Comscore Tracker

6 Pelajaran yang Dapat Dipetik dari Drama Korea Happiness

Semua akan indah pada waktunya

Drama Korea Happines sudah berakhir pada Sabtu, 11 Desember 2021 lalu. Meski memiliki banyak penonton setia yang berharap dengan penambahan episodenya, drama ini tetap konsisten berakhir dengan 12 episode. Episode terakhir pun berhasil memperoleh rating tertinggi di sepanjang episode penayangan.

Di samping ketegangannya karena wabah penyakit orang gila yang semakin mengancam nyawa dan konflik antar pemain, drama ini memiliki banyak pelajaran bagi penonton. Simak ulasannya berikut!

1. Mengajarkan arti ketulusan

6 Pelajaran yang Dapat Dipetik dari Drama Korea HappinessHan Hyo Joo dan Park Hyung Sik dalam cuplikan drama korea happiness (instagram.com/tvn_drama)

Karakter utama wanita drama Korea Happiness, yaitu Yoon Sae Bom mengajarkan kita cara mencintai dengan tulus. Di episode terakhir, Sae Bom yang sudah berhasil keluar dari apartemen yang masih dikarantina berusaha keras untuk kembali ke apartemen untuk menyelamatkan suami tercintanya.

Meskipun suaminya, Jung Yi Hyun sudah terinfeksi penyakit orang gila, namun Sae Bom tetap mencintai dan menerima kondisi Yi Hyun apa adanya. Sae Bom berkata kepada Yi Hyun, “Seperti apapun kamu, aku tidak keberatan dengan semuanya”.

2. Pentingnya rasa kemanusiaan

6 Pelajaran yang Dapat Dipetik dari Drama Korea HappinessHan Hyo Joo dan Park Hyung Sik dalam cuplikan drama korea happiness (instagram.com/hanhyojoo222)

Sae Bom dan Yi Hyun mengajari kita untuk tetap memiliki rasa kemanusiaan dalam kondisi apapun. Mereka tetap menghargai orang yang telah terinfeksi penyakit orang gila karena bagaimanapun mereka tetap manusia.

Meskipun penyakit tersebut sangat berbahaya, Sae Bom dan Yi Hyun tetap berusaha menyelamatkannya. Bahkan mereka tidak pernah berniat sekalipun untuk membunuh orang yang telah terinfeksi.

3. Pengkhianatan akan berbuah penyesalan

6 Pelajaran yang Dapat Dipetik dari Drama Korea HappinessPark Hyoung Soo dan Moon Ye Won dalam cuplikan drama korea happiness (dok.iQiyi/Happiness)

Pengacara Kook Hae Seong yang jelas-jelas sudah beristri telah berselingkuh dengan Woo Sang Hee yang merupakan wanita simpanan Oh Ju Hyung. Setelah istrinya mengetahui bahwa dirinya dikhianati, ia langsung memutuskan hubungannya dengan Kook Hae Seong.

Namun, di episode terakhir Kook Hae Seong terlihat menyesali perbuatan tersebut. Apalagi ternyata selingkuhannya tersebut sangat terobsesi dengan uang.

Baca Juga: 5 Makna Kebahagiaan dari Drama Thriller Happiness

4. Terlalu berambisi akan menghancurkan diri sendiri

6 Pelajaran yang Dapat Dipetik dari Drama Korea HappinessBae Hae Sun dalam cuplikan drama korea happiness (instagram.com/tvn_drama)

Memang benar, memiliki ambisi itu sebenarnya bagus. Namun jika ambisinya terlalu berlebihan bahkan sampai menyakiti orang lain, pada akhirnya itu hanya akan menghancurkan diri sendiri.

Seperti yang terjadi pada bu Oh Yeon Ok, dia terlalu berambisi menjadi perwakilan penghuni apartemen. Bahkan dia rela menyakiti orang lain demi ambisinya tersebut. Pada akhirnya, dia justru kehilangan suami tercintanya dan menjadi depresi. Ia pun didakwa di pengadilan atas kejahatannya.

5. Sesulit apapun masalah pasti ada jalan keluarnya

6 Pelajaran yang Dapat Dipetik dari Drama Korea HappinessPark Hyung Sik dan Han Hyo Joo dalam cuplikan drama korea happiness (instagram.com/tvn_drama)

Wabah penyakit orang gila yang semakin menyebar membuat semua orang khawatir dan ketakutan. Namun pada akhirnya berhasil mereda dan ditemukan obat dari penyakit orang gila tersebut.

Obat itu dibuat dari plasma darah dari orang yang memiliki antibodi terhadap penyakit tersebut. Setelah satu tahun, Sae Bom dan Yi Hyun terlihat begitu bahagia, karena masa karantina telah berakhir dan kondisi pun kembali normal.

6. Orang yang egois dan serakah akan menghancurkan dirinya sendiri

6 Pelajaran yang Dapat Dipetik dari Drama Korea HappinessBaek Hyun Jin dan Lee Jo Seung dalam cuplikan drama korea happiness (instagram.com/tvn_drama)

Dokter Oh Ju Hyung pada akhirnya dikhianati oleh selingkuhannya dan didakwa di pengadilan karena kejahatannya. Andrew yang merupakan psikopat pun juga telah mendapat hukuman berujung maut karena telah mencoba membunuh Yi Hyun dan Sae Bom serta telah membunuh banyak orang yang tidak bersalah. Pada akhirnya orang-orang ini justru menghancurkan dirinya sendiri karena sifat serakah dan egoisnya.

Meski drama Happiness sudah berakhir, namun chemistry yang dibangun para pemain membuat penonton sulit untuk move on. Apalagi Yi Hyun dan Sae Bom sudah mengakui perasaannya satu sama lain, semakin membuat penonton tidak rela bahwa drama ini telah berakhir.

Desi Satiyaningsih Photo Writer Desi Satiyaningsih

Seseorang yang sangat menyukai kucing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya