Comscore Tracker

Rekomendasi 11 Destinasi Wisata ala Drama My Roommate Is A Gumiho

Mana yang ingin kalian kunjungi?

My Roommate Is A Gumiho telah mengakhiri masa penayangannya sejak 15 Juli lalu. Drama bergenre romance fantasi yang dibintangi Jang Ki Yong, Hyeri, Kang Han Na, dan Kim Do Wan ini sukses menarik perhatian para penggemar drama dengan rating yang tinggi.

Selain para pemain yang tidak diragukan lagi kualitas aktingnya, pemilihan lokasi syuting pun menarik perhatian para penggemar. Bahkan, tak sedikit yang penasaran ingin ke sana. Kira-kira di mana saja tempat-tempat tersebut? Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. Gwanghalluwon Garden 

Rekomendasi 11 Destinasi Wisata ala Drama My Roommate Is A GumihoPark Kyung Hye dan Hyeri di Gwanghalluwon Garden (instagram.com/hyeri_0609)

Pada episode pertama, Lee Dam (Hyeri) dan sahabatnya, Choi Soo Kyung (Park Kyung Hye) mengunjungi Gwanghalluwon Garden. Hal tersebut mereka lakukan dalam rangka mengerjakan tugas kuliah tentang istana Joseon.

Lee Dam menyewa hanbok ala ratu Joseon, sedangkan Soo Kyung mengenakan baju pelayan. Keduanya berakting bak ratu dan pelayan pada era Joseon di atas jembatan tepat di depan paviliun Gwanghallu.

Gwanghalluwon Garden merupakan komplek taman kuno yang dibangun pada tahun 1419 di bawah pemerintahan Raja Sejong. Taman ini dikenal sebagai tempat ‘kelahiran’ legenda rakyat Yi Mong Ryong dan Chunhyang alias Romeo and Juliet-nya Korea Selatan. Lokasinya berada di 447, Yocheon-ro, Kota Namwon, Provinsi Jeollabuk.

2. Jeonju Hanok Village 

Rekomendasi 11 Destinasi Wisata ala Drama My Roommate Is A Gumihoadegan pertemuan pertama Lee Dam dan Shin Woo Yeo di Jeonju Hanok Village (instagram.com/tvn_drama)

Beberapa tempat di Jeonju Hanok Village kerap muncul dalam drama ini. Misalnya pada adegan pertemuan pertama antara Lee Dam dengan Shin Woo Yeo (Jang Ki Yong).

Saat itu, Dam menuntun sahabatnya, Do Jae Jin (Kim Do Wan), yang sedang mabuk. Jae Jin kemudian berlari dan tergeletak di atas mobil Woo Yeo. Di sinilah kelereng Woo Yeo tanpa sengaja tertelan oleh Dam.

Jeonju Hanok Village merupakan desa hanok yang terletak di Pungnam-dong dan Gyo-dong, Distrik Wansan, Kota Jeonju, Provinsi Jeollabuk. Di desa ini terdapat sekitar 735 rumah hanok dengan atap unik.

Setiap rumah biasanya terbagi menjadi dua bagian, yaitu anchae untuk tempat tinggal perempuan dan sarangchae untuk laki-laki. Pemanas ruangannya pun menggunakan sistem pemanas lantai yang disebut ondol.

Orang-orang Korea sering duduk, makan, dan tidur di lantai sehingga lantai harus selalu dalam keadaan hangat, khususnya pada musim dingin. Para pengunjung yang ingin mencoba pengalaman tinggal di rumah hanok bisa memesan beberapa penginapan yang disediakan di sana.

3. Dalssi Market 

Rekomendasi 11 Destinasi Wisata ala Drama My Roommate Is A Gumihoadegan Jang Ki Yong dan Hyeri di Dalssi Market (instagram.com/tvn_drama/)

Lee Dam mengajak Shin Woo Yeo untuk melakukan simulasi kencan pada episode 3. Setelah bermain panahan dan berhasil mendapatkan boneka, keduanya pun berjalan di depan Dalssi Market ini.

Tanpa sengaja, Gye Sun Woo (Baek In Hyuk) melihat mereka kemudian mengikutinya dari belakang. Dalssi Market sebenarnya merupakan sebuah toko yang menjual busana-busana dan aksesoris bergaya vintage (meski yang bergaya modern ada).

Lokasinya berada di 8-11 Bukchon-ro 5ga-gil, Distrik Jongno, Seoul. Jalan atau gang tersebut sangat populer di kalangan penggemar drama, karena sering menjadi lokasi syuting.

Baca Juga: 10 Wisata Terbaik di Pohang, Lokasi Syuting Hometown Cha-Cha-Cha

4. Damyang Metasequoia Road 

Rekomendasi 11 Destinasi Wisata ala Drama My Roommate Is A GumihoHyeri dan Jang Ki Young di Damyang Metasequoia Road (instagram.com/tvn_drama)

Pada episode 5, Shin Woo Yeo menjemput Lee Dam ke kampusnya. Mereka kemudian berjalan di Damyang Metasequoia Road yang dipenuhi dengan pepohonan berwarna-warni.

Dam pun menyarankan Woo Yeo untuk menggunakan aplikasi pengirim pesan, agar memudahkan mereka berkomunikasi.

Damyang Metasequoia Road juga biasa dikenal dengan nama Damyang Metasequoia Land dan Metasequoia Garosugil. Tempat tersebut merupakan sebuah boulevard sepanjang 8,5 km yang dipenuhi jajaran pohon Metasequoia.

Berlokasi di 59-14 Desa Hakdong, Damyang-eup, Damyang, Provinsi Jeollanam, kawasan ini sangat populer dan kerap dikunjungi wisatawan, khususnya pada musim semi dan gugur.

5. Suwon Hwaseong Museum 

Rekomendasi 11 Destinasi Wisata ala Drama My Roommate Is A Gumihopotret bagian depan Suwon Hwaseong Museum (ggtour.or.kr)

Setelah kencan buta dengan teman Do Dae Jin yang berakhir dengan kekecewaan, Lee Dam pun terlihat agak sedih dan merasa impiannya menjadi kurator museum diremehkan.

Shin Woo Yeo kemudian mengajak Lee Dam ke sebuah museum dan meyankinkannya bahwa ia bisa meraih impiannya tersebut.

Adegan pada episode 6 tersebut dilakukan di Suwon Hwaseong Museum yang terletak di 21, Changnyong-daero, Distrik Paldal, Kota Suwon-si, Provinsi Gyeonggi.

Museum ini menyajikan sejarah, budaya, dan koleksi barang dari Benteng Suwon Hwaseong, salah satu Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO yang ada di Korea Selatan.

6. Seonamsa Temple 

Rekomendasi 11 Destinasi Wisata ala Drama My Roommate Is A GumihoHyeri dan Jang Ki Yong di Seonamsa Temple (instagram.com/tvn_drama)

Pada episode 7, Shin Woo Yeo mengajak Dam berlibur setelah ujiannya selesai. Keduanya pergi ke sebuah kuil dan memanjatkan keinginan masing-masing.

Tanpa diduga, Woo Yeo pun mengaku kepada Dam bahwa ia tahu cara mengeluarkan kelereng dari tubuh Dam sejak awal tetapi memilih berbohong. Sebab ia tidak ingin melepaskannya. Akhirnya, Woo Yeo pun mengeluarkan kelereng tersebut dari tubuh Dam.

Kuil yang dikunjungi Dam dan Woo Yeo tersebut adalah Seonamsa Temple. Terletak di ujung timur Gunung Jogye atau tepatnya di 450, Seonamsa-gil, Kota Suncheon, Provinsi Jeollanam, kompleks kuil ini dikelilingi pepohonan rimbun berusia ratusan tahun.

Kuil ini menjadi rumah bagi banyak harta dan artefak asli Korea Selatan serta masih melestarikan budaya kuil tradisional hingga saat ini.

Lokasi adegan Woo Yeo dan Dam yang dipenuhi lampu tersebut berada di Paviliun Gangseonru, di sebelah Jembatan Seungseon dekat pintu masuk. Jarak antara pintu masuk menuju kuil sekitar 1 km, lho.

Baca Juga: 6 Lokasi Syuting Drama Korea di Kota Pyeongtaek, Ada Little America! 

7. Cheoneunsa Temple 

Rekomendasi 11 Destinasi Wisata ala Drama My Roommate Is A Gumihopotret kompleks Cheoneunsa Temple di Kota Gurye (gurye.go.kr)

Lee Dam dan para mahasiswa Departemen Sejarah Universitas Seogwa melakukan study tour ke tempat-tempat bersejarah pada episode 9. Tujuan pertama mereka adalah Cheoneunsa Temple. Lee Dam pun bertugas mempresentasikan tentang sejarah kuil tersebut.

Cheoneunsa Temple merupakan sebuah kompleks kuil Buddha yang berada di bagian barat daya Gunung Jiri atau tepatnya di 209 Nogodan-ro, Gwangui-myeon, Gurye, Provinsi Jeollanam.

Kuil ini dibangun oleh Biksu Deokun dari India pada tahun 828 M (periode Silla Bersatu) dan menjadi cabang Hwaeomsa, serta salah satu dari 3 kuil Buddha terbesar di Gunung Jiri.

8. First Garden Paju 

Rekomendasi 11 Destinasi Wisata ala Drama My Roommate Is A Gumihopemandangan di dalam kompleks First Garden di Kota Paju (instagram.com/firstgarden1)

Pada episode 11, Do Jae Jin dan Yang Hye Sun (Kang Han Na) melakukan kencan resmi pertama mereka sebagai pasangan di sebuah taman penuh dengan lampu pada malam hari.

Tanpa diduga, mantan pacar Jae Jin, Choi Jin Ah (Kang Mi Na), juga berada di sini dan menghampiri mereka.

Tempat kencan Jae Jin dan Hye Sun tersebut adalah First Garden yang terletak di 260 Tapsakgol-gil, Unjeong 1(il)-dong, Kota Paju, Provinsi Gyeonggi. Taman ini dibuka pada April 2017 di atas lahan seluas 20 ribu pyeong (sekitar 66.115,7 m2).

Di dalamnya terdapat taman bertema, aula pernikahan dan pesta luar ruangan, restoran, dan juga kafe.

9. Bojeong-dong Café Street 

Rekomendasi 11 Destinasi Wisata ala Drama My Roommate Is A GumihoHyeri dan Jang Ki Yong di Bojeong-dong Cafe Street (instagram.com/tvn_drama)

Bojeong-dong Café Street ini menjadi salah satu tempat yang cukup sering muncul dalam drama ini, misalnya pada episode 14. Kala itu Jeon Da Young (Bang Eun Jung) dan Seo Jin (Kang Na Ru) memergoki Shin Woo Yeo dan Lee Dam sedang berkencan.

Bojeong-dong Café Street merupakan sebuah jalan yang populer di kalangan wisatawan lokal maupun internasional karena sering muncul dalam drama-drama hits. Lokasinya berada di Bojeong-dong, Distrik Giheung, Kota Yongin, Provinsi Gyeonggi.

Sesuai dengan namanya, kawasan ini dipenuhi dengan deretan kafe, restoran, pertokoan, stand yang menjual makanan dan aksesoris, dan sebagainya.

Pepohonan di sekitarnya pun cukup rindang sehingga membuat para pengunjung nyaman berada di sana, terutama yang suka nongkrong di tempat-tempat luar ruangan.

10. Gwangmyeong Cave 

Rekomendasi 11 Destinasi Wisata ala Drama My Roommate Is A Gumihosalah satu sudut Gwangmyeong Cave (gm.go.kr)

Pada episode 16, Shin Woo Yeo menyadari bahwa dirinya bisa menghilang sewaktu-waktu. Ia pun mengajak Lee Dam untuk bolos kuliah dan melakukan hal-hal menyenangkan bersama, termasuk pergi ke Gwangmyeong Cave ini.

Sebelum dinamakan Gwangmyeong Cave, tempat ini dulu bernama Siheung Mine (Tambang Siheung) yang digunakan untuk kerja paksa selama penjajahan Jepang dan ditutup pada tahun 1972.

Pada tahun 2011, pemerintah Kota Gwangmyeong membeli kawasan ini dan mengubahnya mejadi ruang budaya yang resmi dibuka pada tahun 2014. Lokasinya berada di 142, Gahak-ro 85beon-gil, Kota Gwangmyeong, Provinsi Gyeonggi.

Para pengunjung bisa menikmati berbagai macam ruangan gua, seperti Wine Cave, Cave Aqua World, Underground Lake, patung naga terbesar di Korea Selatan, hingga Black Light Performance setiap akhir pekan.

11. The Dreamping 

Rekomendasi 11 Destinasi Wisata ala Drama My Roommate Is A GumihoKang Han Na dan Kim Do Wan di The Dreamping (instagram.com/k_hanna_)

Shin Woo Yeo, Lee Dam, dan Yang Hye Sun merayakan keberhasilan Woo Yeo menjadi manusia seutuhnya di sebuah kawasan glamping (glamorous camping) pada episode 16.

Do Jae Jin kemudian menyusul mereka dan mengatakan kepada Hye Sun, bahwa ia akan segera menjalankan wajib militer.

Kawasan glamping tersebut bernama The Dreamping yang terletak di 1630-18 Bukhangang-gil, Desa Geumnam, Hwado, Kota Namyangju, Provinsi Gyeonggi. Kamu membutuhkan waktu sekitar 50 menit perjalanan ke arah timur Seoul dengan kendaraan pribadi.

Para pengunjung bisa memilih tempat kemah sesuai budget, mulai dari Vintage Caravan, Vintage Cabana, dan Natural Dreamstay.

Selain berkemah, para pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas lain yang seru dan tak terlupakan. Beberapa diantaranya adalah berenang, wake surfing, wakeboarding, bersepeda, wall climbing, indoor surfing, dan water ski.

Punya beragam tempat dan atraksi seru untuk dikunjungi, jalan-jalan ala drama Korea memang tak pernah ada matinya. Referensi untuk mengunjungi sejumlah tempat di Korea Selatan pun semakin bertambah.

Baca Juga: 8 Lokasi Syuting di Kota Cheongju Ini Menarik untuk Dikunjungi

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya