Comscore Tracker

Ibu Ini Bikin Cara Unik agar Anak Betah di Rumah, Boleh Dicoba Nih!

Caranya mudah dan bisa ditiru di rumah

Bagi orang tua, beraktivitas di dalam rumah bukan sekadar menghindari terpapar virus. Mereka juga harus memutar otak untuk membuat sang anak tetap betah dengan pilihan kegiatan yang terbatas.

Seorang ibu punya cara unik agar anaknya bisa menghasilkan uang untuk jajan meski di cuma di rumah saja. Cara unik ini terbukti ampuh dan bikin anak rajin di rumah. Simak kisahnya di bawah ini, yuk.

1. Anak-anak akan mendapat uang jika mematuhi aturan yang dibuat orang tua

Ibu Ini Bikin Cara Unik agar Anak Betah di Rumah, Boleh Dicoba Nih!pixabay.com/white77

Kisah ini viral setelah dibagikan oleh akun Facebook bernama Mansyur Ridho. Seorang ibu yang disebut Mama Gita ini membuat peraturan khusus untuk anak-anaknya selama di rumah aja.

Jika menuruti melakukan kegiatan di dalam aturan tersebut, anak-anak bisa menghasilkan uang yang nanti bisa ditukar dengan jajanan yang telah disediakan oleh orang tua sebelumnya.

2. Aktivitas yang menghasilkan uang adalah aktivitas positif yang bisa dilakukan di rumah

Ibu Ini Bikin Cara Unik agar Anak Betah di Rumah, Boleh Dicoba Nih!Facebook.com/mansyur.ridho.09

Peraturan yang bisa menghasilkan uang antara lain, jika sholat anak akan mendapatkan Rp2 ribu, makan sampai habis dapat Rp1 ribu, mandi sendiri dapat Rp2 ribu, pakai baju sendiri dapat Rp1 ribu, makan suap sendiri dapat Rp2 ribu, dengar nasihat mama dapat Rp2 ribu dan hafalan tahfiz dapat Rp2 ribu.

Bayangkan saja jika anak sholat lima waktu, mereka sudah dapat Rp10 ribu sendiri. Belum lagi kalau sekali makan sampai habis dan makan sendiri mereka bisa diberi Rp3 ribu. Wah, lumayan juga ya.

Baca Juga: Viral Cewek Kirim Chat Kocak ke Ojol, Reaksi Netizen Bikin Ngakak

3. Ada dendanya juga. Kalau ngeyel bisa habis kena denda uangnya

Ibu Ini Bikin Cara Unik agar Anak Betah di Rumah, Boleh Dicoba Nih!Facebook.com/mansyur.ridho.09

Meski demikian, uang yang sudah dihasilkan anak-anak ini bisa ditarik karena denda juga lho. Kalau mereka nangis, tidak menghabiskan makanan, suka marah-marah, minta disuapin saat makan, tidak mau pakai baju sendiri dan tidak mau dengar nasihat orang tua maka mereka bakal kena denda Rp2 ribu.

Ini tentu saja mengajarkan anak-anak untuk mandiri, menahan emosi dan patuh dengan nasihat orang tua. Kalau ngeyel dan rewel, bisa-bisa gak dapat uang untuk dibelikan jajanan.

4. Harga jajanan dibuat lebih murah dari warung di luar

Ibu Ini Bikin Cara Unik agar Anak Betah di Rumah, Boleh Dicoba Nih!Facebook.com/mansyur.ridho.09

Pada postingan yang viral itu, Mama Gita juga mengunggah daftar harga jajanan yang disediakan. Ada wafer, jeli, sereal, roti, donat dan macam-macam jajanan lainnya.

Tentu saja harga yang dipatok gak semahal jika jajan di warung. Harga jajanan itu hanya dipatok mulai dari Rp1 ribu sampai paling mahal Rp 2 ribu saja.

5. Uang yang diberikan bukan uang asli

Ibu Ini Bikin Cara Unik agar Anak Betah di Rumah, Boleh Dicoba Nih!Facebook.com/mansyur.ridho.09

Satu lagi yang penting, ibu ini memberikan kepada sang anak uang mainan. Bukan uang asli karena menurutnya, kalau sang anak diberi uang asli nanti malah dipakai jajan di luar. Gagal di rumah aja, deh.

Postingan yang diunggah beberapa waktu lalu itu pun viral setelah dibagikan lebih dari 7 ribu kali. Rupanya ide Mama Gita ini menginspirasi para ibu-ibu lain untuk menerapkannya di rumah. Dalam kolom komentar postingan, banyak netizen yang mengaku kalau menerapkan ide serupa kepada anak-anaknya.

Wah, ide seperti ini memang boleh juga dicoba sih. Selain mengajarkan anak untuk mandiri dan bertanggung jawab, anak-anak juga jadi dapat ganjaran nyata dari kebaikan yang dia buat untuk diri sendiri.

Baca Juga: Gara-gara Corona, Viral Curhat Lucu Suami Takut Istri Disuruh Belanja

Topic:

  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya