Comscore Tracker

Review Film Korea Decibel: Berpacu Melawan Suara dan Teror Bom

Akting Kim Rae Won hingga Lee Jong Suk juara!

Decibel tayang pertama kali di Korea Selatan pada Rabu (16/11/2022). Sedangkan tayang di Indonesia pada Rabu (30/11/2022) di CGV.

Film ini berkisah tentang Komandan Kang yang harus berpacu dengan waktu dan suara 100 desibel melawan teror bom. Belakangan, Komandan Kang menyadari jika keputusannya satu tahun lalu menjadi alasan teror bom terjadi.

Decibel (2022) menjadi comeback Kim Rae Won, Lee Jong Suk, hingga Cha Eun Woo di film layar lebar. Sebelum nonton, baca ulasan Decibel (2022) dulu yuk!

Peringatan: Artikel ini mengandung spoiler!

1. Akting Kim Rae Won, Lee Jong Suk, hingga Cha Eun Woo juara!

Review Film Korea Decibel: Berpacu Melawan Suara dan Teror BomStill cut film Korea Decibel (Imdb.com/Decibel [2022]/)

Kehadiran Kim Rae Won, Lee Jong Suk, hingga Cha Eun Woo menjadi daya tarik dari film Decibel (2022). Popularitas ketiga aktor di atas berbanding lurus dengan kemampuan akting yang disuguhkan.

Sebagai karakter utama, Kim Rae Won berhasil membuat penonton ikut memacu adrenalin selama film diputar. Selain itu, kehadiran Cha Eun Woo di awal babak pertama berhasil membuat para penonton bersorak.

Cha Eun Woo selalu berhasil memerankan karakter yang pendiam dan pemalu, tapi ceria. Namun kali ini, penonton bisa menyaksikan akting Cha Eun Woo yang lebih gloomy dan menyedihkan.

Di sisi lain, Lee Jong Suk akan mengejutkan penonton di babak ketiga film Decibel (2022). Lee Jong Suk menyuguhkan akting yang fresh dari karakter Kapten Jung Tae Seong.

2. Alurnya cepat dan tidak membosankan, tapi mudah ditebak!

Review Film Korea Decibel: Berpacu Melawan Suara dan Teror BomStill cut film Korea Decibel (Imdb.com/Decibel [2022]/)

Film Decibel (2022) cukup mencuri perhatian karena menyuguhkan kisah mantan komandan angkatan laut sebuah kapal selam. Selain itu, alur yang disuguhkan juga cenderung cepat dan tidak membuat penonton jenuh.

Meski alurnya cepat, film Decibel (2022) tidak terburu-buru menyampai adegan demi adegan. Sayangnya, beberapa kali penonton bisa menebak maksud dan twist yang sengaja film ini simpan.

Dengan durasi 110 menit, film ini menyuguhkan adegan yang padat dan tidak bertele-tele. Setiap adegan hadir untuk memperkuat cerita dan plot twist di babak ketiga film.

3. Sudut pengambilan gambar cenderung close up dengan gerakan kamera memutar

Review Film Korea Decibel: Berpacu Melawan Suara dan Teror BomStill cut film Korea Decibel (Imdb.com/Decibel [2022]/)

Keunikan lain hadir dari sudut pengambilan gambar yang dipilih. Selama film berlangsung, penonton kerap disuguhkan dengan sudut pengambilan gambar close up dan extreme close up.

Sudut pengambilan gambar ini memberikan efek yang lebih dramatis dan detail. Penonton seakan-akan dibuat masuk dan merasakan sendiri apa yang sebenarnya terjadi.

Selain itu, gerakan kamera memutar secara tidak beraturan membuat penonton ikut merasakan adrenalin yang para karakter rasakan. Beberapa kali sang filmmaker juga menghadirkan sudut pengambilan gambar eye level dari mata Komandan Kang atau Kim Rae Won.

Bagi penonton yang sudah menyaksikan adegan pertandingan sepak bola di stadion, mungkin akan sedikit merasa pusing dan tidak fokus. Karena gerakan kamera yang terlihat abstrak dan bergerak tidak mulus.

Baca Juga: Review The School for Good and Evil, Kisah Anak Princess dan Villain!

4. Pemilihan properti dan latar lokasi menunjang nyawa setiap adegan

Review Film Korea Decibel: Berpacu Melawan Suara dan Teror BomStill cut film Korea Decibel (Imdb.com/Decibel [2022]/)

Pemilihan properti dan latar lokasi yang dipilih juga menambah nyawa dari setiap adegan. Secara garis besar, penonton hanya disuguhkan perjuangan Komandan Kang melawan teror bom.

Ia pergi dari satu tempat ke tempat lain untuk menyelamatkan orang lain dan keluarganya. Hanya saja, cara sang filmmaker mengemas detail demi detail perlu diacungi jempol.

Seperti pemilihan model mobil jeep yang ditumpangi Komandan Kang dan Reporter Oh Dae Oh (Sang Hoon Jung). Tujuannya karena mereka akan melewati jalan-jalan kecil dan menabrak berbagai material jalan.

Film ini tidak akan terlihat masuk akal jika bom diletakkan di lokasi yang sepi dan minim pengunjung. Maka dari itu, stadion sepak bola hingga kolam renang menjadi lokasi yang dipilih.

5. Bernuansa dark, tapi masih kental dengan ciri khas drama Korea

Review Film Korea Decibel: Berpacu Melawan Suara dan Teror BomStill cut film Korea Decibel (Imdb.com/Decibel [2022]/)

Decibel (2022) menyuguhkan genre action dan thriller. Film Korea dengan genre seperti ini cenderung menyuguhkan nuansa yang kelam dan gelap.

Penggambaran serupa juga akan penonton rasakan saat menyaksikan film Decibel (2022). Hanya saja, film ini akan mudah diterima para penonton yang menyukai drama Korea.

Adegan-adegan yang kurang masuk akal akan diterima oleh para penonton dengan baik. Contohnya, saat Reporter Oh Dae Oh dan Jang Yu Jeong (Lee Sang Hee), istri Komandan Kang terkena ledakan bom.

Keduanya sama-sama selamat dan hanya menerima sedikit luka gores. Selain itu, Komandan Kang yang sudah terkena ledakan bom masih sanggup berdiri bahkan mengejar peneror bom.

Komandan Kang juga mampu melompat dari satu lantai ke lantai lain tanpa cedera yang berarti. Ia masih sanggup berdiri, bahkan berlari dengan cepat.

Jika di kehidupan nyata, rentetan kejadian tersebut kemungkinan membuat Komandan Kang tergeletak lemah tak berdaya. Terlepas dari itu, aksi laga Kim Rae Won tetap patut dipuji.

6. Selingan komedi di sela-sela pacuan adrenalin

Review Film Korea Decibel: Berpacu Melawan Suara dan Teror BomStill cut film Korea Decibel (Imdb.com/Decibel [2022]/)

Satu lagi keunggulan yang membuat film ini menarik, yaitu selingan komedi yang disuguhkan oleh Reporter Oh Dae Oh (Sang Hoon Jung). Pujian juga perlu diberikan pada Sang Hoon Jung yang berhasil membawa penonton di dalam studio tertawa.

Terlebih lagi, lelucon yang ia lontarkan mayoritas hadir dari monolog, bukan dialog bersama karakter lain. Walaupun hadir untuk membangkitkan suasana komedi, Reporter Oh juga menjadi karakter kunci di drama ini.

Tanpa Reporter Oh, Komandan Kang tidak akan bisa menyelesaikan teror bom yang menimpanya. Selain itu, film ini akan terasa sedikit membosankan tanpa selingan komedi dari karakter Reporter Oh.

Penonton sudah bisa menyaksikan Decibel mulai Rabu (30/11/2022) di CGV. Dari segala kelebihan dan kekurangan, penulis memberikan nilai 8,5/10.

Baca Juga: Review 20th Century Girl, Ceritanya Klise tapi Tetap Menarik

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya