Comscore Tracker

5 Barang Jadul Ini Jadi Buruan Kolektor, Ada yang Harganya Fantastis

Barang-barang jadul ini mulai banyak dijual secara online

Siapa yang masih suka mengoleksi atau berburu barang jadul? Barang jadul yang dimaksud di sini adalah barang-barang yang ngetren sebelum era 2000-an.

Sebenarnya ada berbagai jenis barang, namun yang masih mudah ditemukan tinggal sedikit. Meski begitu, peminatnya masih banyak, lho. Para kolektor barang jadul ini rela berburu hingga ke pelosok daerah.

Gara-gara mereka, harga beberapa barang jadul ada yang mencapai angka fantastis. Bahkan, kini online shop barang jadul juga marak di dunia maya.

Nah, apa sajakah barang-barang jadul yang jadi incaran orang? Berikut deretan barang jadul yang masih jadi buruan.

1. Jajanan jadul

5 Barang Jadul Ini Jadi Buruan Kolektor, Ada yang Harganya Fantastisvieshopsurabaya.com

Jajanan jadul banyak sekali jenisnya. Mulai dari permen sampai camilan pinggir jalan. Contoh permen jadul yang masih digemari adalah permen susu white rabbit, permen kaki, cokelat koin dan permen sanca haw flakes. Sedangkan untuk camilan pinggir jalan adalah seperti telur gulung dan kue ape. Siapa yang masih suka berburu ke sekolah-sekolah nih?

2. Kaset pita

5 Barang Jadul Ini Jadi Buruan Kolektor, Ada yang Harganya Fantastishipertextual.com

Kaset pita ini punya bentuk persegi panjang dengan pita sebagai alat untuk merekam suara. Jika pitanya kusut, akan sulit untuk memperbaikinya lagi. Awalnya, kaset diperkenalkan pada tahun 1963 di Eropa dan tahun 1964 di Amerika Serikat. Semakin lama kaset semakin populer di tahun 1970-an dan mulai menggeser piringan hitam. Hingga kini, kaset masih banyak beredar, hanya saja kondisinya kadang kurang bagus.

3. Walkman

5 Barang Jadul Ini Jadi Buruan Kolektor, Ada yang Harganya Fantastistheverge.com

Walkman adalah pemutar audio kaset pita. Dahulu, punya barang ini berasa keren. Sekarang benda ini telah tergantikan oleh mp3 player atau pemutar musik modern lainnya. Bentuknya kotak dan cukup tebal. Sekarang masih cukup banyak beredar di toko online seperti Tokopedia dan lainnya. Hanya saja harganya agak mahal.

Baca Juga: 8 Kreasi Kotak Penyimpanan dari Barang Bekas, Bikin Kamar Jadi Rapi!

4. Uang kuno

5 Barang Jadul Ini Jadi Buruan Kolektor, Ada yang Harganya Fantastisecrater.co.uk

Sekarang, para pemilik uang kuno mulai menjual koleksinya dengan harga yang mahal. Ada yang dari tahun 1960 sampai tahun 1990-an. Para kolektor mulai berburu uang seperti ini, karena desain uang Indonesia sekarang telah berganti ke yang baru. Jadi, kalau ada uang kuno, simpan saja ya.

5. Vespa

5 Barang Jadul Ini Jadi Buruan Kolektor, Ada yang Harganya Fantastisnews18.com

Harga vespa lansiran tahun 1960 sampai 1980-an melejit tinggi. Harganya bahkan bisa menyamai harga motor sport 250cc yaitu dikisaran Rp 60 jutaan. Namun ada juga yang naksir vespa modern, seperti produk dari vespa Piaggio. Kebanyakan adalah dengan transmisi otomatis, namun itu tidak mengurangi ketertarikan masyarakat terhadap vespa.

Kebanyakan barang-barang di atas adalah barang hobi. Barang yang akan dibeli ketika seseorang sangat menyukainyanya. Dari kelima barang itu, mana yang paling kamu buru?

Baca Juga: 6 Barang Jadul yang Pasti Pernah Kamu Temukan di Dapur Saat Kecil

William Tanamal Photo Community Writer William Tanamal

Gadget and Automotive Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You