Comscore Tracker

Singgung Standar Kecantikan, 7 KDrama Ini Mengangkat Isu Body Shaming

Dua drama di antaranya dibintangi Cha Eun Woo, lho

Body shaming merupakan salah satu fenomena yang masih sering ditemukan di masyarakat. Body shaming adalah bentuk tindakan yang menghina dan menjelek-jelekan fisik seseorang, seperti dengan melontarkan kata-kata gendut, kurus, jelek, hitam, dan lainnya.

Tak sedikit juga tindakan body shaming ini mengarah pada bullying. Hal ini tentu akan merusak mental dan kepercayaan diri seseorang yang terkena body shaming.

Isu body shaming pun yang semakin marah pun membuat para sineas Korea Selatan tertarik untuk mengangkatkan menjadi jalan utama sebuah cerita di drama. Setidaknya tujuh drama berikut ini sukses menyinggung kalau kecantikan itu tak punya standar yang tetap.

1. True Beauty (2020)

https://www.youtube.com/embed/KsYzLsEsRaU

True Beauty merupakan KDrama populer adaptasi webtun berjudul My Secret Angel karya dari Yoongi. Drama ini dibintangi oleh Cha Eun Woo, Moon Ga Young dan Hwang In Yeop.

True Beauty menceritakan tentang kisah masa remaja dari gadis bernama Lim Ju Kyung (Moon Ga Young) yang memiliki wajah yang tak sesuai standar kecantikan. Ia pun sering menjadi bahan ejekan teman-temannya saat masih kecil. Ia juga di bully oleh teman-teman sekolahnya dan akhirnya Ju Kyung pindah sekolah.

Ju Kyung pun pindah sekolah dan merombak penampilannya. Otomatis hal tersebut membuat Ju Kyung jadi siswi populer di sekolah baru hingga memilki banyak teman.

2. Parfume (2019)

https://www.youtube.com/embed/2_q4c1NT-Zs

Perfume merupakan KDrama yang memiliki genre fantasi yang diperankan oleh Shin Sung Rok, Ko Won Hee, Cha Ye Ryun, dan Kim Min Kyu. Drama ini menceritakan tentang Min Jae Hee (Ha Jae Sook) yang merupakan seorang ibu rumah tangga. Ia pun menjadi tulang punggung keluarga karena rumah tangganya hancur karena perselingkuhan sang suami.

Perselingkuhan ini terjadi karena Jae Hee dianggap tak menarik lagi oleh sang suami. Hal inilah yang membuat Jae Hee putus asa dan sempat berencana untuk bunuh diri serta menghabisi suaminya, Kim Tae Joon.

Namun, usaha bunuh dirinya tersebut digagalkan karena ia mendapat sebuah paket misterius berisi parfum ajaib. Parfum tersebut memiliki kekuatan ajaib yang bisa membuat Jae Hee menjadi perempuan muda yang cantik.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Drama Jepang Romantis di Netflix, Bikin Baper!

3. My ID is Gangnam Beauty (2018)

https://www.youtube.com/embed/62tlbaSz3lE

My ID is Gangnam Beauty menceritakan tentang kehidupan seorang gadis remaja yang pemalu bernama Kang Mi Rae (Im Soo Hyang). Sejak kecil ia sudah menjadi bahan ejekan oleh teman-temannya karena memiliki wajah yan dianggap buruk.

Saat memasuki dunia perkuliahan, Kang Mi Rae memutuskan untuk melakukan operasi plastik untuk mengubah penampilannya. Namun, tak lama rahasia operasi plastik pun terbongkar dan menyebar keseluruh lingkungan kampusnya.

Menggunakan aktris lain untuk memerankan Kang Mi Rae remaja, tim produksi drama My ID is Gangnam Beauty tidak pernah menunjukan wajah masa lalu dari karakter remaja tersebut. Sebab mereka tak mau menetapkan standar kecantikan seseorang hanya karena penampilannya saja.

4. The Miracle (2016)

https://www.youtube.com/embed/83g-W7ZKDwo

The Miracle atau My Secret Diary merupakan KDrama yang menceritakan tentang saudara kembar Kwon Shi Ah dan Kwon Shi Yeon yang memiliki nasib berbeda. Shin Ah terlahir dengan wajah yang cantik dan fisik yang bagus. Sedangkan Shi Yeon terlahir dengan yang wajah cubby dan tubuh gemuk.

Hal itulah yang membuat Shi Yeon di bully dan diolok-olok oleh teman-teman di sekolahnya. Ia pun sering menjadi bahan cacian bahkan dikucilkan oleh banyak orang di sekolahnya. 

Hingga suatu hari, kehidupan Kwon Shi Ah dan Kwon Shi Yeon berbalik. Jiwa mereka tertukar, Shi Ah merasakan penderitaan dari saudara kembarnya. Sementara Shi Yeon merasakan bagaimana memiliki banyak teman dan disukai banyak orang.

5. She Was Pretty (2015)

https://www.youtube.com/embed/YXxxQRwumSQ

She Was Pretty menghadirkan genre komedi romansa yang menghibur. Drama ini menceritakan tentang kisah Kim Hye Jin (Hwang Jung Eum) yang semasa kecilnya memiliki wajah cantik, rendah hati, dan sangat populer.

Namun, seiring bertambah dewasa ia mengalami perubahan pada wajahnya yang memerah. Rambutnya pun menjadi kurang tertata hingga menyebabkan penampilannya menjadi tak secantik masa kecilnya.

Sebaliknya, Ji Sung Joon (Park Seo Joon) saat masih kecil justru memiliki tubuh gemuk yang membuatnya sering menjadi korban olok-olokan teman-teman di sekolahnya.

Keduanya bertemu lagi saat dewasa, tapi sayangnya Sung Joon tak mengenali teman masa kecilnya itu. Meski begitu, ia justru jatuh cinta kepada Hye Jin yang tampil apa adanya.

6. Birth of A Beauty (2015)

https://www.youtube.com/embed/ekCD5SUuryA

Birth of A Beauty mengangkat isu tentang body shaming yang dibintangi Joo Sang Wook, Han Ye Seul, Jung Gyu Woon, dan Wang Ji Hye. Dirilis tahun 2014, cerita di drama ini berpusat pada tokoh Sa Geum Ran (Han Ye Seul) yang merupakan istri dari Lee Kang Joon (Jung Gyu Woon).

Sa Geum Ran harus merasakan kekecewaan atas perlakuan yang tidak adil dari suaminya. Setelah menikah, Sa Geum Ran menderita obesitas yang membuat penampilannya menjadi tak menarik lagi dimata sang suami. Hal itulah yang menyebabkan Lee Kang Joon berselingkuh.

Akibat dari perselingkuhan tersebut, Sa Geum mengalami depresi sampai suatu hari ia mengalami kecelakaan. Karena kecelakaan itulah Sa Geum memutuskan untuk operasi plastik dan mulai balas dendam atas perbuatan sang suami serta ibu mertuanya.

7. Oh My Venus (2015)

https://www.youtube.com/embed/uMtaHlC49jk

Oh My Venus merupakan salah satu drama Korea yang menceritakan tentang perempuan yang dicampakkan oleh kekasihnya. Drama ini juga mengakat isu tentang body shaming yang dibintangi oleh So Ji Sub, Shin Min Ah, Sung Hoon, dan Henry.

Oh My Venus berkisah tentang seorang perempuan yang menderita obesitas bernama Kang Joo Eun (Shin Min Ah). Obesitas itulah yang menyebabkan dirinya dicampakkan oleh sang kekasih. 

Tak lama setelah ia dicampakan, ia bertemu dengan Kim Young Ho (So Ji Sub), merupakan seorang pelatih kebugaran yang pernah melatih bintang-bintang Hollywood. Sejak saat itu, Joo Eun memutuskan untuk melakukan diet ketat dan mengubah penampilannya.

Body shaming adalah tindakan yang dapat berakibat buruk bagi korban yang mengalaminya. Oleh karena itu kita juga harus senantiasa menjaga perkataan dan perlakuan agar tak menyakiti orang lain. Ketujuh drama tadi pun bisa memberikan gambaran bagaimana rasa sakit hati dan kecewanya orang-orang yang terkena body shaming.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Drama Korea yang Menerapkan Healthy Relationship

Alicianoo Photo Verified Writer Alicianoo

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya