Comscore Tracker

Viral Bajaj Bajuri Ramalkan Corona Belasan Tahun Lalu, Ini Faktanya!

Bajaj Bajuri sudah seperti The Simpsons?

Ramainya teori konspirasi tentang asal usul virus corona dan penyakit COVID-19 ini memang menarik diikuti dan membuat penasaran. Ada yang berkata virus ini sengaja dibuat sebagai senjata pemusnah umat manusia ada juga yang tidak percaya virus ini ada.

Bicara tentang teori konspirasi kamu tentu sering mendengar berita serial kartun The Simpsons bisa meramalkan kejadian yang terjadi belakangan ini melalui episode-episode lamanya.

Nah, Indonesia ternyata tak kalah hebat lho, sitkom Bajaj Bajuri yang pernah tayang belasan tahun lalu ternyata juga pernah meramalkan kejadian pandemik corona saat ini. Wah, yang benar? Yuk, lanjut baca artikelnya.

1. Cuplikan episode Bajaj Bajuri tentang corona diunggah oleh pengguna Twitter @pleasedpeople

Seorang pengguna Twitter bernama Dana Raditya dengan nama akun @pleasedpeople mengunggah cuplikan sitkom Bajaj Bajuri yang menampilkan percakapan Said dengan Oneng. Di sana mereka membicarakan sebuah virus dari Tiongkok yang gejala dan ciri-cirinya sangat mirip dengan gejala penyakit COVID-19.

"itu penyakit menular dari Cina mpok, gejalanye panas dingin sama batuk, bahaya mpok, penyakit itu bisa nular, yang udah kena bisa menginggal," kata Said dalam cumplikan video tersebut.

Pengguna Twitter ini mengunggah cuplikan episode sambil menuliskan cuitan "Kita sudah diperingatkan 17 tahun lalu," yang semakin mendukung cuplikan video ini, sontak cuitan akun Twitter ini menggemparkan pengguna Twitter lainnya.

2. Cuplikan video lain Bajaj Bajuri juga menggambarkan pasien COVID-19 yang kabur 

Seorang pengguna Twitter dengan nama akun @aimrod juga mengunggah sebuah cuplikan episode Bajaj Bajuri yang seolah menggambarkan kondisi saat ini, dimana pasien COVID-19 atau pasien dalam pengawasan (PDP) kabur dari karantina.

Terlihat di episode tersebut memperlihatkan Ucup, salah satu tokoh di Bajaj Bajuri, tengah dicari oleh Bajuri dan seorang pria yang terlihat berseragam tenaga medis. Sambil memakai masker yang kini digunakan untuk mencegah penyebaran virus corona, mereka berusaha menangkap Ucup yang kabur karena diduga terserang penyakit. 

Ucup pun dalam episode tersebut merengek, "Saya gak mau dikarantina, saya gapapa kok" sambil ditangkap oleh Bajuri dan pria tersebut. Sebuah adegan yang sangat relevan dengan kondisi saat ini dimana banyak pemberitaan penderita COVID-19 dan PDP yang kabur karena gak mau dikarantina. 

3. Salah satu netizen ungkap kebenaran cuplikan episode Bajaj Bajuri ini

Viral Bajaj Bajuri Ramalkan Corona Belasan Tahun Lalu, Ini Faktanya!Twitter.com/aimrod

Setelah cuplikan video salah satu episode Bajaj Bajuri ini viral, salah seorang pengguna Twitter dengan nama akun @FioSorale menguak tentang kebenaran cuplikan video kontroversial ini.

Ternyata percakapan yang dilakukan oleh Said dan Oneng dalam episode tersebut adalah tentang penyakit SARS yang memang tengah menghantui Tiongkok di sekitar tahun 2002 lalu, yang gejalanya juga mirip dengan penyakit COVID-19 saat ini.

Dia pun menuliskan dalam cuitannya "Kalau posting harus lengkap :3," sambil mengunggah video lengkap percakapan antara Said dengan Oneng yang ternyata membicarakan penyakit SARS.

Baca Juga: Berjuang Lawan Stroke, 10 Kabar Terbaru Mat Solar Bajaj Bajuri

4. Video diambil dari salah satu episode Bajaj Bajuri berjudul 'Katakan Saja Ogah Berpuasa'

https://www.youtube.com/embed/1-8QnzRIXKY

Tenyata benar seperti yang dungkap oleh @FioSorale, cuplikan video tersebut memang tengah menggambarkan kondisi kala itu yang dihebohkan oleh penyakit SARS dari Tiongkok.

Dilansir dari channel YouTube Bang Ros yang mengunggah setiap episode Bajaj Bajuri, diketahui ternyata cuplikan video tersebut diambil dari episode berjudul Katakan Saja Ogah Berpuasa, yang menceritakan Ucup yang pura-pura sakit agar tidak berpuasa, justru penyakitnya disangka SARS oleh orang-orang. 

5. Warganet heboh komentari cuplikan episode yang viral ini

Viral Bajaj Bajuri Ramalkan Corona Belasan Tahun Lalu, Ini Faktanya!Twitter.com/KijangTablet

Saking viralnya cuplikan episode Bajaj Bajuri yang ramalkan COVID-19 ini, membuat netizen mengomentari cuplikan video yang dibagikan kedua akun tersebut. 

"The Simpsons kearifan lokal," tulis akun @wihiy yang menyadari bahwa Bajaj Bajuri bisa meramalkan kejadian di masa depan layaknya serial kartun The Simpsons.

Ada juga warganet Twitter yang menyadari ini membahas tentang SARS.

"Bused zaman SARS ini, mana nyebutnya flu cina di situ," cuit akun @chickenricebox menanggapi video Ucup yang kabur dari karantina.

Ada juga warganet yang justru membumbui cuplikan video ini dengan lelucon.

"ternyata ini acara settingan elite global bahaya," tulis akun Twitter @KijangTablet yang dengan nada bercanda.

Wah, ternyata sitkom Bajaj Bajuri yang ditayangkan belasan lalu masih bisa menimbulkan gelak tawa, ya hingga saat ini. Apa kamu dulu suka banget nonton Bajaj Bajuri?

Baca Juga: Sempat Melegenda, 5 Fakta Sitkom 'Bajaj Bajuri' Ini Jarang Diketahui!

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya