Comscore Tracker

8 Pelajaran Berharga dari Warga Gongjin di Hometown Cha-Cha-Cha

Banyak pesan moral

Siapa yang suka banget sama drama Hometown Cha-Cha-Cha? Hometown Cha-Cha-Cha bercerita tentang seorang dokter gigi bernama Yoo Hye Jin yang membuka klinik di desa Gongjin. Karena berasal dari Seoul, dia mengalami kesulitan beradaptasi dengan lingkungan di sana.

Gak hanya menceritakan kisah romantisme dari sang karakter utama. Drama ini uga menyisipkan pesan moral dari berbagai karakter pendukung di desa Gongjin. Pesan moralnya bisa membuat kamu memahami sesuatu deh!

1. Berhati-hatilah ketika kamu berbicara

8 Pelajaran Berharga dari Warga Gongjin di Hometown Cha-Cha-ChaShin Min Ah dan Kim Young Ok di Hometown Cha-Cha-Cha (dok. tvN/Hometown Cha-Cha-Cha)

Ketika kamu berbicara dengan seseorang, jangan sampai kamu menyakiti lawan bicaramu. Mungkin kamu bermaksud baik dan perkataanmu memang benar. Namun gak semua orang bakal menerima perkataanmu jika kamu gak mengatakannya secara baik-baik.

Contohnya saat Hyejin berbicara kasar pada nenek Gamri yang gak mau berobat gigi. Perkataan Hyejin memang benar soal risiko penanganan gigi, tapi karena Hyejin berkata secara blak-blakan, nenek Gamri akhirnya marah dan gak mau berobat. Pada akhirnya Hyejin mampir langsung ke rumah nenek Gamri untuk membujuknya.

2. Dari suatu tindakan seseorang, ada alasan di balik itu semua

8 Pelajaran Berharga dari Warga Gongjin di Hometown Cha-Cha-ChaKim Seon Ho dan Shin Min Ah di Hometown Cha-Cha-Cha (instagram.com/tvn_drama)

Di balik sebuah tindakan seseorang, ada suatu alasan kenapa seseorang bisa melakukan itu. Faktor kehidupan masa lalu biasanya yang paling berpengaruh pada sifat seseorang. Contohnya sifat Hyejin yang blak-blakan ngomong kasar dan tegas.

Ketika Du Shik mencoba berpikir dari sudut pandang Hyejin, dia akhirnya mengerti kalau ini berawal dari ibunya yang sakit-sakitan. Hyejin merasa seharusnya ibunya tak perlu menyembunyikan rasa sakitnya dan dia hanya ingin orang tuanya selalu sehat agar berada di sisinya.

Baca Juga: Resmi Tamat, 5 Kesan Istimewa dari Pemain dan Kru Hometown Cha-Cha-Cha

3. Bersyukurlah pada hal yang dimiliki, semua orang berhak bahagia

8 Pelajaran Berharga dari Warga Gongjin di Hometown Cha-Cha-ChaLee Sang Yi sebagai Ji Seong Hyeon di Hometown Cha-Cha-Cha (instagram.com/tvn_drama)

Kehilangan sesuatu atau seseorang di hidupmu pasti rasanya berat. Hidup seperti ada yang kurang, bahkan bisa terbesit kalau kamu adalah penyebab dari kehilangan hal tersebut.

Contohnya Ji Seong Hyeon yang kehilangan Hyejin karena sudah terlambat, Du Shik yang kehilangan orang disayanginya yang membuatnya trauma, lalu Hyejin yang kehilangan ibunya membuatnya menyesal gak bisa membahagiakan ibunya.

Walaupun kamu sempat kehilangan sesuatu, bukan berarti kamu kehilangan yang lain. Sadari sekelilingmu terhadap apa yang kamu miliki sekarang. Jangan bersedih karena kamu juga berhak bahagia.

4. Jangan paksa seseorang untuk terbuka pada kita

8 Pelajaran Berharga dari Warga Gongjin di Hometown Cha-Cha-ChaKim Seon Ho dan Shin Min Ah di Hometown Cha-Cha-Cha (instagram.com/tvn_drama)

Penasaran akan sesuatu itu memang sudah sifat alamiah manusia. Kalau udah penasaran pasti kamu akan mencoba mengorek informasi sampai ketemu. Gak ketemu? Tanya langsung orangnya!

Namun, bukan berarti kamu bisa mendapatkan jawabannya langsung, apalagi menyangkut hal privasi yang orangnya sendiri gak mau bicarakan. Mungkin saja hal yang mudah bagi kamu bicarakan itu sulit dibicarakan oleh orang lain. Jadi lebih baik kamu tunggu sampai orang itu mau terbuka padamu.

5. Kalau ada salah, gak usah takut minta maaf

8 Pelajaran Berharga dari Warga Gongjin di Hometown Cha-Cha-ChaIn Gyo Jin sebagai Jang Yeong Guk di Hometown Cha-Cha-Cha (instagram.com/tvn_drama)

Setiap orang pasti punya kesalahan, baik itu disengaja ataupun gak disengaja. Ketika kamu sudah menyadari bahwa dirimu salah, kamu harus segera minta maaf. Menunda-nunda permintaan maaf itu justru akan membawamu kepada masalah yang lebih besar, bahkan bisa membuatmu menyesal nantinya.

6. Jangan asal judge sebelum tahu kebenarannya

8 Pelajaran Berharga dari Warga Gongjin di Hometown Cha-Cha-ChaCha Chung Hwa dan Lee Bong Ryun di Hometown Cha-Cha-Cha (instagram.com/tvn_drama)

Warga Gongjin punya orang yang selalu jadi biang gosip nih, yaitu Jo Nam Suk. Dia seneng banget menyebarkan berita-berita kepada warga Gongjin. Entah itu benar atau gak beritanya, pokoknya sebar dulu!

Namun yang jadi masalah, Nam Suk gak mengkonfirmasi dulu beritanya sebelum dia sebar. Hal ini membuat Hyejin marah ketika warga Gongjin bergosip soal Hyejin yang tidur di rumah Du Shik. Karena berita itu, warga Gongjin jadi menjodoh-jodohkan mereka padahal keduanya gak ada hubungan apa-apa.

7. Jalan hidup semua orang berbeda-beda, ada yang lurus dan ada yang berliku

8 Pelajaran Berharga dari Warga Gongjin di Hometown Cha-Cha-ChaJo Han Chul sebagai Oh Chun Jae di Hometown Cha-Cha-Cha (instagram.com/tvn_drama)

Oh Chun Jae selalu membanggakan dirinya yang pernah debut sebagai penyanyi walaupun dia gak terkenal sama sekali. Hal ini membuat Hyejin semakin lama merasa risih mendengarnya. Pada akhirnya dia ketahuan sedang menjelek-jelekan dan mempertanyakan Chun Jae sebagai penyanyi.

Du Shik yang juga kecewa pada sikap Hyejin lalu menceramahi kalau gak semua orang jalan hidupnya itu semulus jalan tol. Ada orang yang langsung berhasil meraih mimpinya, tapi ada juga orang yang butuh kerja keras untuk mendapat apa yang diinginkannya.

8. Jangan menahan perasaan sendirian

8 Pelajaran Berharga dari Warga Gongjin di Hometown Cha-Cha-ChaLee Bong Ryun sebagai Yeo Hwan Jeong di Hometown Cha-Cha-Cha (instagram.com/tvn_drama)

Ketika kamu punya suatu masalah, lebih baik kamu ceritakan pada teman terdekat yang paling kamu percayai. Menahan perasaanmu justru akan membawa efek yang buruk untuk dirimu sendiri. Kamu akan terus merasa sedih dan gak bisa melepaskan beban di hatimu.

Walaupun sudah tamat, Hometown Cha-Cha-Cha masih berkesan di hati penonton sebagai drama healing terbaik. Bagi kamu yang sudah menonton, pesan moral apa sih yang kamu dapatkan dari drama ini?

Baca Juga: Ada Hometown Cha-Cha-Cha, Ini 6 Drama Korea dengan Ending Pernikahan 

Essi Rosilawati Photo Verified Writer Essi Rosilawati

Korean dramas addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya