Comscore Tracker

9 Aktor Korea Pernah Jadi Sutradara, Multitalenta Pol!

Di depan maupun di belakang layar, mereka tetap berkarya

Dalam membuat sebuah karya, baik KDrama maupun film Korea, banyak sekali pihak yang turut terlibat. Salah dua yang paling utama adalah adanya sutradara dan juga aktor Korea.

Menjadi seorang aktor berarti harus siap mendalami dan menghayati setiap peran yang dimainkan. Sedangkan menjadi sutradara berarti mampu memberikan arahan terhadap sang aktor, agar film atau drama yang akan ditayangkan memiliki hasil yang maksimal. Sutradara juga memiliki tanggung jawab untuk memegang kendali suatu karya dari pra produksi hingga pasca produksi.

Namun, apa jadinya jika seorang aktor Korea yang biasa di depan layar merambah profesinya menjadi seorang sutradara? Berikut deretan aktor Korea yang terjun menjadi sutradara!

1. Lee Jung Jae

9 Aktor Korea Pernah Jadi Sutradara, Multitalenta Pol!Lee Jung Jae ( instagram.com/from_jjlee/ )

Lee Jung Jae merupakan salah satu aktor yang tak perlu diragukan lagi aktingnya. Memulai debutnya pada tahun 1993 hingga sekarang, diketahui ia telah membintangi banyak drama dan film populer lainnya.

Namun di tahun 2022 ini, Lee Jung Jae kembali menampilkan karya terbarunya, bukan hanya sebagai aktor melainkan ia juga merangkap menjadi sutradara. Tak main-main, film berjudul Hunt yang ia garap pertama kali ditayangkan di 75th Cannes Film Festival pada tanggal 19 Mei.Film tersebut diundang ke Festival Film Cannes dalam kategori non-kompetitif.

2. Lee Je Hoon

9 Aktor Korea Pernah Jadi Sutradara, Multitalenta Pol!Lee Je Hoon ( instagram.com/leejehoon_official/ )

Pada tahun 2021 Lee Je Hoon dan sederet aktor lainnya mengambil bagian dalam sebuah proyek bertajuk Unframed. Proyek ini berisi kumpulan film pendek dimana para aktor yang akan menjadi sutradara dan juga penulis naskahnya.

Lee Je Hoon sendiri menyutradarai film pendek berjudul Blue Happiness. Bercerita tentang seseorang yang memasuki usia 20-an dan 30-an yang sedang memahami kehidupan. Menariknya, film pendek ini dibintangi oleh teman dekat Lee Je Hoon sesama aktor yakni Jung Hae In.

Film Blue Happiness juga tayang perdana pada Desember 2021 di Festival Film International Busan.

3. Park Jung Min

9 Aktor Korea Pernah Jadi Sutradara, Multitalenta Pol!Park Jung Min ( instagram.com/jungminpark87/ )

Selain Lee Je Hoon, aktor Park Jung Min juga ikut serta dalam proyek Unframed. Film pendek yang ia sutradari yakni berjudul Class Representative Election (2021) atau dengan judul lain I Don't Know (2021).

Bercerita tentang proses pemilihan ketua kelas di suatu sekolah dasar. Film ini juga dibintangi sejumlah aktor cilik seperti Kang Jee Seok dan Park Seung Joon.

Film yang digarap Park Jung Min pun tayang perdana di Festival Film International Busan.

4. Son Seok Koo

9 Aktor Korea Pernah Jadi Sutradara, Multitalenta Pol!Son Seok Koo ( instagram.com/sonsukku/ )

Aktor lainnya yang turut bergabung dalam proyek Unframed adalah Son Seok Gu. Film pendek yang ia sutradarai berjudul RERUN (2021), bercerita tentang perjalanan menarik antara seorang perempuan dan juga keponakannya ketika menuju ke sebuah acara pernikahan.

Son Seok Koo sendiri memang bercita-cita menjadi sutradara film dokumenter. Bahkan sebelum terjun ke layar kaca, Son Seok Koo lebih dulu menjadi Art Director untuk teater Burning Love.

5. Cha Tae Hyun

9 Aktor Korea Pernah Jadi Sutradara, Multitalenta Pol!Cha Tae Hyun ( instagram.com/blossom_entertainment/ )

Di tahun 2017 Cha Tae Hyun membintangi sebuah drama berjudul The Best Hit. Bukan hanya sebagai pemain, ia pun didapuk menjadi asisten sutradara di drama tersebut.

Alasan sang sutradara Yoo Ho Jin memilih Cha Tae Hyun untuk menjadi asistennya karena keduanya pernah terlibat kerja sama di acara ragam 2 Days 1 Night. Yoo Ho Jin merasa bahwa Cha Tae Hyun dapat diandalkan, selain itu Cha Tae Hyun sangat berpengalaman di bidang akting dan juga mampu mengubah sebuah naskah menjadi sebuah adegan yang menarik untuk ditampilkan di layar kaca.

Baca Juga: 13 Aktor Korea yang Jago Bela Diri, Terbiasa Tanpa Stuntman

6. Ha Jung Woo

9 Aktor Korea Pernah Jadi Sutradara, Multitalenta Pol!Ha Jung Woo ( instagram.com/hajungwookr/ )

Bukan hanya sebagai sutradara, Ha Jung Woo pun menjadi penulis skenario untuk film yang digarapnya. Debut pertama kali sebagai screenwriter dan director  pada tahun 2013 lewat film berjudul Fasten Your Seatbelt. Film ini pun dibintangi oleh aktor Jung Kyung Ho.

Sukses dengan film yang pertama, di tahun 2015 ia pun kembali menggarap sebuah film berjudul Chronicle Of A Blood Merchant dimana dirinya pun akan tampil di depan layar sebagai pemeran utama bersama dengan aktris Ha Ji Won.

Berkat film yang dia sutradarai, Ha Jung Woo pernah masuk nominasi di beberapa acara penghargaan bergengsi dan juga memenangkan penghargaan Most Promising Talent di Osaka Asian Film Festival 2014.

7. Jung Woo Sung 

9 Aktor Korea Pernah Jadi Sutradara, Multitalenta Pol!Jung Woo Sung ( instagram.com/tojws/ )

Pertama kali debut sebagai sutradara pada tahun 2014 melalui film berjudul The Killer and The Old Man. Bukan hanya sebagai sutradara saja, Jung Woo Sung pun diketahui sebagai penulis skenario untuk film pertama yang ia garap.

Selain screenwriter dan juga director, diketahui bahwa Jung Woo Sung pun pernah terlibat menjadi produser di sebuah film yang ia sendiri turut bermain menjadi pemeran utama yang berjudul Don't Forget Me (2016).

Di tahun 2021 ia pun kembali berkarya di balik layar dengan menggarap film berjudul A Man Of Reason yang dibintangi oleh sejumlah aktor papan atas seperti Kim Nam Gil, Park Sung Woong, hingga dirinya pun ikut bermain dalam jajaran pemeran utama.

8. Yoo Ji Tae

9 Aktor Korea Pernah Jadi Sutradara, Multitalenta Pol!Yoo Ji Tae ( twitter.com/TheDramaKorea/ )

Tahun 2003 aktor Yoo Ji Tae sudah berhasil menggarap film yang berjudul The Bike Boy. Bukan hanya sebagai sutradara saja, di film tersebut Yoo Ji Tae pun menjadi penulis skenario. Hingga saat ini Yoo Ji Tae diketahui telah menjadi sutradara di 5 film, dimana 4 diantaranya dia merangkap menjadi seorang penulis skenario.

Pada tahun 2009, Yoo Ji Tae kembali berada di belakang layar sebagai sutradara, dimana kali ini dia juga menjadi penulis skenario dan pemeran utama di film berjudul Invitation. Dia beradu akting dengan aktris Uhm Ji Won.

Berat karya-karyanya Yoo Ji Tae beberapa kali menjadi nominasi di ajang penghargaan bergengsi, hingga di tahun 2013 Yoo Ji Tae berhasil memenangkan penghargaan Jury Prize di 15th Deauville Asian Film Festival lewat film garapannya yang berjudul Mai Ratima (2013)

9. Son Ho Jun

9 Aktor Korea Pernah Jadi Sutradara, Multitalenta Pol!Son Ho Jun ( instagram.com/sonhojun_official/ )

Terakhir ada Son Ho Jun, aktor 37 tahun ini memulai debutnya sebagai sutradara pada tahun 2021 melalui film pendek A Wild Apricot. Terbilang cukup sibuk, karena di film ini dia merangkap 3 peran sekaligus yakni sebagai sutradara, penulis skenario hingga menjadi pemeran utama.

Dalam film pendek tersebut diceritakan bahwa Son Ho Jun yang berperan sebagai Youngshin merupakan seorang aktor terkenal namun ia merasa hidupnya penuh dengan kehampaan dan ia merasa kesepian.

Film pendek yang ia garap ini tayang perdana di akun YouTube Son Ho Jun, ia pun mencantumkan subtitle dalam filmnya hingga fans-nya di luar sana bisa menonton film yang dia sutradarai sendiri.

Menjadi sutradara saja tanggung jawabnya sudah sangat besar, ditambah merangkap menjadi pemeran utama atau bahkan penulis naskah. Membuat sang aktor Korea memegang tanggung jawab yang lebih besar lagi. Untuk itu, kita sebagai penonton, patut mengapresiasi karya-karya para aktor di atas, ya.

Baca Juga: 9 Aktor Korea Populer yang Jadi Adik Main Role di Drama Korea

Arti wiharti Photo Verified Writer Arti wiharti

eager to learn new things and don't give up ^ ^

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya