Comscore Tracker

Viral Spider-Man Asal Indonesia Peduli Sampah, Aksinya Jadi Sorotan!

Anggota Avengers lain ada yang mau ikutan?

Spider-Man diketahui merupakan superhero Marvel yang sering menolong orang dari tokoh jahat. Tapi ternyata, Indonesia juga punya Spider-Man yang juga gemar menolong orang banyak lho. Bahkan belakangan ini aksinya sedang jadi sorotan.

Spider-Man ini berasal dari Sulawesi Selatan. Ia peduli kebersihan lingkungan dengan cara membersihkan laut dan beberapa daerah yang punya banyak sampah. Aksinya ini bahkan sampai disoroti media asing lho. Siapa sosok di baliknya?

1. Pria di balik kostum Spider-Man tersebut bernama Rudi Hartono

Viral Spider-Man Asal Indonesia Peduli Sampah, Aksinya Jadi Sorotan!Instagram.com/roedyulatbulu

Adalah Rudi Hartono, pria asal Parepare, Sulawesi Selatan yang berada di balik kostum Spider-Man tersebut. Sosoknya viral setelah ia melakukan aksi bersih-bersih sampah dengan mengenakan kostum salah satu superhero Marvel tersebut.

Rudi melakukan aksi bersih-bersih itu di salah satu pantai di Parepare yang terkenal punya pemandangan indah. Namun sampah-sampah yang menumpuk seakan menutupi keindahan pantai tersebut.

2. Alasan mau melakukan aksi bersih-bersih sampah di pantai

Viral Spider-Man Asal Indonesia Peduli Sampah, Aksinya Jadi Sorotan!Instagram.com/roedyulatbulu

Kepada IDN Times, Rudi Hartono mengungkapkan, dirinya sudah jengah melihat orang-orang yang dengan sengaja membuang sampah ke pantai. Bahkan ia sering melihat dengan mata kepalanya sendiri orang membuang sampah ke laut.

Mulai dari warga sekitar, turis yang berkunjung sampai awak kapal, kesadaran peduli lingkungannya dianggap masih rendah. Tentu saja ini yang membuat keindahan pantai Parepare sedikit demi sedikit berkurang.

3. Pernah melakukannya tanpa kostum. Namun respons masyarakat kurang antusias

Viral Spider-Man Asal Indonesia Peduli Sampah, Aksinya Jadi Sorotan!Instagram.com/roedyulatbulu

Rudi mengaku dulunya pernah melakukan aksi bersih-bersih tanpa kostum. Namun saat itu ia tidak mendapat respons yang positif dari orang sekitar. Dengan kata lain, tidak ada orang yang tertarik untuk membantu aksinya.

"Itu selama setahun saya lakukan, namun tidak ada yang tertarik untuk membantu. Maka muncul lah ide memakai baju Spider-Man," kata Rudi.

Kebetulan, Rudi adalah penggemar berat Spider-Man dan ia memiliki kostum yang pernah dipakai untuk menghibur keponakannya.

Baca Juga: Viral! Pria Bersihkan Taman Bermain Anak Demi Cegah Corona

4. Ketika mengenakan kostum, banyak masyarakat yang mau membantu aksinya

Viral Spider-Man Asal Indonesia Peduli Sampah, Aksinya Jadi Sorotan!dok. pribadi Rudi Hartono

Efek menggunakan kostum ini tak disangka berdampak positif. Dikarenakan terlihat unik, orang-orang mulai mau membantu Rudi untuk memunguti sampah. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Bahkan belum lama ini, ada seorang anak yang merengek meminta orangtuanya mengambil kostum superhero demi bisa membantu Spider-Man ini. Beberapa komunitas juga dikatakan turut membantu aksi Rudi Hartono ini.

5. Kostum Spider-Man dijadikan sebagai alat kampanye cinta kebersihan

https://www.youtube.com/embed/ULs48j_ZYvI

Namun bagi Rudi, kostum ini hanya digunakan sebagai kampanye edukasi khususnya untuk anak-anak. Terlepas dari kostum tersebut, tujuan utama pria ini berharap orang lebih peduli lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Karena sekarang sudah sangat susah mengedukasi mereka yang sudah tua untuk mau memungut sampah. Ego mereka terlalu tinggi untuk menunduk dan mengambil sampah bahkan di dekat kaki mereka," tutup Rudi Hartono.

Baca Juga: Viral, Pria Gowa Disebut Beri Uang Panai' Rp3 Miliar ke Calon Istri 

Topic:

  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya