi KPop yang legend banget. Kira-kira ada lagu apa saja?

1. 2PM - Again & Again

https://www.youtube.com/embed/cUgReo37ECw

Again and again and again and again
Nuh ehgeh jaggoo dolaga weh geulunji molla
weh geulunji molla

Siapa yang masih ingat gerakan dance 2PM yang begitu ikonik di lagu ini? Dirilis pada tahun 2009, lagu ini ditulis sendiri oleh JYP dan masuk dalam tracklist album 01:59PM milik 2PM. Again & Again berhasil menjadi nominasi Mnet Asian Music Award untuk kategori song of the year dan penghargaan Mnet Asian Music Award untuk penampilan tarian terbaik.

2. Brown Eyed Girls - Abracadabra

https://www.youtube.com/embed/o4wJGWcHzVA

Every night I'll be with you
Do you love her? do you love her?
Maeil naui kkum soge
Do you love me? do you love me?

Saat pertama kali dirilis, lagu Abracadabra dari Brown Eyed Girls langsung mencuri perhatian para penggemar musik KPop pada saat itu. Beat musik ydan gerakan tarian yang unik, membuat lagu ini memenangkan penghargaan Mnet Asian Music Award untuk ketegori Best House & Electronic Song.

3. BIGBANG & 2NE1 - Lollipop

https://www.youtube.com/embed/zIRW_elc-rY

Lolli-Lolli-Lollipop
dalkomhage dagawa
Lolli-Lolli-Lollipop
naege sokssagyeojwo

Tau gak sih, di tahun 2009 BIGBANG dan 2NE1 pernah berkolaborasi bareng. Mereka menyanyikan lagu Lollipop yang ditulis oleh Teddy Park. Video musik dari lagu ini pun terlihat unik. Di video musik tersebut, kamu bisa lihat para personel BIGBANG dan 2NE1 tampil dengan gaya jadul.

4. SS501 - Because I'm Stupid

https://www.youtube.com/embed/jVuSoQBBo7w

Neoreul saranghanda ipgae maemdola,
honja dashi tto crying for you
Honja dasi tto missing for you,
baby I love you Im waiting for you

Hayo ngaku, siapa yang suka lagu ini gara-gara nonton KDrama Boys Before Flower? Karena menjadi salah satu soundtrack dari drama tersebut, lagu dari SS501 ini begitu terkenal kala itu. Apalagi drama tersebut diperankan oleh salah satu personel SS501, siapa lagi kalau bukan Kim Hyun Joong.

5. T MAX - Paradise

https://www.youtube.com/embed/nGK1P5tUfh0

Almost paradise
Achimboda deo nunbusin
Nal hyanghan neoui sarangi
On sesang da gajindeuthae

Kalau ngomongin soal OST Boys Before Flower, maka lagu dari T MAX ini gak boleh ketinggalan masuk list. Saking ngehitsnya, banyak banget idol KPop lain yang mengcover lagu ini. Lagu Paradise dari T MAX ini pernah jadi nominasi Mnet Asian Music Award untuk OST Terbaik. Namun sayangnya, lagu dari SS501 lah yang berhasil membawa pulang penghargaan tersebut.

Baca Juga: 8 Lagu Korea yang Santai Ini Cocok didengarkan Saat Mengemudi

6. IU - Lost Child

https://www.youtube.com/embed/0ZukHxqOA0o

Apeun naega semdo gipeun sangchideuldo
nappeun nalmiwohaneunde
sajineul taego gieogeur jiwodo
nal ijuersu eombnawa

Lost Child menjadi lagu yang membuat nama IU sebagai solois semakin diperhitungkan. Lagu ini masuk dalam salah satu tracklist full album pertama IU yang rilis pada 23 April 2009. Dalam lagu ini, IU menunjukkan kemampuan menyanyinya yang luar biasa.

7. F.T. Island - I Hope

https://www.youtube.com/embed/JnC5O2s1cvM

nalsarang handahaenohgo dodaechae eodiro
ddeonangeoya nareul beorigo
jameun naedu songgajido uri yaksokggajido
na beorigo ggaebeorigo eoddeohge ddeona

Gak bisa dipungkiri bahwa F.T Island merupakan salah satu band KPop yang memiliki nama besar. I Hope merupakan salah satu lagu milik band yang digawangi Lee Hong Ki dan masuk dalam tracklist album Cross & Change. Lagu ini pernah menjadi nominasi pada Mnet Asian Music Award untuk kategori lagu rock terbaik lho!

8. Super Junior - Sorry, Sorry

https://www.youtube.com/embed/x6QA3m58DQw

Sorry Sorry Sorry Sorry
Naega naega naega meonjeo
Nege nege nege ppajyeo
Ppajyeo ppajyeo beoryeo baby

Bisa dibilang kalau Sorry, Sorry merupakan tonggak awal suksesnya Super Junior. Ini adalah single Super Junior paling sukses di tangga lagu, dengan memenangkan total 10 penghargaan selama masa promosi. Berkat lagu ini juga lah gelombang KPop mulai menyebar di seluruh dunia. 

9. SNSD - Gee

https://www.youtube.com/embed/U7mPqycQ0tQ

Neomu neomu meotjyeo nuni nuni busyeo
Sumeul mot swigesseo tteollineun girl
Gee Gee Gee Gee Baby Baby Baby
Gee Gee Gee Gee Baby Baby Baby

Masuk dalam tracklist album Run Devil Run, lagu Gee dirilis pada 5 Januari 2009 di situs-situs musik online. Lagu ini sendiri begitu digemari oleh masyarakat Korea ketika itu. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa di Korea pasti tau deh! Gee berhasil memecahkan rekor di KBS Music Bank sebagai lagu yang paling lama berada di posisi #1 selama 9 minggu berturut-turut. 

10. SHINee - Ring Ding Dong

https://www.youtube.com/embed/roughtzsCDI

We gonna go Rocka Rocka Rocka
Rocka Rocka Rocka So fantastic
Go Rocka Rocka Rocka Rocka
Rocka Rocka So elastic

Hayo ngaku deh, siapa yang suka banget dengan lagu dari SHINee satu ini? Musiknya yang catchy dan gerakan tarian yang mengesankan, membuat lagu ini begitu dicintai para penggemar KPop. Ring Ding Dong masuk dalam album EP 2009, Year of Us yang dirilis pada 14 Oktober 2009.

Itulah tadi 10 lagu KPop yang meski jadul, ternyata masih enak didengerin. Apalagi kebanyakan dari lagu tersebut ada yang memenangkan penghargaan musik. Jadi, kamu paling suka dengerin lagu yang mana nih?

Baca Juga: 10 Lagu Korea yang Bisa Hilangkan Stresmu, Be Happy Selalu Dong!

Suci Wu Photo Community Writer Suci Wu

Halo :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You