Comscore Tracker

Viral Penjual HP Ditipu saat COD, Potret Uang Palsunya Bikin Ngakak

Uangnya cuma digambar pakai spidol #IDNTimesHype

Transaksi jual beli secara online memang gak ribet, tapi tetap ada risikonya. Salah satu yang paling parah tentu saja tertipu. Ini bisa dialami oleh pembeli maupun penjualnya.

Seperti yang dialami penjual HP satu ini. Ia ditipu pembelinya dengan menggunakan uang palsu dan HP-nya dibawa kabur. Tapi yang bikin kejadian ini lucu adalah potret dari uang palsu yang dibayarkan tersebut. Yuk simak kisah lengkapnya.

1. Transaksi COD dengan orang yang ingin membeli HP jualannya

Viral Penjual HP Ditipu saat COD, Potret Uang Palsunya Bikin NgakakFacebook.com/profile.php?id=100049484709870

Kisah ini dialami oleh pemilik akun Facebook bernama Muhammad Agus Gunawan. Ia memposting di beberapa grup Facebook, termasuk grup jual beli, tentang kisahnya yang habis ditipu oleh seseorang.

Dia mengaku telah ditipu menggunakan uang palsu ketika melakukan COD yang ia jual. HP jualannya dibawa lari, sementara uang yang ia dapatkan hanya uang palsu yang digambar seadanya.

2. Penipu punya kedok cerewet, banyak bicara dan tidak mau turung dari motor untuk membuat korban lengah

Viral Penjual HP Ditipu saat COD, Potret Uang Palsunya Bikin NgakakFacebook.com/profile.php?id=100049484709870

Lewat postingan di grup Bubuhan Samarinda BUSAM, pria ini menjelaskan kronologinya. Saat itu ia sudah janjian dengan pembelinya di sebuah kawasan di Samarinda, Kalimantan Timur.

Penjual HP ini menyebutkan kedok penipu itu cerewet dan banyak bicara. Setelah melihat-lihat HP, keduanya lalu menyepakati harga dan rupanya pembeli ini sudah menyiapkan 'uang' di genggaman tangannya.

"Kedoknya banyak omong dan cerewet, gak lama kemudian deal harga, dia ngecek HP tidak turun dari motor," tulis akun Muhammad Agus Gunawan.

Baca Juga: Viral Pria Kemalingan Laptop Seharga Rp16 Juta, Memohon Dikembalikan

3. Transaksi COD dilakukan tengah malam, bikin korban sulit mengenali uang palsu yang diberikan

Viral Penjual HP Ditipu saat COD, Potret Uang Palsunya Bikin NgakakFacebook.com/fkpm.samarinda

Setelah sepakat harga, pembeli ini pun menyerahkan uang palsu yang telah disiapkan. Sedetik kemudian, pembeli ini langsung kabur menggunakan motornya.

Penjual HP ini pun kaget. Ia tak lagi sempat mengecek uang yang diterima karena si penipu langsung tancap gas. Apalagi kemudian diketahui kalau kejadiannya dilakukan tengah malam sehingga pandangan sulit mengenali uang yang diberikan palsu atau asli.

"Belum sempat saya cek duitnya, mereka langsung kabur dengan mengendarai motor," lanjutnya.

4. Alih-alih seperti uang palsu yang banyak diberikan, bentuknya justru lebih mirip seperti hasil karya anak SD

Viral Penjual HP Ditipu saat COD, Potret Uang Palsunya Bikin NgakakFacebook.com/fkpm.samarinda

Biasanya uang palsu dibuat semirip mungkin dengan aslinya sampai korban tak bisa mengidentifikasi kepalsuannya. Tapi beda lagi dengan uang palsu yang dibuat oleh penipu ini.

Bukannya dibikin mirip, tapi yang ia buat adalah 'uang' yang dibuat dari kertas biasa dan digambari hanya dengan menggunakan spidol berwarna merah. Bentuknya mirip seperti hasil gambaran anak SD yang baru belajar menggambar.

5. Kehilangan dua unit smartphone dan mengalami kerugian sekitar Rp900 ribu

Viral Penjual HP Ditipu saat COD, Potret Uang Palsunya Bikin NgakakFacebook.com/fkpm.samarinda

Akhirnya pria ini pun melaporkan kejadian penipuan yang ia alami ke polisi. Dia mengaku telah kehilangan dua unit smartphone yang saat negosiasi dihargai Rp900 ribu.

Postingan ini pun viral di media sosial dan banyak netizen yang salah fokus dengan bentuk uang palsu yang dipakai oleh penipu. Duh, benar-benar gak habis pikir deh.

Kejadian ini bisa jadi pelajaran untuk kamu yang sering bertransaksi online, jangan mau deh diajak COD malam-malam. Mungkin ini jadi penipuan uang palsu paling nyeleneh yang pernah terjadi.

Baca Juga: 20 Kejadian Paling Viral di 2020, Bikin Heboh Media Sosial

Topic:

  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya