Comscore Tracker

Sederhana Sih, Namun 5 Hal Ini Dulunya Dianggap Mewah Lho

Apa saja ya?

Tanpa kalian sadari, beberapa hal/barang yang kalian sering temui sehari-hari ternyata dulunya memiliki harga jual yang mahal lho. Hanya kalangan tertentu saja yang dapat memilikinya, sehingga barang tersebut dianggap mewah. Semua ini terjadi karena teknologi yang masih terbatas. Penasaran apa saja yang dulunya dianggap mewah? 

1. Gula

Sederhana Sih, Namun 5 Hal Ini Dulunya Dianggap Mewah LhoNypost.com

Dulu, sangat sulit untuk negara-negara di Eropa untuk memperoleh gula karena mereka harus mengimpornya dari negara-negara penghasil gula lainnya. Karena sistem transportasi yang juga masih terbatas, gula akan tiba di Eropa setelah melewati proses shipping yang panjang dan lama, membuat gula menjadi barang yang berharga. 

Namun, seiring berjalannya waktu, teknologi agrikultur semakin berkembang dan kini, gula sudah tersebar luas di seluruh dunia dan kalian dapat dengan mudah memperolehnya dengan harga yang terjangkau. 

2. Pewarna ungu

Sederhana Sih, Namun 5 Hal Ini Dulunya Dianggap Mewah LhoThedoctorweighsin.com

Warna ungu merupakan warna yang paling sulit diperoleh pada zaman dulu. Hal ini disebabkan karena dulu, warna ungu hanya dapat diperoleh dari sejenis siput laut yang disebut murex snails. Untuk memproduksi 1 gram pewarna ungu saja, diperlukan ribuan murex snails

Karena itu, warna ungu menjadi sangat langka dan mahal harganya. Hanya mereka yang berasal dari kalangan bangsawan saja yang dapat memilikinya (dalam bentuk pakaian), sehingga warna ungu dianggap sebagai simbol kekayaan. 

3. TV

Sederhana Sih, Namun 5 Hal Ini Dulunya Dianggap Mewah LhoWired.com

TV berwarna dulu menjadi barang mewah yang hanya dapat dimiliki oleh kalangan atas saja. Pada tahun 1950an, TV berwarna dijual seharga 1,000 dollar AS per unitnya (setara dengan 9,357 dollar AS saat ini atau Rp131 juta). 

Namun, perkembangan teknologi telah membuat harga TV lebih terjangkau sehingga dapat dimiliki oleh berbagai kalangan masyarakat. Saat ini, hanya dengan beberapa juta Rupiah, seseorang sudah dapat memiliki sebuah TV. 

Baca Juga: Gak Harus Mewah, 6 Kado DIY Sederhana Ini Dijamin Bikin Cewek Luluh!

4. Tiket pesawat

Sederhana Sih, Namun 5 Hal Ini Dulunya Dianggap Mewah LhoVacayholics.com

Harga tiket pesawat di Amerika Serikat dulu ditentukan oleh pemerintahnya, sehingga harganya sangat mahal. Bayangkan saja, tiket pesawat round-trip dari New York ke London pada tahun 1950an harganya 500an dollar AS atau setara dengan Rp73,5 juta hari ini. 

Namun, setelah pihak maskapai akhirnya diperbolehkan menentukan harganya sendiri, harga tiket pesawat jadi mulai terjangkau. Tiket pesawat round-trip dari New York ke London pun kini dapat diperoleh dengan kisaran harga Rp8-12 juta. 

5. Panggilan telepon

Sederhana Sih, Namun 5 Hal Ini Dulunya Dianggap Mewah LhoConversational.com

Dulu, melakukan panggilan telepon memerlukan biaya yang cukup mahal, apalagi jika menelepon ke kota/negara lain. Bicara beberapa lama saja dulu dapat menghabiskan biaya puluhan hingga ratusan ribu Rupiah. Boros sekali bukan?

Sekarang, panggilan telepon dapat dilakukan dengan sangat mudah dan murah, bahkan ada yang gratis, seperti layanan free call dari Skype, LINE, Whatsapp, dsb yang memampukan kalian menelepon kapan saja dan kemana saja. 

Nah, itulah kelima hal/barang yang dulunya memiliki harga yang mahal. Kini kalian sudah tahu kan? 

Baca Juga: Penemuan “Kepala Ayam” di Bawah Laut Ini Bikin Para Netizen Merinding!

V Hendardy Photo Verified Writer V Hendardy

"You can make anything by writing" - C.S Lewis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya