Comscore Tracker

Khoirul Anam, Sosok di Balik Seniman Foto Nyeleneh Langganan Viral

[WANSUS] Anam cerita soal viral, pendapatan, dan kreativitas

Bagi kamu yang sering mantengin linimasa media sosial, harusnya gak asing lagi dengan sosok Khoirul Anam. Konten bikinan pria asal Magelang, Jawa Tengah ini sering banget viral dan jadi perbincangan warganet.

Baru-baru ini konten humor dia pun kembali viral, yakni memasang banyak paku di jok belakang motornya gara-gara sang pacar yang cemburuan. Tak cuma itu, masih banyak konten Anam yang sebelumnya pernah viral. Seperti jasa menemani malam tahun baru, jasa melupakan mantan, toko yang tidak menjual apa-apa, dan masih banyak lagi.

Penasaran dengan sosok di baliknya? Yuk simak wawancara IDN Times dengan Khoirul Anam yang dilakukan pada Senin (29/3/2021).

1. Berawal dari bikin video dubbing untuk mengisi waktu luang

Khoirul Anam, Sosok di Balik Seniman Foto Nyeleneh Langganan ViralFacebook.com/anam.distro

Pria yang akrab disapa Anam ini berasal dari Baturan Ngawonggo, Kaliangkrik, Magelang. Dia mengaku sudah sejak 2014 menjadi konten kreator.

Pertama kalinya terbesit niat mencoba terjun ke dunia konten kreator hanya untuk mengisi waktu luang dari kesibukannya mengurus ayam-ayam peliharaannya. Bahkan pada awal memulai, Anam justru membuat video dubbing menirukan gaya berbicara seseorang.

"Dulu bikin video dubbing-dubbing gitu, iseng-iseng dan masih malu-malu. Belum ada kepikiran buat bikin konsep foto-foto," ujarnya.

2. Konten tongsis 20 meter jadi konten pertama yang membuat Khoirul Anam viral

Khoirul Anam, Sosok di Balik Seniman Foto Nyeleneh Langganan ViralFacebook.com/anam.distro

Setelah beberapa bulan memproduksi video dubbing, Anam mulai beralih dan mencoba membuat konten berupa foto. Namun, foto yang ia buat dikonsep dengan sangat nyeleneh.

Foto pertama yang ia buat adalah selfie dengan tongsis dari bambu sepanjang 20 meter. Anam mengaku kalau konten foto pertamanya ini sudah cukup ramai jadi perbincangan.

"Itu semenjak viral tongsis 20 meter, itu pertama kali langsung viral. Tapi dulu belum aku kasih watermark karena belum kepikiran. Terus habis foto pertama itu viral terus pengen bikin lagi," jelas Anam.

3. Berprinsip cari ide dan bikin konsep konten yang original

Khoirul Anam, Sosok di Balik Seniman Foto Nyeleneh Langganan ViralFacebook.com/anam.distro

Sejak awal, pria kelahiran Magelang 28 tahun yang lalu ini gak pakai pikir lama untuk terjun ke dunia konten kreator. Dia mengaku sekalinya kepikiran bikin konten, upload, lalu jalani terus.

Untuk ide-ide nyeleneh yang sering ia buat, semuanya murni dari kepala Anam sendiri. Ia pun menjelaskan kalau gak suka lama-lama dalam brainstorming, begitu ketemu ide nyeleneh langsung dieksekusi.

"Biasanya kalau kepikiran ide saya searching dulu di Google, sudah ada belum takutnya saya jiplak. Kalau belum ada terus saya langsung bikin. Kebanyakan ide dari saya sendiri dan saya jarang niru-niru," tegas Anam.

4. Konten cinta dan bucin menjadi tema yang paling ramai

Khoirul Anam, Sosok di Balik Seniman Foto Nyeleneh Langganan ViralFacebook.com/anam.distro

Khoirul Anam seringkali viral dengan konten bertema cinta yang dia buat. Anam juga mengakui kalau setiap ia membuat tema ini, dijamin selalu ramai dan pasti viral.

Tanpa malu-malu, Anam juga mengaku kalau konten cinta dan bucin itu banyak yang berasal dari pengalaman pribadinya.

"Kebanyakan memang pengalaman pribadi. Biasanya memang kalau bahas soal mantan atau cinta-cintaan itu ruame. Kayak yang jasa melupakan mantan itu banyak banget yang notice. Pokoknya kalau sudah soal mantan itu gak tahu kenapa rame terus," katanya.

5. Belum ada tim, semua konten dibuat sendiri

Khoirul Anam, Sosok di Balik Seniman Foto Nyeleneh Langganan ViralFacebook.com/anam.distro

Di balik nama tenar Khoirul Anam sebagai konten kreator nyeleneh, rupanya selama ini ia selalu mengerjakan proyeknya seorang diri. Anam mengaku belum memiliki tim, namun seringkali mengajak tetangga atau orang sekitar untuk membantunya.

Tak cuma teman, ibu-ibu sekali pun pernah ia ajak untuk membuat konten bertema sinetron Ikatan Cinta.

"Kalau dulu awal-awal gak mau (diminta tolong). Kalau sekarang pada mau semua, kebanyakan malah mereka yang ngajak," ujar Anam sambil terkekeh.

Baca Juga: Cerita Tasya Rosmala Bangga Karier dan Pendidikan Jalan Beriringan

6. Tujuh tahun berkecimpung di dunia konten kreator, Anam masih cari celah pendapatan

Tak banyak yang tahu, Khoirul Anam sebenarnya belum mendapatkan penghasilan apa-apa dari dunia perkontenan. Padahal jika dihitung-hitung, Anam kurang lebih sudah berkarya selama tujuh tahun.

Ia mengakui kalau konten berupa foto memang agak sulit. Berbeda dengan konten video yang bisa dimonetisasi lewat YouTube dan Facebook, foto tidak bisa. Hingga saat ini, Anam masih mencari celah pendapatan tersebut dengan cara konsisten bikin konten nyeleneh.

"Waktu diundang sama Feni Rose di TV juga pada gak percaya, masa masih jadi kuli panggul padahal sering viral. Banyak yang saran pindah ke YouTube, tapi kan belum tentu (menghasilkan) juga, saya juga gak bisa ngedit (video). Makanya saya mempertahankan saja, biarin lah gak dapat penghasilan. Kadang malah saya yang ngeluarin duit," kata penggemar komedian Sule ini.

7. Untuk akun-akun meme yang sering crop watermark, ini kata Anam

Khoirul Anam, Sosok di Balik Seniman Foto Nyeleneh Langganan ViralFacebook.com/anam.distro

Foto karya Khoirul Anam seringkali diposting ulang oleh banyak akun di berbagai media sosial. Namun sayangnya, kebanyakan dari mereka turut memotong watermark yang Anam tempel di fotonya.

Menanggapi masalah ini, Anam mengaku cukup kecewa. Ia berpendapat kalau proses membuat konten nyeleneh itu gak gampang. Butuh meluangkan waktu, pikiran, tenaga dan tentu saja kreativitas.

"Sebenernya sih agak gimana ya, soalnya sudah cari ide lama-lama dan saya juga gak dapat penghasilan. Paling gak, gak usah di-crop lah. Minimal orang-orang tahu siapa yang bikin. Kecuali kalau saya dapat penghasilan banyak itu mungkin gak masalah, masalahnya saya gak dapat penghasilan," katanya.

Meski begitu, tetap ada akun media sosial yang menghormatinya sebagai kreator dengan meminta izin sebelum memosting ulang. Anam sangat menghormati orang-orang yang izin terlebih dahulu.

"Paling kalau yang izin itu biasanya pihak televisi atau akun meme yang pengikutnya masih 10.000-an itu malah izin. Tapi kalau yang sudah jutaan followers malah gak pernah izin, jarang. Paling gak penginnya saya dapat feedback pengikut baru lah," tambahnya.

8. Tips mendapatkan ide nyeleneh dari Khoirul Anam

Khoirul Anam, Sosok di Balik Seniman Foto Nyeleneh Langganan ViralFacebook.com/anam.distro

Dalam beberapa tahun belakangan, banyak konten-konten kreator yang bermunculan dan sukses di berbagai platform. Meski sudah banyak, namun menurut Anam masih ada ruang bagi konten kreator baru jika baru mau memulai. Kuncinya adalah harus kreatif, beda, dan jangan langsung memikirkan penghasilan.

"Kalau menurut aku sih belum telat. Sekarang kontennya hampir sama semua, kalau podcast, ya podcast semua dan lain-lain. Tapi intinya jangan mikirin penghasilan dulu, saya bertahun-tahun tetap bertahan (tanpa penghasilan)," kata dia.

Anam juga sedikit memberikan tips dalam menggali ide kreatif. Menurutnya, jika sudah kepikiran sebuah ide maka jangan kebanyakan dipikir dan mending langsung dieksekusi saja.

"Kalau aku tuh mikirnya ketika dapat ide, eksekusi, dan langsung upload. Sudah. Kalau konten-konten kreator video itu kan harus terkonsep, kalau saya langsung eksekusi. Misal saya kepikiran cowok mata keranjang, kan tinggal cari keranjang kecil, saya tempelin di mata, sudah upload," ujar Khoirul Anam.

9. Bakal ada konten nyeleneh bertema Ramadan, dijamin meledak!

Khoirul Anam, Sosok di Balik Seniman Foto Nyeleneh Langganan ViralFacebook.com/anam.distro

Meski banyak rintangan yang dia lalui selama kurang lebih tujuh tahun ini, Khoirul Anam mengaku bakal terus konsisten bikin konten nyeleneh apa pun yang terjadi.

Apalagi, pria asal Magelang ini punya beberapa tema andalan seperti spanduk, cinta atau bucin, dan properti. Tema-tema ini sudah terkonsep sehingga warganet gak bakal bosan melihatnya.

Anam turut memberikan spoiler kalau Ramadan nanti dia bakal merilis konten super nyeleneh yang pasti bakal ramai jadi perbincangan.

"Bakal ada konten nyeleneh nanti pas Ramadan. Sudah aku bikin, tiga minggu lagi aku upload. Dijamin viral!" kata Anam mengakhiri pembicaraan.

 

Nah, itu dia cerita Khoirul Anam si seniman foto nyeleneh yang jadi langganan viral di media sosial. Yuk, semangat buat yang baru mau terjun di dunia konten kreator. Jadi lah kreatif dan beda seperti Khoirul Anam, ya!

Baca Juga: Perjalanan Karier Kalia Siska, Biduan DJ Kentrung Asal Karawang

Topic:

  • Triadanti

Berita Terkini Lainnya