Comscore Tracker

Ini 10 Kata yang Orang Indonesia Paling Ingin Tahu Artinya Lewat Google Tahun 2015

Siapa tahu ada kata yang kamu cari juga

Ketika kamu kesulitan mengetahui arti suatu kata atau istilah, pasti kamu mencari di Google kan? Akui aja deh! Di era serba digital ini, semakin langka orang yang rela membuka kamus hanya untuk mencari tahu arti kata atau istilah tertentu. Begitu pun juga dengan kebiasaan orang Indonesia terkait itu. Tapi apa saja sih kata-kata yang paling banyak di-googling orang Indonesia untuk tahu artinya? Di tahun 2015, inilah top 10 besar kata/istilah yang paling sering di-googling orang Indonesia untuk tahu artinya!

10. Teleportasi

Ini 10 Kata yang Orang Indonesia Paling Ingin Tahu Artinya Lewat Google Tahun 2015skaiwaka.com

Di akhir tahun 2014, teleportasi sempat ditunjukkan di film Project Almanac. Sementara di sekitar pertengahan 2015, teleportasi ditunjukkan di salah satu adegan film Fantastic Four. Mungkin inilah yang menyebabkan banyak orang mencari tahu tentang apa itu teleportasi, bagaimana bisa orang-orang itu tiba-tiba menghilang atau berpindah tempat. Wajar saja mengingat teleportasi adalah Bahasa Indonesia yang berupa adaptasi dari Bahasa Inggris. Yah, setidaknya bisa lebih up to date kalau ditanya oleh orang lain "apa itu teleportasi?"

9. MEA

Ini 10 Kata yang Orang Indonesia Paling Ingin Tahu Artinya Lewat Google Tahun 2015ayoriau.com

Beberapa tahun lalu, para pemimpin di ASEAN telah sepakat untuk membentuk MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Ini dimaksudkan agar daya saing ASEAN kuat terhadap Tiongkok dan India dalam urusan dengan investor asing. Terkait dengan itu, masyarakat ASEAN dihimbau untuk siap dengan persaingan yang akan lebih ketat secara internasional terutama di ketenagakerjaan. Itulah yang membuat banyak orang berusaha mencari tahu apa itu MEA.

8. Awan cumulonimbus

Ini 10 Kata yang Orang Indonesia Paling Ingin Tahu Artinya Lewat Google Tahun 2015voa-islam.com

Di akhir tahun 2014, sebuah maskapai penerbangan yang membawa banyak warga negara Indonesia hilang diduga karena menembus awan cumulonimbus. Karena kejadiannya ada di hari-hari terakhir 2014, pemberitaannya ramai di awal tahun 2015. Dalam perdebatan masyarakat awam, sempat banyak yang mempertanyakan bagaimana sebuah awan bisa menyebabkan kecelakaan dan awan cumulonimbus itu awan yang seperti apa. Setelah banyak yang mengetahui fakta sainsnya, barulah mereka percaya.

7. Periscope

Ini 10 Kata yang Orang Indonesia Paling Ingin Tahu Artinya Lewat Google Tahun 2015periscope.tv

Kamu pasti tahu Periscope kan? Aplikasi berbasis live streaming cam show ini populer di tahun 2015 di kalangan yang benar-benar update soal dunia maya. Berhubung yang bermain aplikasi ini mayoritas yang memiliki tabungan kuota internet banyak, aplikasi ini belum menjangkau semua kalangan. Untuk bisa live streaming dalam waktu lama, tentunya akan memakan kuota banyak. Namun, itu gak menghentikan orang untuk mencari tahu apa sih itu Periscope.

6. Rohingya

Ini 10 Kata yang Orang Indonesia Paling Ingin Tahu Artinya Lewat Google Tahun 2015stopgenocidenow.org

Konflik di Rohingya terdengar di publik mulai pertengahan tahun 2015. Ribuan orang Rohingya yang merupakan pengungsi/imigran dari Myanmar dan Bangladesh, secara hukum gak dilindungi oleh negara manapun karena merupakan etnis imigran yang gak diketahui pasti asalnya dari mana. Krisis yang menjadi pembunuhan massal menimbulkan perkembangan isu hingga menjadi ke arah agama. Mengingat SARA adalah hal yang cukup sensitif di Indonesia, banyak yang akhirnya mencari tahu tentang Rohingya sehingga kata Rohingya masuk ke dalam daftar ini.

Baca Juga: NASA Rela Membayar Rp 1,4 Miliar Bagi Kamu yang Bersedia Berbaring 60 Hari, Lho!

5. Meningitis

Ini 10 Kata yang Orang Indonesia Paling Ingin Tahu Artinya Lewat Google Tahun 2015healthy-magazine.co.uk

Pada tahun 2015 ada beberapa pasien di Indonesia yang meninggal karena meningitis, sehingga penyakit ini secara serius diwaspadai. Meningitis menyerang sistem syaraf pusat, di mana otak dan sum-sum tulang belakang akan mengalami peradangan. Jika dibiarkan akan berakibat fatal. Ini juga yang dikabarkan menyerang mendiang Olga Syahputra. Berita mengejutkan tersebut membuat banyak orang Indonesia mencari tahu tentang penyakit ini lebih dalam. Selain untuk menghormati selebritis kesayangan mereka, rakyat Indonesia juga ingin lebih waspada terhada penyakit tersebut.

4. Quipper school

Ini 10 Kata yang Orang Indonesia Paling Ingin Tahu Artinya Lewat Google Tahun 2015guraru.org

Aplikasi Quipper School menjadi ngetren di kalangan anak sekolah di tahun 2015. Aplikasi ini digunakan baik sesama murid sekolah atau interaksi antara murid sekolah dengan gurunya maupun orang lain, yang difungsikan sebagai wadah diskusi. Gak jarang murid sekolahan meng-upload soal-soal pekerjaan rumahnya dan menanyakan jawabannnya ke publik. Untuk soal yang simple, biasanya langsung mendapatkan jawaban, namun gak jarang ada soal tertentu yang menimbulkan diskusi. Aplikasi ini sempat menimbulkan kontroversi, namun lebih banyak yang menggunakannya dengan maksimal. Berhubung aplikasi ini sangat efektif, kabar burung menyebar cepat, mengingat bahwa jumlah pelajar di Indonesia sangatlah banyak.

3. How-Old.net

Ini 10 Kata yang Orang Indonesia Paling Ingin Tahu Artinya Lewat Google Tahun 2015businessinsider.com.au

Website maupun aplikasi ini populer digunakan di tahun 2015. Website ini mampu "menebak" usia dari orang-orang yang nampak pada foto. Yang perlu dilakukan oleh pengguna website ini hanya mengunggah foto mereka, baik itu sendiri maupun beramai-ramai, agar kemudian diproses oleh sistem di website-nya. Setelah foto melalui sistem face recognition yang dimiliki website ini, usia dari siapapun yang nampak pada foto itu dapat tertebak. Ada kalanya sesuatu yang nampak seperti wajah seseorang bahkan terbaca tebakan umurnya. Inilah yang akhirnya menjadi lelucon yang mudah disebar, terutama jika tebakan umur seseorang jauh terlalu tua ataupun jauh terlalu muda. Karena banyak yang menyebarkan hasilnya di media sosial, akhirnya banyak yang penasaran dan mencari tahu tentang website ini.

2. Begal

Ini 10 Kata yang Orang Indonesia Paling Ingin Tahu Artinya Lewat Google Tahun 2015news.okezone.com

Kejadian begal sempat marak di tahun 2015, hal ini menimbulkan kekhawatiran bagi warga negara Indonesia di berbagai daerah. Awalnya kejadian begal sering ditemukan di Jakarta, lama-kelamaan terjadi juga di kota-kota lain, bahkan di daerah-daerah kecil. Korban begal yang tewas pun gak sedikit dan gak sedikit pula pelaku begal yang secara naas tewas diamuk warga. Gak heran kata "begal" dicari paling banyak kedua di Google pada tahun 2015.

1. Dan...... Kata yang paling dicari tahu artinya oleh orang Indonesia lewat Google di tahun 2015 adalah: Baper

Ini 10 Kata yang Orang Indonesia Paling Ingin Tahu Artinya Lewat Google Tahun 2015blog.blanja.com

Tahun 2015 adalah tahun maraknya penggunaan kata baper, yaitu bawa perasaan. Kata-kata ini awalnya sering diperdengarkan di kalangan stand up comedian di Indonesia, kemudian menyebar dengan begitu cepat karena banyak masyarakat Indonesia yang menikmati stand up comedy. Wajar jika kata ini menjadi yang terbanyak dicari di Google, karena kata ini beredar di kalangan anak muda, sehingga mendorong mereka untuk tetap bisa "bergaul" dengan paham artinya.

Ini 10 Kata yang Orang Indonesia Paling Ingin Tahu Artinya Lewat Google Tahun 2015insurancebusiness.ca

Di antara 10 kata di atas, ada kah kata-kata yang sebelumnya sempat gak kamu tahu tapi akhirnya kamu googling? Jika ya, itu artinya kamu berkontribusi terhadap hasil 10 kata-kata yang muncul dalam daftar ini. Penasaran dan rasa ingin tahu itu wajar kok, itu tanda belajar yang sehat. Jadi jika ingin cari tahu sesuatu supaya gak ketinggalan zaman, itu sah-sah saja. Namanya belajar itu gak ada batasnya kok.

Baca Juga: Ini 8 Alasan Kenapa Banyak Orang Indonesia Mudah Percaya Hoax atau Kabar Bohong!

Topic:

Berita Terkini Lainnya