Comscore Tracker

5 Tips Parenting ala Lee Eun Pyo di Drama Korea Green Mothers' Club

Wajib ditiru, nih!

Drama Korea terbaru JTBC, Green Mothers' Club bercerita tentang sekelompok ibu-ibu yang memiliki visi dan misi berbeda dalam mendidik anak. Perlu diketahui, bahwa sistem pendidikan Korea memang sangat kompetitif dan dimulai sedini mungkin.

Namun, tokoh yang satu ini berbeda dengan ibu di lingkungannya. Lee Eun Pyo (Lee Yo Won) adalah ibu dari Jung Dong Seok (Jung Shi Yool) dan Jung Dong Joo (Lee Chae Hyun). Ia memiliki cara tersendiri dalam mendidik anak.

Di saat yang lain berbondong-bondong daftar les, Eun Pyo justru berdiskusi dengan Dong Seok, agar sang anak tetap merasa nyaman dalam belajar. Selain itu tips parenting lain yang dilakukan Eun Pyo di bawah ini juga bisa coba diterapkan, lho.

1. Gak membebani banyak les

5 Tips Parenting ala Lee Eun Pyo di Drama Korea Green Mothers' ClubLee Yo Won di drama Green Mothers' Club (instagram.com/jtbcdrama)

Di saat ibu-ibu lainnya sibuk mendaftarkan banyak les untuk sang anak, Eun Pyo berbeda. Ia tidak ikut-ikutan dan memaksakan anaknya untuk ikut banyak les. Bahkan di episode awal diperlihatkan jika ia tak berniat mendaftar les apapun. Baginya, masa anak-anak adalah waktu untuk bertumbuh kembang dan bermain.

Tentunya ini bisa jadi contoh, kalau les bukanlah suatu kewajiban. Sebab pasti tiap anak punya caranya masing-masing dalam belajar. Apalagi jika terlalu padat jadwal belajarnya, mereka bisa jadi mudah stres dan gak menikmati masa kanak-kanaknya dengan bermain. Bahkan kita saja sebagai orang dewasa kewalahan jika sehari di-push selalu belajar, kan? Nah, begitu juga anak-anak, Moms

2. Belajar sesuai umurnya

5 Tips Parenting ala Lee Eun Pyo di Drama Korea Green Mothers' Clubcuplikan drama Green Mothers' Club (instagram.com/jtbcdrama)

Alasan lain kenapa Eun Pyo sangat santai soal les dan bimbel adalah ia beranggapan jika sistem pendidikan di lingkungannya terlalu berlebihan. Pasalnya anak kelas 1 SD sudah dicekoki dengan soal kelas 4 SD yang tentu jauh berbeda. Menurut Eun Pyo hal itu terlalu berlebihan dan terburu-buru. Sebab sebetulnya waktu masih panjang, kok. Jadi lebih baik nikmati saja tumbuh kembang anak. 

Terlalu memaksakan anak belajar di luar kemampuan memang terkesan berlebihan dan membebankan anak. Jadi, menurut Eun Pyo lebih baik mendidik anak sesuai umurnya, tapi tetap secara maksimal.

Baca Juga: 6 Drama Ini Mengangkat Realitas Parenting di Korea Selatan, Bermakna!

3. Belajar sesuai kemampuan

5 Tips Parenting ala Lee Eun Pyo di Drama Korea Green Mothers' ClubLee Yo Won dan Jung Shi Yool di drama Green Mothers' Club (instagram.com/jtbcdrama)

Cara parenting unik ala Eun Pyo adalah mengajarkan anak sesuai dengan kepribadiannya. Terlihat di beberapa momen, Eun Pyo membiarkan Dong Seok untuk mengeksplor banyak hal. Salah satunya sains karena banyak alat peraga yang mirip mainan anak-anak. Tentunya hal tersebut membuat Dong Seok merasa senang dan gak terbebani. 

Bahkan tanpa ragu, Eun Pyo mendaftarkan Dong Seok les yang punya banyak mainan agar sang anak tak merasa stres dan terbebani. Dengan cara ini, terbukti jika Dong Seok lebih menikmati lesnya. Sebab Dong Seok memang menyukai sains dan segala alat peraganya.

4. Berdiskusi dengan anak

5 Tips Parenting ala Lee Eun Pyo di Drama Korea Green Mothers' ClubLee Yo Won dan Jung Shi Yool di drama Green Mothers' Club (instagram.com/jtbcdrama)

Seringkali para orangtua memaksakan anak untuk belajar dan ikut les ini itu tanpa tahu perasaan anak-anak mereka. Hal ini berbeda dengan apa yang dilakukan Eun Pyo, nih. Ia mengajak Dong Seok berdiskusi lebih dulu terkait dengan tempat les yang anaknya suka. Bahkan Eun Pyo mengatakan, jika Dong Seok tak nyaman, maka sang anak boleh keluar saat itu juga. 

Tak mudah memberikan pengertian pada anak bahwa belajar itu penting. Eun Pyo lebih mendahulukan kenyamanan anak daripada prestasi. Sebab, jika anak sudah nyaman belajar, ia akan lebih enjoy dan senang belajar, lho. Begitu juga sebaliknya, kalau dipaksa dan dimarahi terus, anak akan merasa belajar adalah tekanan sehingga jadi sulit berprestasi. 

5. Memberikan makanan sehat

5 Tips Parenting ala Lee Eun Pyo di Drama Korea Green Mothers' ClubLee Yo Won dan Jung Shi Yool di drama Green Mothers' Club (instagram.com/jtbcdrama)

Selain parenting yang bisa dicoba, Eun Pyo juga selalu memerhatikan asupan gizi anaknya, lho. Baik Dong Seok ataupun adiknya, Eun Pyo memperhatikan gizinya dengan rata dan gak pilih kasih.

Eun Pyo memikirkan asupa gizi anak-anaknya, mulai dari mulai pola makan hingga vitamin. Sebab asupan gizi juga bisa jadi pendukung agar tubuh tetap fit dan bugar, lho.

Namun perlu diingat juga bahwa tiap orang tua pasti punya caranya tersendiri untuk mendidik anak. Jadi, jangan sampai sesama ibu malah saling menjatuhkan, ya. Jika memang ada yang salah, lebih baik diskusi bersama saja.

Baca Juga: 5 Film Bollywood yang Bisa Ditonton untuk Menambah Ilmu Parenting

Juliettt Aff Photo Verified Writer Juliettt Aff

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya