Comscore Tracker

Tercyduk! 6 Foto Mewah Selebgram ini Ternyata Cuma Editan

Wah editannya rapi nih!

Perkembangan sosial media yang begitu pesat terkadang memicu kebiasaan tidak sehat di kalangan pengguna internet. Salah satunya pamer kehidupan yang seolah-olah tampak sempurna demi mendapat respon positif dari para pengguna lainnya.

Tak jarang karena tekanan yang dirasa begitu berat, para netizen ini rela melakukan apa saja agar mendapat perhatian yang diinginkan. Seperti yang diduga dilakukan oleh salah satu selebgram asal Indonesia berikut.

1. Pada 29 Januari, akun @milesmogul mengunggah sejumlah bukti manipulasi foto yang menurutnya dilakukan oleh Adriansyah Martin

Tercyduk! 6 Foto Mewah Selebgram ini Ternyata Cuma EditanInstagram.com/milesmogul

Pria bernama asli Nick yang punya hobi terbang alias Aviation Geek ini menulis penjelasan di akun Instagram-nya:

PENIPU TERCIDUK! Kemarin hariku kocak banget karena masuknya banyak pesan tentang seseorang yang mengaku selebriti dari Jakarta. Orang ini sudah mencuri foto-foto para #AvGeek termasuk milik temanku.

Ia mengedit wajahnya sendiri ke foto-foto kami dan mengaku kepada 42 ribu followers-nya bahwa itu adalah gambar dirinya yang sedang menikmati gaya hidup kelas satu. Cek deh beberapa karya terbaiknya di sini, terima kasih kepada teman-teman Indonesia baruku untuk obrolan asiknya.

Tercyduk! 6 Foto Mewah Selebgram ini Ternyata Cuma EditanInstagram.com/milesmogul

Ini dia foto pertama yang dianggap sama persis karena hasil manipulasi dari foto Nick. Gimana menurutmu?

2. Adriansyah Martin dan saudaranya Christiansyah Martin adalah saudara kembar yang punya banyak followers di Instagram

Tercyduk! 6 Foto Mewah Selebgram ini Ternyata Cuma EditanInstagram.com/milesmogul

Adriansyah Martin punya 42 ribu followers dan Christiansyah punya 21,9 ribu pengikut. Keduanya dikenal sebagai saudara kembar tampan yang kerap mengunggah gaya hidup bergelimang kemewahan di sosial media mereka.

Baca juga: Sopir asal Purwokerto Menang SGD 1 Juta dari Changi Airport!

3. Harus diakui editannya cukup halus sehingga banyak yang terkecoh nih

Tercyduk! 6 Foto Mewah Selebgram ini Ternyata Cuma EditanInstagram.com/milesmogul

Menurut Nick, penipuan ini diketahuinya dari laporan para orang Indonesia. Mereka merasa sejumlah foto Adriansyah adalah hasil manipulasi foto-foto Nick yang memang kerap berpergian dengan pesawat kelas satu dunia.

Setelah ditengok ternyata memang ditemukan sejumlah foto yang sama persis komposisi dan lokasinya, kecuali orang-orang yang difoto di dalamnya. Dan yang dimanipulasi tak hanya foto Nick saja, tapi juga teman-teman sesama Aviation Geek lainnya.

4. Yang satu ini diduga dimanipulasi dari dua orang penumpang pria & wanita menjadi kedua saudara kembar tersebut

Tercyduk! 6 Foto Mewah Selebgram ini Ternyata Cuma EditanInstagram.com/milesmogul

Wah bisa buat main "coba temukan 5 perbedaan antara dua foto ini" yah kayanya? Namun, selain orang-orang yang difoto di dalamnya, hampir semua posisi barang dalam kedua foto ini sama persis.

5. Gak hanya penerbangan kelas satu, Adriansyah juga dituduh memanipulasi foto gaya hidup mewahnya, seperti foto bareng Ferrari berikut

Tercyduk! 6 Foto Mewah Selebgram ini Ternyata Cuma EditanInstagram.com/milesmogul

Untuk sedikit membedakan, atap mobil diedit menjadi warna hitam, begitu pula plat nomornya. Tetapi lokasi foto, pencahayaan, bahkan sampai marka tempat parkir sama persis dengan foto milik pesepakbola asal Inggris Reece Wabara. Hmmm...

6. Sejak isu ini beredar, akun Instagram @adriansyah_martin telah dihapus atau tak bisa diakses kembali

Tercyduk! 6 Foto Mewah Selebgram ini Ternyata Cuma EditanInstagram.com/adriansyah_martin

Alih-alih mengklarifikasi atau mengkonfrontasi Nick, akun Adriansyah Martin malah tak bisa diakses lagi. Entah dihapus, hiatus, atau berganti username, yang pasti selebgram ini seolah berusaha menghilangkan jejaknya.

Komentar dari netizen beragam:

"Kaya" dalam arti sebenarnya. Emang keluarga berada kok. Mungkin begini yang disebut selalu ngerasa kurang, udah dikasih harta yang sangat lebih tapi masih ngerasa kurang sampe harus pamer hal-hal yang ga dia punya -- tulis user Instagram @disannisa

Tak hanya di Instagram, isu ini pun sudah merambat ke Twitter:

Pencitraan di socmed sampe gini banget biar apa sih? -- tulis user Twitter @selphieusagi

Yah dengan perkembangan teknologi zaman sekarang, memang tidak boleh langsung menelan bulat-bulat setiap informasi yang masuk, guys.

Selain itu seimbangkan deh kehidupan di dunia nyata dengan dunia maya agar tidak terjebak kebiasaan tidak sehat di sosial media. Kalau menurutmu sendiri bagaimana, guys?

Baca juga: Ini Dia 10 Potret "Mpok Alpa" Betawi Sebelum Alisnya Cetar & Viral

Topic:

Berita Terkini Lainnya