Comscore Tracker

5 Film Korea Bertema Anak, Banjir Air Mata dan Bikin Mewek

Berakhir tragis dan mengenaskan, siapkan tisu kalian, ya!

Film Korea tak selalu mengisahkan tentang percintaan dua sejoli. Ada banyak film Korea yang mengusung drama dan menarik perhatian akhir-akhir ini. Mempunyai jalan cerita menarik dan mengharukan, film-film ini memiliki pesan mendalam dan bisa menjadi refleksi bagi diri kita.

Tak pernah gagal dalam mengaduk-aduk emosi penonton, berikut deretan film Korea bertema anak yang bakalan bikin kamu mewek. Beberapanya diantaranya bahkan diangkat dari kisah nyata, lho.

1. Silenced (2011)

https://www.youtube.com/embed/k3BUIreDAeY

Terinspirasi dari kisah nyata, film yang berjudul "Silenced" ini merupakan kejadian nyata yang terjadi di sekolah khusus siswa difabel rungu di Gwangju, Korea Selatan. Kisahnya bermula dari seorang guru bernama Kang In Ho yang diperankan oleh Gong Yoo.

In ho berusaha totalitas dan bersemangat mengajar murid-muridnya. Tapi anak-anak tersebut memilih menyendiri dan menghindarinya. Lambat laun, In Ho mengetahui apa yang terjadi pada anak-anak tersebut. Rupanya, banyak dari mereka mendapatkan kekerasan fisik hingga pelecehan seksual yang selama ini ditutupi oleh pihak sekolah. Mampukah In ho menguak kasus kekerasan yang tejadi pada murid-muridnya?

2. Hope (2013)

https://www.youtube.com/embed/9PsBBsX6TC0

Masih dengan film yang terinspirasi dari kisah nyata, "Hope" bercerita tentang seorang gadis kecil yang mengalami pelecehan seksual dan berakhir memiliki trauma berat. Film dengan cerita yang memilukan ini berhasil menyabet penghargaan Blue Dragon Film Awards ke-34.

Kisahnya bermula pada saat gadis kecil bernama Im Soo Won (Lee re) akan berangkat ke sekolah. Pada awalnya, semua berjalan seperti biasanya. Tetapi tak lama setelah itu, tragedi pun terjadi.

Ia diperkosa secara sadis oleh seorang laki-laki. Tubuhnya ditemukan penuh dengan luka-luka. Soo Won mengalami trauma mendalam, sampai ia takut bertemu pria dewasa, tak terkecuali ayahnya sendiri. Apa yang terjadi pada Soo Won sebenarnya? Mampukah ia bertahan dengan trauma yang dihadapinya?

3. Ayla: The Daughter of War (2017)

https://www.youtube.com/embed/0j0I5drZkJM

Kisah mengharukan selanjutnya adalah film dengan judul "Ayla: The Daughter of War." Film ini mengisahkan seorang tentara Turki, Suleyman (İsmail Hacıoğlu), yang bertemu dengan gadis kecil asal Korea Selatan, Ayla (Kim Seol). Suleyman secara tak sengaja menemukan Ayla yang tengah menangis sambil menggenggam tangan ibunya yang telah tewas akibat pembantaian.

Akhirnya, Suleyman membawa Ayla menuju kamp. Pada awalnya, pimpinan Suleyman tidak mengizinkannya tetapi ia berusaha meyakinkan pimpinannya. Hingga akhirnya, Ayla dirawat dan dibesarkan di kamp tersebut.

Namun sayangnya, niat hati ingin membawa pulang Ayla ke Turki tak berakhir mulus. Ayla tak diperbolehkan untuk dibawa pulang Suleyman ke negara asalnya. Apakah yang terjadi pada Ayla selanjutnya? Apakah mereka akan bertemu kembali?

Baca Juga: 7 Film dan Drama Korea yang Diadaptasi ke Hollywood Saking Bagusnya!

4. Pawn (2020)

https://www.youtube.com/embed/ylq5mKnv07Y

Tak butuh waktu lama, film dengan durasi 113 menit ini mampu membuat penonton meneteskan air mata, baik di awal, pertengahan, hingga menit terakhir. 

Film ini bermula ketika dua orang penagih utang, Doo Seok (Sung Do Il) dan Jong Bae (Kim Hee Won) yang menagih utang pada seorang perempuan. Dikarenakan perempuan itu tak kunjung menebus utangnya, Doo Seok pun mengambil Seung Yi (Park So Yi), anak dari perempuan tersebut untuk dijadikan jaminan. Doo Seok yakin bahwa seorang ibu pasti akan melakukan segala cara untuk membawa kembali anaknya. 

Namun siapa sangka, ternyata perempuan tersebut tidak menyelamatkan anaknya dan malah dideportasi dari Korea Selatan karena ia adalah seorang imigran gelap. Maka, Seung Yi pun akhirnya tinggal bersama Doo Seon dan Jong Bae. Bagaimanakah hidup Seung Yi pada akhirnya? Akankah ia hidup bahagia bersama penagih utang itu? 

5. You're So Precious to Me (2021)

https://www.youtube.com/embed/lIcN-Wz62FY

Film ini menceritakan tentang Jae Shik (Park Jin Goo) seorang pria yang memiliki agensi kecil. Dengan bermodalkan van, ia membawa para talent-nya. Singkat cerita, salah satu talent-nya, Ji Young (Jo Young Ji), meninggal dunia. 

Jae Shik pun baru menyadari bahwa Ji Young mempunyai anak dengan difabel netra sekaligus difabel rungu bernama Eun Hye (Jung Seo Yeon). Ia pun berpura-pura menjadi ayah biologis Eun Hye untuk mendapatkan uang deposit ibu Eun Hye. Apa yang akan terjadi pada Eun Hye selanjutnya? Akankah Ji Young merawat Eun Hye ataukah, ia akan meninggalkan Eun Hye setelah mendapatkan uang depositnya?

Deretan film di atas sayang banget jika kamu lewatkan. Dijamin, setelah nonton salah satu film di atas, kamu akan lebih menghargai keadaan saat ini sebagai seorang anak yang beruntung. Kira-kira, judul film apa yang membuatmu tertarik untuk menonton, nih?

Baca Juga: 10 Drama Korea Ini Angkat Hubungan Pelik Korea Selatan dan Korea Utara

Sheeva Zeth Photo Verified Writer Sheeva Zeth

A dreamer, that's what she was.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya