Comscore Tracker

5 Kesamaan Drama Secret Royal Inspector & Joy dan Secret Royal Agent

Pemeran utamanya sama-sama idol, lho 

Selain mengangkat genre romansa atau misteri, drama Korea pun tak jarang menyajikan drama bergenre sageuk atau sejarah. Korea Selatan memiliki banyak sejarah yang menjadi inspirasi dalam drama, salah satunya tentang inspektur rahasia kerjaan yang ada di era Dinasti Joseon.

Dilansir The Korea Times, inspektur rahasia kerajaan adalah pejabat yang ditunjuk secara khusus oleh raja guna melakukan penyamaran di sejumlah wilayah untuk mengawasi pejabat setempat, menghukum pejabat korup, dan menolong rakyat yang menderita.

Di tahun 2021 ini, diketahui ada drama Secret Royal Inspector & Joy yang mengangkat cerita tentang inspektur rahasia. Setahun sebelumnya, drama Secret Royal Agent tayang dengan isu cerita yang serupa.

Dua drama sageuk ini pun sama-sama menggandeng penyanyi idola sebagai pemeran utama. Kira-kira apa lagi kesamaan dari dua drama tersebut? Keep scrolling!

1. Mengangkat cerita tentang inspektur rahasia  

5 Kesamaan Drama Secret Royal Inspector & Joy dan Secret Royal Agentcuplikan drama Secret Royal Inspector Joy (instagram.com/tvn_drama) | cuplikan drama Secret Royal Agent (instagram.com/kbsdrama)

Drama Secret Royal Inspector & Joy dan Secret Royal Agent  sama-sama mengangkat kisah tentang inspektur rahasia yang ditunjuk untuk mengawasi pejabat di provinsi lokal.

Dalam  Secret Royal Inspector & Joy, Ra Yi Eon (Taecyeon 2PM) merupakan pejabat negara yang masih muda dan memiliki kemampuan memasak yang hebat. Saat mendengar rekan kerjanya membahas tentang inspektur rahasia kerajaan yang menghilang, Ra Yi Eon tidak merisaukannya karena merasa masih pejabat muda. Sebab banyak rekan kerjanya yang berhalangan menerima titah raja, Ra Yi Eon pun dipilih untuk menjalankan tugas sebagai inspektur rahasia.

Sedangkan Sung Yi Gyeom (Kim Myung Soo) di drama Secret Royal Agent merupakan penjabat negara yang tertangkap tengah melakukan perjudian. Sebagai hukumannya, ia ditunjuk menjadi inspektur rahasia kerajaan untuk menginvestigasi praktik korupsi oleh pejabat di provinsi lokal.

2. Menggandeng penyanyi idola sebagai pemeran utama  

5 Kesamaan Drama Secret Royal Inspector & Joy dan Secret Royal AgentTaecyeon di drama Secret Royal Inspector Joy (instagram.com/tvn_drama) | L INFINITE di drama Secret Royal Agent (instagram.com/kbsdrama)

Secret Royal Inspector & Joy menjadi drama sageuk pertama yang dibintangi Ok Taecyeon. Anggota boy group 2PM ini telah memulai karier beraktingnya sejak tahun 2010 lalu.

Di lain sisi, Secret Royal Agent dibintangi oleh Kim Myung Soo atau L INFINITE. Mengawali karier aktingnya di tahun 2011, Kim Myung Soo memiliki pengalaman berakting di drama sageuk, karena sebelumnya ia pernah membintangi drama Ruler: Master of The Mask (2017).

Baca Juga: 6 Artis Korea yang Pertama Kali Bintangi Drama Sageuk di 2021

3. Pemeran utama wanita yang tangguh dan percaya diri  

5 Kesamaan Drama Secret Royal Inspector & Joy dan Secret Royal AgentKim Hye Yoon di drama Secret Royal Inspector Joy (instagram.com/tvn_drama) | Kwon Na Ra di drama Secret Royal Agent (instagram.com/kbsdrama)

Kim Joy (Kim Hye Yoon) merupakan perempuan tangguh. Bagaimana tidak, saat banyak perempuan di zaman tersebut memiliki karakter penurut, Joy justru menjadi orang yang sangat percaya diri dan berjiwa bebas. Ia pun diketahui cukup tangguh untuk membela diri di depan mertua, bahkan sekelompok bandit.

Bukan hanya Kim Joy saja yang tangguh, Hong Da In (Kwon Na Ra) merupakan polisi wanita yang sering menyamar sebagai seorang gisaeng atau wanita penghibur. Memiliki paras yang memesona, Hong Da In juga punya kemampuan bela diri yang cukup hebat. Tak heran jika keduanya menjadi salah dua karakter perempuan tangguh.

4. Mengusung genre sageuk yang penuh dengan komedi

5 Kesamaan Drama Secret Royal Inspector & Joy dan Secret Royal Agentposter drama Secret Royal Inspector Joy (instagram.com/tvn_drama) | poster drama Secret Royal Agent (instagram.com/kbsdrama)

Baik drama Secret Royal Agent maupun Secret Royal Inspector & Joy, keduanya sama-sama mengusung genre sageuk yang berlatar di era Dinasti Joseon. Dua drama ini juga menggabungkan unsur komedi dalam ceritanya.

Tingkah laku dan interaksi antara Sung Yi Gyeom dan asistennya kerap mengundang gelak tawa. Sedangkan dalam drama Secret Royal Inspector & Joy, selain interaksi lucu antara Ra Yi Eon dan para asistennya, juga terdapat beberapa efek visual yang membuat adegan dalam drama ini lebih seru.

5. Asisten inspektur rahasia kerajaan yang kocak dan banyak bicara  

5 Kesamaan Drama Secret Royal Inspector & Joy dan Secret Royal Agentcuplikan drama Secret Royal Inspector Joy (instagram.com/tvn_drama) | cuplikan drama Secret Royal Agent (instagram.com/kbsdrama)

Ra Yi Eon memiliki dua asisten yang ikut menemani perjalanannya menuju Provinsi Chungcheong. Para asisten Ra Yi Eon ini digambarkan banyak bicara dan sering kali bertingkah kocak. Selain itu, tak jarang mereka mengeluhkan atau menggoda tindakan yang dilakukan tuannya.

Sedangkan Park Chun Sam (Lee Yi Kyung) merupakan asisten pribadi Sung Yi Gyeom. Saat Sung Yi Gyeom ditunjuk sebagai inspektur rahasia kerajaan, Park Chun Sam turut serta menemani perjalanannya. Ia memiliki karakter yang banyak bicara dan kocak. Interaksi antara Park Chun Sam dan Sung Yi Gyeom pun membuat jalan cerita makin seru.

Meskipun Secret Royal Agent dan Secret Royal Inspector & Joy memiliki beberapa kemiripan, tapi dua drama sageuk ini memiliki daya tariknya masing-masing. Kalau kamu lebih suka drama yang mana?

Baca Juga: 7 Fakta Drama Netflix Hunting Dogs, Comeback Woo Do Hwan setelah Wamil

Astri Supriyati Photo Verified Writer Astri Supriyati

An illegirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya