Comscore Tracker

Viral, Mahasiswa Ini Bayar Tagihan UKT Rp3,5 Juta Pakai Uang Receh

Tagar #RecehUntukRektorat sempat jadi perbincangan

Awal masuk perkuliahan selalu dibarengi dengan pembayaran biaya semester atau UKT. Namun pada masa pandemik seperti ini, banyak mahasiswa yang kondisi ekonomi keluarganya cukup terdampak. Sementara permintaan penurunan biaya UKT tak kunjung dikabulkan.

Belum lama ini pemilik akun Twitter @hewanberbicara mengisahkan pengalamannya yang sampai harus bayar UKT pakai uang receh. Simak kisah lengkapnya yuk.

1. Bongkar celengan karena krisis

Viral, Mahasiswa Ini Bayar Tagihan UKT Rp3,5 Juta Pakai Uang RecehTwitter.com/hewanberbicara

Tak dipungkiri, pandemik yang berkepanjangan membuat keadaan ekonomi masyarakat luas cukup terdampak. Hal ini diakui pemilik akun @hewanberbicara. Ia mengungkapkan kalau masa ini membuat keuangan keluarganya mengalami krisis.

Untuk membayar tagihan UKT, pria yang tak menyebutkan identitasnya ini harus membongkar celengan keluarga yang berisi uang receh.

2. Membayar tagihan Rp3,5 juta dengan uang koin seberat 17,5 kilogram

Viral, Mahasiswa Ini Bayar Tagihan UKT Rp3,5 Juta Pakai Uang RecehTwitter.com/hewanberbicara

Dalam cuitannya, mahasiswa ini menuliskan nominal yang harus dibayar adalah Rp3,5 juta. Kebetulan setelah celengannya dibongkar, uang tabungan dia dan keluarganya itu mencukupi.

Uang koin yang ada di dalam celengan itu adalah pecahan Rp1.000. Untuk mempermudah perhitungannya, ia memisahkan koinnya ke dalam plastik yang masing-masing satu plastik berisi Rp100.000. Total berat uang koin untuk nominal Rp3,5 juta itu adalah 17,5 kilogram.

Baca Juga: Viral, Predator Fetish Kain Jarik Cari Mahasiswa demi Penuhi Nafsu

3. Sempat ditolak bank saat membayar

Viral, Mahasiswa Ini Bayar Tagihan UKT Rp3,5 Juta Pakai Uang RecehTwitter.com/hewanberbicara

Setelah selesai menghitung dan membungkus uang koin yang ia kumpulkan, mahasiswa ini harus menempuh jarak 15 kilometer untuk mencapai bank. Namun di bank pertama yang ia datangi, kebetulan server sedang bermasalah. Sehingga ia pun menuju bank kedua.

Tapi tak disangka, di bank kedua itu ia sempat ditolak. Setelah antre hampir satu jam, pria ini diberi kabar bahwa bank tersebut tidak memiliki alat untuk menghitung uang koin. Sehingga pembayarannya pun tidak bisa dilakukan.

"Ternyata bank xxx gak bisa nerima uang receh seribuan ini karena kata mereka gak ada alatnya buat ngitung (padahal bisa diitung manual)," tulis akun @hewanberbicara.

4. Menukarkan receh ke mini market sebagai jalan terakhir

Viral, Mahasiswa Ini Bayar Tagihan UKT Rp3,5 Juta Pakai Uang RecehTwitter.com/hewanberbicara

Satu-satunya harapan mahasiswa ini untuk tetap bisa membayar UKT dengan uang receh yang ia punya adalah menukarkan koin-koin itu ke mini market. Ia pun sempat mengalami rintangan seperti terjebak hujan dan lain-lain.

Tapi untungnya mini market yang ia tuju mau menerima penukaran uang yang ia ajukan. Pemilik akun @hewanberbicara ini pun sudah mendapatkan uang kertas untuk dibayarkan ke bank.

"Karena tadi tukerin recehnya selesai sebelum jam 3 akhirnya otw ke bank lagi, dengan harapan masih buka banknya. Tapi pas udah sampe banknya pada tutup. Terpaksa deh besok balik lagi," katanya.

5. Cerita di balik tabungan uang receh

Itu dia kisah mahasiswa membayar UKT dengan uang receh yang belakangan ini viral di sosial media. Dampak dari pandemik memang bisa mengampiri siapa saja. Semangat terus mahasiswa!

Baca Juga: Mahasiswa Cari Mendikbud Viral, Kritik Kuliah Online dan UKT

Topic:

  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya