Comscore Tracker

5 Pelajaran Penting dari Serial Netflix Hellbound, Awas Terlewat!

Ketika hidup, jangan mudah percaya dengan yang ada di sekitarmu

Hellbound serial Netflix asal Korea Selatan yang telah tayang sejak tanggal 19 November lalu, menduduki posisi pertama sebagai serial Netflix yang paling banyak ditonton dalam waktu 24 jam setelah dirilis, menggeser serial populer Squid Game.

Popularitas Hellbound bukan tanpa sebab, tidak hanya karena cerita yang cukup unik, tapi juga aktor-aktor ternama yang memeriahkan serial ini. Sebut saja beberapa aktor veteran seperti Yoo Ah In, Kim Hyun Joo, Park Jung Min dan Won Jin Ah.

Serial Hellbound menggambarkan bagaimana manusia menghadapi teror dari makhluk gaib yang membunuh dan membawa manusia ke neraka. Kekacauan pun tidak terhindarkan terutama karena sekte baru New Truth memanfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan kekuasaan. Hal ini semakin menguji jiwa kemanusiaan dan akal sehat masyarakat untuk bisa menghadapi situasi tersebut.

Berikut deretan pelajaran penting yang tidak boleh kita lewatkan dari serial Hellbound yang bisa kita terapkan dalam kehidupan kita.

1. Keselamatan diri itu penting

5 Pelajaran Penting dari Serial Netflix Hellbound, Awas Terlewat!Cuplikan Serial Netflix Korea Hellbound (instagram.com/netflixkr)

Beberapa tokoh yang bertentangan dengan sekte New Truth sebagai antagonis di serial ini, harus menghadapi ancaman dari berbagai pihak yang mendukung sekte tersebut. Salah satunya Min Hye Jin (Kim Hyun Joo) yang telah mengetahui lebih dulu bahaya yang akan dihadapi. Meskipun awalnya ia dan ibunya sudah bersiap melarikan diri, namun karena rasa penasaran untuk menguak kejahatan sekte New Truth membuatnya pergi ke tempat yang didatangi pendukung sekte tersebut. Alhasil, bukannya tertolong, Min Hye Jin justru harus kehilangan nyawa ibunya dan hampir kehilangan nyawanya sendiri.

Berdasarkan adegan ini, keselamatan diri dan orang terdekat bukanlah sesuatu yang bisa diabaikan. Profesionalitas dan keadilan juga penting, tapi jika harus mengorbankan diri dan keluarga, maka penyesalan yang lebih dalam bisa menghantui. Padahal kesempatan untuk menegakkan keadilan akan terbuka lebar selama masih hidup, sedangkan begitu nyawa hilang maka kesempatan itupun akan hilang.

2. Jangan mudah percaya pada siapapun

5 Pelajaran Penting dari Serial Netflix Hellbound, Awas Terlewat!Cuplikan Serial Netflix Korea Hellbound (instagram.com/netflixkr)

Terkadang orang-orang yang dipercaya sebenarnya tidak bisa dipercaya sepenuhnya. Setiap orang bisa menyembunyikan banyak rahasia gelap dalam diri mereka dan tidak menampilkan diri mereka yang sebenarnya pada orang lain. Tokoh Jung Jin Soo (Yoo Ah In) dalam serial ini bisa jadi sebagai potret paling tepat untuk hal tersebut. 

Jung Jin Soo merupakan pendiri sekte New Truth yang pertama kali menyebarkan kepercayaan palsu mengenai makhluk gaib yang muncul untuk menutupi rahasia gelapnya. Banyak orang yang akhirnya tertipu dan diam-diam menyebarkan kepercayaan tersebut hingga menjebak orang-orang yang tidak bersalah. Kepercayaan tersebut akhirnya membawa kekacauan dan ketakutan yang lebih besar dari kemunculan makhluk gaib itu sendiri.

Selalu bersikap waspada dan berpikir dengan jernih mungkin menjadi pesan tersirat dari serial ini agar masyarakat tidak mudah memercayai orang tanpa mengenal siapa dan bagaimana orang tersebut sebenarnya.

3. Jangan gegabah dalam mengambil keputusan

5 Pelajaran Penting dari Serial Netflix Hellbound, Awas Terlewat!Cuplikan Serial Netflix Korea Hellbound (instagram.com/netflixkr)

Saat orangtua yang baru melahirkan anaknya mendapat kabar bahwa anak mereka akan segera dibunuh dan dibawa ke neraka, tentu orangtua anak tersebut akan sangat ketakutan. Song So Hyun (Won Jin Ah) tanpa berdiskusi dengan suaminya Bae Young Jae (Park Jung Min), pergi ke sekte New Truth untuk meminta bantuan mereka. Keputusannya yang gegabah ini membuat Song So Hyun dan suaminya hampir kehilangan anak mereka karena New Truth ingin menyingkirkan anak tersebut.

Adegan ini menggambarkan bahwa dalam kondisi apapun, manusia tetap harus berpikir rasional dengan mempertimbangkan segala sesuatu ketika akan mengambil keputusan. Berdiskusi dengan orang terdekat yang dapat dipercaya juga merupakan salah satu langkah untuk menghindari pengambilan keputusan yang gegabah dan berbahaya.

Baca Juga: 10 Alasan Nonton Drakor Hellbound, Tayang 19 November

4. Jangan menjadi angkuh dan serakah

5 Pelajaran Penting dari Serial Netflix Hellbound, Awas Terlewat!Cuplikan Serial Netflix Korea Hellbound (instagram.com/netflixkr)

Keinginan berkuasa adalah naluri yang bisa dimiliki semua manusia karena pada dasarnya manusia memiliki dorongan untuk dihargai oleh manusia lainnya. Namun saat keinginan tersebut menjadikan manusia angkuh dan serakah, hal itu justru akan merugikan mereka dan orang sekitar. Apalagi jika sifat tersebut dimiliki oleh orang-orang yang dipercaya mayoritas masyarakat di dunia.

Para pengikut sekte New Truth memperlihatkan bagaimana keangkuhan dan keserakahan mereka menjadikan apapun bisa dilakukan untuk mencapai keinginan, termasuk kekerasan dan pembunuhan. Saat berhadapan dengan orang-orang yang bertentangan dengan mereka, alih-alih berusaha menyelesaikan masalah secara baik, mereka justru menyiksa dan membunuh orang-orang tersebut. Bahkan mereka membuatnya seolah-olah itu dilakukan oleh makhluk gaib.

Keangkuhan dan keserakahan manusia ini akhirnya justru membawa petaka untuk mereka sendiri, seperti yang terjadi pada beberapa pengikut sekte New Truth dan Arrowhead. Mereka ikut menjadi korban dari makhluk gaib yang mereka percaya sebagai utusan Tuhan.

Hal ini memberi pelajaran bahwa daripada menjadi angkuh dan serakah lalu mendapat karma karenanya, manusia bisa mencoba untuk lebih bersyukur dan hidup damai bersama orang-orang yang dicintai.

5. Tidak ada alasan yang membenarkan kejahatan untuk melawan kejahatan

5 Pelajaran Penting dari Serial Netflix Hellbound, Awas Terlewat!Cuplikan Serial Netflix Korea Hellbound (instagram.com/netflixkr)

Keinginan untuk membuat dunia bersih dari segala bentuk dosa dan kejahatan, tentu adalah keinginan yang baik. Meskipun hukum yang dibuat manusia di dunia tidak bisa selalu menjamin tercapainya hal tersebut, namun tidak berarti manusia harus keluar batas dan justru melakukan kejahatan untuk melawan kejahatan. 

Untuk membuat masyarakat takut berbuat dosa dan jahat, sekte New Truth dan Arrowhead justru berusaha mewujudkannya dengan melakukan kejahatan itu sendiri. Menipu masyarakat bahkan melakukan kekerasan dan pembunuhan. Meskipun, kejahatan yang dilakukan masyarakat umum semakin berkurang, tapi kejahatan yang dilakukan sekte tersebut justru semakin bertambah.

Kejahatan untuk melawan kejahatan hanya menjadi kejahatan dan tidak bisa dibenarkan. Jika masyarakat terbiasa membenarkan hal seperti itu, maka yang akan terjadi adalah kejahatan semakin tidak bisa dihapuskan.

Dengan total 6 episode, serial Hellbound ini mampu memberikan banyak pelajaran hidup yang masih sering terabaikan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun cerita dalam serial ini cukup mengerikan dan bisa membuat beberapa orang tidak nyaman, namun ada banyak pandangan baru mengenai sisi lain kehidupan yang bisa dipelajari.

Baca Juga: 6 Film dan Drama Korea tentang Aliran Sesat, Terbaru Hellbound

Antsa Zakia Photo Writer Antsa Zakia

A person who curious about everything, especially K-Entertainment ♡.♡

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya