Comscore Tracker

8 Lagu Debut Grup KPop yang Berhasil Raih Predikat Real Time All Kill

Didominasi grup YG Entertainment, nih!

Dalam industri KPop terdapat sejumlah sertifikasi yang diberikan untuk lagu-lagu yang sukses di tangga musik, salah satunya adalah Real Time All-Kill (RAK). Sebuah lagu dapat dikatakan meraih RAK jika berhasil memuncaki enam tangga lagu utama Korea secara real time.

Meskipun disebut lebih mudah untuk diraih dibandingkan Certified All-Kill (CAK) dan Perfect All-Kill (PAK), tidak semua grup bisa mencapai prestasi ini apalagi ketika baru saja debut. Namun, delapan grup KPop berikut ini berhasil mendobrak industri dengan mendapatkan sertifikasi RAK lewat lagu debut mereka.

1. "Fire" - 2NE1

https://www.youtube.com/embed/49AfuuRbgGo

Tahun 2009 menjadi tahun debut 2NE1 yang merupakan grup cewek kedua bentukan YG Entertainment setelah Big Mama di 2003. Grup yang digawangi oleh CL, Sandara Park, Park Bom, dan Minzy itu memulai debutnya dengan lagu berjudul "Fire".

2NE1 menggunakan konsep girl crush yang unik sejak awal kemunculannya sehingga dengan cepat menjadi pesaing yang kuat. Meraih sertifikasi RAK dengan lagu debutnya merupakan prestasi yang patut diapresiasi. Dengan begitu, "Fire" menjadi lagu debut grup KPop pertama yang berhasil meraih RAK.

2. "Bad Girl Good Girl" - Miss A

https://www.youtube.com/embed/8TeeJvcBdLA

Miss A memulai debut mereka di bawah naungan JYP Entertainment pada tahun 2010 dengan single-album bertajuk Bad But Good. Terdiri dari empat lagu, "Bad Girl Good Girl" sebagai title track berhasil mendapatkan peringkat atas di enam tangga lagu secara bersamaan dan meraih RAK.

Prestasi yang diraih Miss A dengan lagu debutnya gak sampai di situ saja. "Bad Girl Good Girl" juga mengantarkannya menjadi satu-satunya grup KPop yang memenangkan Daesang untuk kategori Song of the Year dengan lagu debut di acara Mnet Asian Music Awards.

3. "Empty" - WINNER

https://www.youtube.com/embed/gEqlF5N8UMs

Melalui survival show Mnet bertajuk WIN: Who is Next? pada tahun 2014, anggota tim A yang kini dikenal dengan nama WINNER berhasil raih kesempatan debut. Setelah melalui beberapa kali penundaan, grup tersebut akhirnya resmi debut pada tanggal 17 Agustus 2014 dengan lagu utama berjudul "Empty".

Lagu tersebut berhasil menjadikan WINNER sebagai grup KPop yang membawa pulang piala acara musik tercepat, yaitu dalam waktu 4 hari setelah dirilis. Tak cuma itu, "Empty" juga berhasil meraih peringkat pertama secara real time di situs musik utama Korea dan mencapai sertifikasi Real Time All-Kill.

4. "My Type" - iKON

https://www.youtube.com/embed/ZS6vfv4sszg

iKON melalui beragam tantangan untuk bisa melakukan debut. Para member adalah tim B yang berjuang di WIN: Who is Next? (2013) yang tidak berhasil menang. Akhirnya, YG Entertainment pun kembali menggelar survival show  bertajuk Mix & Match (2014) untuk membentuk formasi akhir iKON yang terdiri dari tujuh member.

Setelah acara tersebut berakhir, iKON secara resmi melangsungkan debutnya pada 15 September 2015. Track berjudul "My Type" menjadi lagu debut grup naungan YG ketiga yang berhasil meraih sertifikasi RAK. Mereka juga merupakan grup cowok pertama dari generasi ketiga yang mencapai sertifikasi Certified All Kill (CAK), yaitu berhasil memuncaki tangga lagu secara real time dan daily.

5. "Whistle" - BLACKPINK

https://www.youtube.com/embed/dISNgvVpWlo

Menyusul kesuksesan dari para seniornya, BLACKPINK juga berhasil mendapatkan sertifikasi RAK untuk lagu debutnya yang berjudul "Whistle". Saat itu, BLACKPINK melangsungkan debut pada 8 Agustus 2016 dengan dua lagu utama, yaitu "BOOMBAYAH" dan "Whistle" yang sama-sama mencetak kesuksesan.

Selain meraih sertifikasi RAK, "Whistle" juga menjadi satu-satunya lagu debut grup KPop yang mencapai sertifikasi chart music tersulit, yaitu Perfect All-Kill (PAK). Di sisi lain, "BOOMBAYAH" juga mendapat popularitas besar secara global dan menjadi MV debut KPop pertama yang mencapai 1 miliar penayangan di YouTube.

6. "Energetic" - Wanna One

https://www.youtube.com/embed/EVaV7AwqBWg

Produce 101 Season 2 (2017) berakhir dengan jumlah 11 anggota tim debut dari 101 trainee yang tergabung dalam acara. Grup yang diberi nama Wanna One tersebut memiliki popularitas tinggi dan menjadi pesaing kuat EXO dan BTS yang merupakan boy group terbesar di generasi ketiga.

Melakukan debut pada 7 Agustus 2017 di bawah Swing Entertainment dan CJ E&M, Wanna One cetak rekor dengan lagu "Energetic". Lagu utama dari mini-album bertajuk 1×1=1 (To Be One) tersebut mampu meraih sertifikasi RAK dan menjadi lagu debut dengan kemenangan terbanyak kedua setelah Seo Taiji and Boys di sepanjang sejarah KPop. "Energetic" mengumpulkan total 15 piala, lho.

7. "Flash" - X1

https://www.youtube.com/embed/LlQEKB2H7z4

Satu lagu boy group jebolan Produce series yang sukses di pasaran datang dari X1. Grup yang digawangi 11 anggota tersebut mencetak kesuksesan dengan "Flash". Album debut mereka yaitu Quantum Leap juga mencapai angka penjualan yang fantastis untuk ukuran album debut yaitu tembus 416 ribu copy hanya dalam 4 hari.

Gak cuma meraih RAK, lagu "Flash" juga punya rekor dalam jumlah views YouTube untuk MV debut grup cowok generasi keempat. MV "Flash" masih memegang rekor sebagai MV boy group generasi keempat yang paling cepat meraih 100 juta views, yaitu dalam 334 hari. Meskipun bubar dalam waktu singkat, pencapaian X1 tetap mampu bersaing dengan grup yang debut belakangan ini.

8. "Attention" - NewJeans

https://www.youtube.com/embed/js1CtxSY38I

Grup baru dari agensi ADOR di bawah HYBE Labels, yakni NewJeans muncul sebagai pesaing baru untuk mendapatkan penghargaan Rookie of the Year di tahun 2022 ini. Grup yang digawangi lima cewek ini membuat debut yang berkesan dengan tiga lagu utama di mini-album debut mereka yang berjudul NewJeans.

Dengan lagu "Attention" yang MV-nya dipublikasikan pada 21 Juli lalu sebelum secara dirilis secara digital pada 1 Agustus 2022, NewJeans berhasil mencapai sertifikasi RAK. Dengan pencapaian tersebut, NewJeans menjadi grup rookie generasi keempat di tahun 2022 yang berhasil mencapai RAK tercepat, yaitu dalam waktu 10 hari setelah debutnya.

Deretan grup di atas berhasil memasuki industri KPop dengan pencapaian yang luar biasa untuk ukuran grup yang baru debut. Gak cuma lagunya saja yang berkualitas, performa panggung mereka sebagai rookie juga gak kalah memikat, ya.

Baca Juga: 12 Penulisan Nama Grup KPop yang Sering Salah, Ada Grup Favoritmu?

Dwi Nantari Photo Verified Writer Dwi Nantari

Halo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya