Comscore Tracker

5 Rekomendasi 'Live Looping' ala Henry Lau, Kece Abis! 

Tidak ada kata gabut di kamus hidup Henry

Henry Lau selalu punya ribuan cara untuk bermain musik dengan menyenangkan. Mulai dari kolaborasi dengan banyak musisi-musisi ternama di segala usia, busking di berbagai negara, menggabungkan permainan alat musiknya dengan dance, hingga yang terbaru, dia sedang hobi menggabungkan banyak instrumen yang ditemukan di sekitarnya dengan cara live looping.

FYI, live looping merupakan perekaman lagu secara real time menggunakan perangkat keras khusus, yang disebut looper, atau loop station. Nantinya kalian bisa merekam banyak suara, menumpuknya, lalu memutar suara tersebut secara berulang-ulang. Masih belum memahami apa itu live looping? Langsung cek 5 rekomendasi hasil karya Henry Lau di artikel ini, yuk!

1. Billie Elish - Bad Guy  

https://www.youtube.com/embed/YpRywDm3nRs

Menjadi tamu tetap di acara I Live Alone, Henry tidak pernah bosan membuat penonton terkejut dengan caranya mengisi waktu luang. Di episode 360, kita bisa menonton kegiatan Henry di apartemen barunya. Alih-alih mengisi waktu dengan merapikan kediamannya, Henry malah memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar untuk menciptakan musik.

Menggunakan loop station, dia menggabungkan banyak suara, mulai dari gelas, plastik, piano, biola, dan tempat sampah untuk membuat cover lagu Billie Eillish "Bad Guy". Wah, orang-orang kreatif memang punya caranya sendiri ya untuk menikmati kesendirian.

2. Imagine Dragon - Believer  

https://www.youtube.com/embed/EU_JGT55vN0

Terhalang pandemik COVID-19, Henry tidak bisa lagi berkeliling dunia bersama seluruh anggota di acara musik Begin Again seperti biasanya. Namun, terjebak di Korea bukan berarti dia tidak bisa menciptakan karya yang memukau mata dan telinga kita sekaligus.

Menyukai suara berisik yang berasal dari mesin pabrik, Henry terinspirasi untuk menaklukkan penampilan solonya di Begin Again dengan cara yang unik. Selain membawa satu truk berisikan piano dan peralatan musik, Henry juga memanfaatkan barang dan alat yang biasanya ditemukan di pabrik, seperti mesin bor dan tong besi. Memadukkan semua alat itu, terciptalah cover lagu Imagine Dragon "Believer" ala Henry Lau. Mindblowing.

Baca Juga: 10 Fakta Perjalanan Karier Henry Lau yang Sudah Genap 32 Tahun

3. 5SOS - Youngblood  

https://www.youtube.com/embed/iqzxRt0AB5s

Masih dalam acara musik Begin Again, kini Henry melakukan cover lagu 5SOS "Youngblood". Bedanya, kali ini Henry melakukan live looping di hadapan puluhan penonton yang berada di mobilnya masing-masing. Meski sekilas Henry terlihat seperti di tengah showroom mobil, nyatanya itu merupakan salah satu cara orang Korea menerapkan jaga jarak.

Menggunakan alat musik sungguhan alih-alih perkakas dan perabot rumah seperti sebelumnya, live looping yang satu ini semakin terasa epik ketika Henry mulai memainkan biolanya, juga suara latar dari para anggota Begin Again lainnya. Pasti menyenangkan untuk disaksikan secara langsung.

4. Henry - Thinking of You   

https://www.youtube.com/embed/0F83O8qdOhY

Tidak hanya menggunakan sederet barang mahal, Henry bisa mengubah barang-barang yang sudah tidak berguna menjadi sebuah musik yang menarik. Menggunakan botol soju bekas dan bungkus ramen, Henry mengunggah kreasinya di kanal YouTube pribadi.

Meskipun barang yang digunakan terkesan lucu dan main-main, Henry berhasil membawa lagu ciptaannya sendiri menuju tingkatan yang berbeda. Keren, ya, kreativitas idol KPop yang satu ini.

5. Cash Cash - How to Love 

https://www.youtube.com/embed/f61mC3XbJtw

Memainkan loop station di rumah atau pada acara ragam Begin Again sepertinya sudah menjadi makanan sehari-hari baginya. Tidak menyia-nyiakan kemampuannya, Henry bahkan sudah pernah memberikan penampilan live looping di atas panggung, lho.

Tahun 2019 lalu, Henry memberikan penampilan live looping-nya pada acara TikTok Awards Ceremony. Membawakan cover lagu Cash Cash "How to Love", Henry memukau penonton pada acara penghargaan tersebut dengan pertunjukkannya yang menarik.

Selain lima rekomendasi di atas, sebenarnya Henry masih memiliki beberapa hasil kreasinya dengan loop station yang bisa kalian saksikan di sosial media dan berbagai kanal YouTube. Kalian paling suka yang mana?

Fira Yultiara Photo Verified Writer Fira Yultiara

📎 yultiara19@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya