Comscore Tracker

Mengenal Cesar Millan, Pelatih Anjing Paling Terkenal di Dunia

Yuk belajar melatih anjing dari Cesar Millan!

Para pecinta hewan yang satu ini tentunya sudah tahu siapa dia. Disebut sebagai pawangnya anjing, penakluk anjing, pelatih anjing bahkan disebut sebagai psikolognya anjing. Cesar Milan dikenal juga sebagai ahli dalam membaca perilaku anjing. 

Cesar Milan memiliki banyak acara televisi seperti Cesar 911, Dog Nation dan salah satunya yang berjudul Dog Whisperer yang ditayangkan National Geographic Channel. Ia mengatakan bahwa banyak prinsip-prinsip yang harus diterapkan oleh para pemilik kepada para anjing rumahan ini. Dia menggunakan teknik modifikasi perilaku dan filosofi bahwa olahraga, disiplin, dan kasih sayang dibutuhkan "dalam urutan itu" agar anjing menjadi sehat dan seimbang dalam perilakunya.

Siapa sih Cesar Milan?

https://www.youtube.com/embed/k8CbflT0hhk

Terlahir dari keluarga petani miskin di Meksiko yang mencoba mengejar impiannya di Amerika, ia bertanya kepada ibunya apakah ia bisa menjadi pelatih anjing terbaik di dunia. Sesampainya di Amerika, dengan keterampilannya ia bekerja merawat anjing pada pada sebuah klinik perawatan. Lalu ia pun menawarkan kepada orang-orang untuk mengajak anjing mereka jalan-jalan tanpa bayaran. Hingga akhirnya ia dikenal dikawasan tersebut.

Ia membayangkan bahwa mengurusi dan melatih banyak anjing harus memiliki lahan yang cukup. Pemilik lahan parkir kosong memintanya untuk merawat lahan itu agar tidak dipakai tempat jual beli narkotika atau disalahgunakan. Peluang ini tidak ia sia-siakan. Saat itu ia mengenakan bayaran $10 per anjing/hari kepada pemilik anjing. Ini merupakan kesempatan awal bagi Cesar untuk meraih impiannya. Tahun 2004 adalah acara Dog Whisperer oleh NGC mulai ditayangkan.

Sebelumnya, di tahun 2002 ia membangun tempat yang disebut Dogs Phsycology Center (DPC) tempat rehabilitasi dan pelatihan anjing di daerah selatan Los Angeles. Cesar menyebutnya Kota Para Anjing. Tahun 2009 lokasi DPC berpindah ke kawasan perbukitan Santa Clarita, California. Tahun 2014 ia membuka DPC kedua si wilayah timur Amerika Serikat tepatnya di Fort Lauderdale, Florida. DPC juga memberikan kursus-kursus kepada para pemilik anjing mengenai dasar-dasar bagaimana mereka seharunya memperlakukan anjing mereka.

"Ssshhh.." adalah ekspresi Cesar yang fenomenal dan itu menjadi salah satu ciri khasnya

https://www.youtube.com/embed/aS3zyd5HfUQ

"Ssshh.."  adalah suara dari ekspresi untuk membuat orang supaya diam, sekarang menjadi fenomenal dan terkenal di dunia di kalangan para pencinta anjing. Mereka coba mempraktikannya meski pun kadang tidak semuanya berhasil seperti yang dinginkan karena terlihat mudah untuk dilakukan.

Ekspresi itu berasal dari ibunya ketika Cesar masih muda karena ia berkelakuan tidak baik atau bermasalah, tapi itu mengingatkan Cesar tentang sebuah aturan dan batasan. Hal itu dipraktikannya kepada anjing-anjing yang dilatihnya.

Salah satu 'kasus' terkenal yang pernah ditangani Cesar adalah Holly, anjing Labrador yang pernah menggigitnya

https://www.youtube.com/embed/9ihXq_WwiWM

Menurut hukum di Amerika, ada yang disebut "animal euthanasia"  yaitu anjing yang menggigit orang bisa diajukan untuk disuntik mati atau istilahnya"put down" atau"put to sleep". Salah satu alasannya adalah masalah perilaku agresif anjing yang biasanya tidak dapat diperbaiki serta menyebabkan kerusakan fisik yang menyakitkan baik pada manusia maupun hewan lain. Istilah dalam hukum Inggris disebut"destroyed" atau dihancurkan.

Salah satu kasusnya yang terkenal adalah saat menangani Holly, anjing labrador yang bahkan sempat menggigitnya.

Holly yang mendapat kesempatan kedua kini diadopsi Cesar dan tinggal dalam tempat rehabilitasinya

https://www.youtube.com/embed/wlN6NsbWAQg

Cesar dalam tayangan televisinya pernah beberapa kali digigit anjing tapi masih dalam tahap kewajaran menurutnya. Holly adalah satu-satunya anjing pernah menggigit Cesar hingga ia dibawa ke rumah sakit untuk diobati. Namun Cesar malah mengadopsinya dan mengurus di tempat rehabilitasinya. Kini serangan yang ia dapatkan bukan gigitan tapi ciuman karena Holly sudah jinak dan berubah jadi anjing penyayang.

Salah satu kunci keberhasilan Cesar adalah, ia tak mendekati anjing, tapi ia membiarkan anjing mendekatinya

https://www.youtube.com/embed/yG-3ojy9c7Y

Cesar bisa mengetahui keadaan anjing dengan melihat matanya, melihat dengusannya atau mendengar suara lolongan dan gonggongannya. Apakah anjing itu menandakan gelisah, takut, siap siaga, senang, memberitahu temannya tentang sesuatu dan masih banyak lagi. Dan itu adalah salah satu bakat yang mungkin tak dimiliki orang lain dalam membaca perilaku hewan, terutama anjing.

T. Wikie Photo Verified Writer T. Wikie

Fotografer, copywriter, web & grafis desainer. Kontributor pada media berita & hiburan. Bekerja sebagai konsultan & freelancer di bidang marketing communication.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya