Comscore Tracker

Little Women Dihapus dari Netflix Vietnam, Dianggap Distorsi Sejarah

Episode 8 Little Women bikin penonton Vietnam geram

Little Women menjadi salah satu drama populer yang dibintangi oleh sederet artis berbakat. Dramanya pun menjadi sorotan, karena isu yang diangkat dalam cerita hingga akting para pemainnya yang ciamik.

Namun, di tengah kesuksesan drama tersebut, ada kasus yang menjerat Little Women terkait tudingan distorsi sejarah. Hal itu pun menyebabkan Little Women tidak bisa lagi ditonton di Vietnam. Mengapa demikian? Berikut kronologinya.

1. Adegan di episode 3 dan 8 diduga jadi penyebab

Little Women Dihapus dari Netflix Vietnam, Dianggap Distorsi Sejarahtangkapan layar adegan drama Little Women yang diduga mendistorsi sejarah (twitter.com/KateNgu14856962)

Dilansir Koreaboo, Vietnam’s Authority of Broadcasting and Electronic Information (ABEI) menganggap ada distorsi sejarah yang terjadi di Perang Vietnam yang dimunculkan pada episode 3 dan 8.

Dalam adegan pada pisode tersebut, seorang karakter veteran bernama Won Ki Sun mengaku ditugaskan dalam Perang Vietnam. Ia pun melontarkan dialog tentang bagaimana seorang tentara Korea Selatan bisa membunuh masing-masing 20 tentara Vietnam. Selain itu, ia juga menyatakan jika pasukan Korea adalah pahlawan di Perang Vietnam.

2. Netflix Vietnam diminta untuk menghapus tayangan Little Women dari negara tersebut

Little Women Dihapus dari Netflix Vietnam, Dianggap Distorsi Sejarahcuplikan drama Korea Little Women (dok. tvN)

Mengetahui kegemparan terkait hal itu, ABEI pun meminta Netflix Vietnam untuk menghapus siaran drama Little Women dari negaranya. Dilansir VnExpress Internasional, menurut direktur dari Departemen Radio, Televisi, dan Informasi Elektronik, Le Quang Tu Do, Little Women diklaim melanggar undang-undang media dan sinema negara tersebut. Hal ini disebabkan dari pernyataan aktor pemeran sosok veteran di episode 3 dan 8 yang diklaim tidak akurat.

ABEI pun mengajukan permintaan untuk menghapus siaran itu pada Senin (3/10/2022). Mereka juga memberi batas waktu penghapusan tayangan drama Korea tersebut hingga Rabu (5/10/2022). Meski demikian, Netflix tidak akan terkena sanksi administratif dari pemerintah setempat karena tidak memiliki perwakilan di Vietnam.

Baca Juga: 5 Jawaban Akan Kamu Temui di Little Women Ep 11-12, Kemana Uang 70M?

3. Netflix Vietnam resmi hapus tayangan Little Women

Little Women Dihapus dari Netflix Vietnam, Dianggap Distorsi SejarahIlustrasi Netflix (IDN Times/Lia Hutasoit)

Seorang perwakilan dari Netflix menyatakan pada hari Kamis (6/10/2022) bahwa Little Women telah resmi dihapus dari Netflix Vietnam. Penghapusan tersebut pun dinyatakan telah sesuai dengan dokumen-dokumen yang diajukan oleh ABEI di bawah Kementerian Informasi dan Komunikasi Vietnam.

Hal senada juga disampaikan oleh Le Quang Tu Do. Ia menyampaikan bahwa Netflix sudah menghapus film tersebut pada Kamis (6/10/2022) pukul 3 sore waktu setempat.

"Netflix selalu menjunjung tinggi dan mematuhi undang-undang serta perjanjian tentang konten yang melanggar. Namun, karena banyaknya konten yang ditayangkan, mereka pun mengakui masih ada kesalahan yang diperbuat. Netflix juga mengatakan jika mereka akan meningkatkan pemantauan mandiri dan meminimalkan kesalahan yang bisa saja terjadi," ujar Le Quang Tu Do.

4. Studio Dragon angkat bicara dan berjanji akan lebih berhati-hati lagi

Little Women Dihapus dari Netflix Vietnam, Dianggap Distorsi Sejarahcuplikan drama Korea Little Women (dok. tvN)

Studio Dragon adalah rumah produksi dari drama Little Women yang ditayangkan di tvN. Rumah produksi tersebut pun turut bicara ketika drama Little Women tersandung dugaan distorsi sejarah Perang Vietnam.

Dilansir Soompi, seorang perwakilan dari Studio Dragon menyatakan kepada Xports News pada 7 Oktober 2022. Dalam pernyataannya, ia mengatakan, "Kami (Studio Dragon) menjadi lebih concern dengan cerita yang ada di Little Women," ujarnya.

Rumah produksi ini juga menyampaikan bahwa mereka akan lebih berhati-hati lagi di masa mendatang, apalagi masalah ini sudah menyangkut isu sosial dan budaya negara lain.

"Kami akan lebih berhati-hati mengenai kepekaan terhadap isu sosial dan budaya dalam produksi konten di masa mendatang,” ujar Studio Dragon lewat seorang perwakilannya.

5. Respons netizen terhadap dugaan distorsi sejarah pun terbagi

Little Women Dihapus dari Netflix Vietnam, Dianggap Distorsi Sejarahrespon netizen Korea yang berada di kubu penonton Vietnam dalam sebuah forum komunitas online (koreaboo.com)

Selain adegan di episode 3 dan 8 yang jadi pemicu, penonton Vietnam juga melontarkan kegeraman mereka lewat unggahan di media sosial. Meski begitu, respons dari netizen pun akhirnya terbagi menjadi dua.

Beberapa penonton setuju jika terdapat distorsi sejarah di Little Women, karena dialog yang dibawakan karakter Won Ki Sun. Namun, beberapa penggemar internasional merespons sebaliknya. Mereka beranggapan jika subjek yang dimaksud oleh karakter veteran Won Ki Sun mengacu pada Viet Cong, yakni organisasi bersenjata komunis di Perang Vietnam. Mereka pun menganggap itu tidak masalah, karena Viet Cong juga dipandang sebagai "antagonis" dalam masa perang tersebut.

Meski begitu, ada lebih banyak pendapat yang setuju dengan kubu penonton Vietnam. Ini termasuk penonton dari Korea Selatan yang juga menganggap tidak seharusnya KDrama mengomentari isu-isu sensitif yang bukan berasal dari negaranya. Ini berlaku untuk negara mana pun itu, baik yang menyangkut perang atau kematian sekaligus.

Little Women bukanlah satu-satunya tayangan di Netflix yang dihapus siarannya dari Vietnam. Dilansir VnExpress Internasional, beberapa tayangan lainnya, seperti Pine Gap, Put Your Head On My Shoulder, hingga Madam Secretary pun juga mendapatkan perlakuan yang sama, meski kasusnya berbeda.

Baca Juga: 10 Chemistry Uhm Ki Joon-Uhm Ji Won di Little Women, Pasutri Psikopat!

Topic:

  • Ines Sela Melia
  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya