Comscore Tracker

5 KDrama Ini Mengangkat Isu Penampilan Fisik, Penuh Pesan Moral

Penampilan fisik bukanlah segalanya

Selain kisah cinta manis yang membuat penonton berbunga-bunga, KDrama juga mengandung banyak pesan moral tentang kehidupan sosial. Salah satunya, standar kecantikan. Penghakiman orang yang hanya didasari oleh penampilan fisik jelas bukan hal baik.

Sama halnya seperti kisah di lima KDrama ini yang mengungkap banyak konflik relatable dengan kehidupan para perempuan zaman sekarang. Drama tersebut juga memberi banyak pesan moral yang membantu penontonnya untuk lebih percaya diri. Apa saja judulnya?

1. My ID is Gangnam Beauty (2018)

https://www.youtube.com/embed/4fRJAHNy5nM

Dibintangi oleh Im Soo Hyang dan Cha Eun Woo, My ID is Gangnam Beauty menceritakan tentang seorang mahasiswa baru bernama Kang Mi Rae (Im Soo Hyang). Ia digambarkan sebagai gadis yang semasa remajanya di-bully karena tampilan fisiknya.

Ia pun memutuskan untuk melakukan operasi plastik dan memulai kehidupan “baru” saat kuliah. Namun tanpa diduga, ia malah bertemu dengan teman SMP-nya di kampus, Do Kyung Suk (Cha Eun Woo).

Di samping kisah romansa yang manis dan bikin baper, drama ini juga mengajarkan penonton untuk tidak menilai orang berdasarkan penampilannya. Kecantikan yang sesungguhnya terpancar dari dalam, bukan dari luar.

2. True Beauty (2020) 

https://www.youtube.com/embed/f9U7pReLDB4

Sesuai judulnya, KDrama True Beauty mencari kecantikan sejati dalam diri seseorang. Ceritanya berpusat pada Lim Ju Kyung (Moon Ga Young) yang setelah pindah sekolah dikenal sebagai gadis cantik. Penampilannya yang berubah itu terjadi setelah ia mempelajari keterampilan tata rias wajah dari YouTube.

Namun, semua berubah ketika Lee Su Ho (Cha Eun Woo) mengetahui wajah aslinya tanpa make up. Keduanya pun semakin dekat dan saling berbagi rahasia bersama. Dari sinilah kisah romansa antara Lim Ju Kyung dan Lee Su Ho dimulai.

Baca Juga: 12 Pemain True Beauty yang Comeback di KDrama 2022, Ada yang Reuni!

3. She Was Pretty (2015)

https://www.youtube.com/embed/zRgNJ_LtC68

Saat masih kecil, Kim Hye Jin (Hwang Jung Eum) dikenal sebagai gadis imut dan cantik yang menjalani kehidupan nyaman sebagai anak orang kaya. Namun beranjak remaja, baik penampilan maupun kekayaannya berubah drastis.

Kini, Kim Hye Jin pun tinggal bersama seorang teman dan merupakan pegawai paruh waktu di toko serba ada. Ketika Ji Sung Joon, teman masa kecilnya mengajak bertemu tiba-tiba, Hye Jin pun tidak mau mengecewakannya. Sehingga ia meminta sahabatnya yang berparas cantik untuk menggantikannya.

She Was Pretty mengajarkan pennton untuk percaya diri. Sebab, sebenarnya kecantikan alami datang ketika bisa mencintai diri sendiri apa adanya.

4. Birth of a Beauty (2014)

https://www.youtube.com/embed/PDWhxpgkfTc

Karakter Sa Geum Ran merupakan seorang ibu rumah tangga baik hari yang kelebihan berat badan sehingga diperlakukan buruk oleh mertuanya. Sakit hatinya kian bertambah ketika suaminya yang baru pulang dari Amerika Serikat justru menggugat cerai dirinya dan menikah lagi.

Untuk membalas dendam, Geum Ran meminta tolong pada Han Tae Hee, seorang laki-laki yang juga patah hati untuk mengubahnya menjadi wanita cantik. Geum Ran ingin membalas dendam pada suaminya.

Dari Birth of a Beauty, penonton bisa mengambil pelajaran untuk tidak memperlakukan orang semena-mena hanya berdasarkan penampilan. Penampilan fisik bisa diubah, tapi hati tidak.

5. Oh My Venus (2015)

https://www.youtube.com/embed/YKhN7S4nMBA

Di samping pencapaiannya sebagai pengacara sukses, Kang Joo Eeun (Shin Min Ah) masih diperlakukan semena-mena oleh rekan kerjanya karena berat badan. Ketika pacarnya yang sudah 15 tahun berpacaran dengannya membuang ia begitu saja karena alasan yang sama, Kang Joo Eun kemudian bertekad duntuk mengubah penampilannya.

Ia meminta tolong kepada seorang personal trainer, Kim Young Ho (So Ji Sub) untuk menurunkan berat badan. Namun semakin sering mereka menghabiskan waktu bersama, justru tumbuh perasaan pada satu sama lain.

Lima drama di atas mengajarkan penonton, bahwa penampilan fisik bukanlah segalanya. Oleh karena itu, jangan minder karena penampilan fisikmu.Menjaga penampilan itu penting, tapi jangan sampai membuat kamu justru terobsesi hingga menghakimi orang lain atau diri sendiri.

Baca Juga: 9 Aktor Korea Populer yang Jadi Adik Main Role di Drama Korea

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

sedang mengetik ...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya