Comscore Tracker

Jarang Diketahui, 5 Film Korea Ini Diadaptasi dari Novel Terbaik, lho!

Kisahnya cukup beragam dan inspiratif

Perfilman Korea Selatan sudah tak ayal lagi. Selain menampilkan sinematografi yang apik, mereka juga melakukan variasi terhadap ide dan kreativitas tema film yang akan diangkat. Salah satunya adalah dengan mengadaptasi novel-novel terbaik ke layar lebar.

Hal ini diperkuat dengan para aktris dan aktor ternama yang ikut terlibat. Terbukti banyak film yang diangkat dari kisah dalam novel begitu digemari penonton. Film Korea apa saja yang merupakan adaptasi sebuah novel? Penasaran? Simak sampai habis, yuk!

1 Beyond The Mountain (2020)

https://www.youtube.com/embed/W8sQSRyuPJo

Beyond The Mountain merupakan sebuah film yang diadaptasi dari sebuah novel berjudul sama karya Jung Chae Bong. Film yang disutradarai oleh Choi Jong Tae ini dirilis pada 2020 bertepatan dengan Hari Waisak. Beyond The Mountain berhasil menampilkan aktor dan aktris terbaik seperti Lee Kyung Hoon, Lee Hang Na, Ahn Nae Sang dan Kang Shin Il.

Film biografi ini mengisahkan tentang kehidupan Stephen Kim Sou Hwan, Kardinal Katolik Roma pertama di Korea. Sou Hwan (Lee Kyung Hoon) lahir di Daegu dan merupakan anak bungsu dari delapan bersaudara. Ayahnya, Kim Young Seok (Ahn Nae Sang), merupakan seorang pedagang tembikar yang kehidupannya sangat tidak berkecukupan. Ia sering kali tak dapat memberikan makanan kepada keluarganya.

Dalam film ini, diceritakan bahwa ayah Sou Hwan meninggal dunia karena tidak mendapatkan perawatan yang layak dan tidak mampu membeli obat herbal. Meskipun merupakan sebuah biografi pemimpin agama, tetapi film ini lebih berfokus pada cerita keluarga dan pentingnya kekuatan batin. Bagaimanakah perjalanan Sou Hwan selanjutnya?

2. Kim Ji Young: Born 1982 (2019)

https://www.youtube.com/embed/uUqsGBspxU4

Novel feminis karya Cho Nam Joo ini berhasil diterjemahkan ke dalam 10 bahasa dan menjadi salah satu novel terlaris di Korea Selatan. Novel ini telah terjual lebih dari 300 ribu eksemplar dalam periode 2016—2020. Kim Ji Young, Born 1982 akhirnya diadaptasi ke film pada 2019.

Mengisahkan tentang Kim Ji Young yang tiba-tiba menunjukkan gejala ketidakstabilan pada mentalnya. Kerap kali Ji Young bertingkah menjadi orang lain dan berbicara sendiri. Film yang dibintangi Jung Yumi dan Gong Yoo ini berhasil mendapatkan perhatian di hati para penonton, khususnya wanita karier yang tiba-tiba harus mengurus rumah tangga dan anaknya tanpa bantuan pengasuh. Apa yang sebenernya terjadi pada Kim Ji Young? Mampukah ia mengatasi masalah mental yang dihadapinya?

3. Seven Years of Night (2018)

https://www.youtube.com/embed/hpkZE_bAgco

Film Seven Years of Night diangkat dari novel berjudul sama karya Jung Yoo Jung yang diterbitkan pada 2011. Tayang perdana pada Maret 2018, film dengan genre action ini banyak menampilkan adegan kekerasan yang akan membuat kamu bergidik ngeri. Mengisahkan tentang kematian seorang gadis kecil yang bernama Se Ryeong (Lee Re).

Ia tak sengaja ditabrak mobil ketika sedang kabur dari rumah akibat siksaan yang harus dirasakaannya. Se Ryeong kerap kali mendapatkan siksaan oleh sang ayah, Young Jae (Jang Dong Gun), yang memiliki sifat psikopat. Hyun Soo (Ryu Seung Ryong) pemilik mobil merasa bingung dan takut, akhirnya ia membuang jasad Se Ryeong.

Se Ryeong pun dinyatakan hilang. Ayah Se Ryeong yang mengetahui hal itu segera menyusun rencana untuk melakukan pencarian dan balas dendam. Sedangkan Hyun Soo diam-diam dihantui oleh rasa bersalah. Apa yang akan terjadi selanjutnya? Bagaimana dengan Hyun Soo? Akankah ia menyerahkan diri?

Baca Juga: 5 Film Korea yang Melibatkan Mahasiswa, Diangkat dari Kisah Nyata!

4. RV: Resurrected Victims (2017) 

https://www.youtube.com/embed/sDNq7VVvyck

RV: Resyrrected Vistims diadapatasi dari novel berjudul It Is Over karangan Park Ha Ik. Film dengan genre thriller ini menceritakan tentang Seo Jin Hong (Kim Rae Won), seorang jaksa yang bertekad untuk menyelidiki pelaku pembunuhan sang ibu dalam kasus perampokan tujuh tahun lalu. Namun hal aneh terjadi karena suatu hari, sang ibu hidup kembali dihadapannya dan siap menyerangnya.

Di saat yang sama, kasus yang tak dapat dijelaskan disebut RVP atau Resurrected Victims, yaitu sebuah fenomena di mana para korban pembunuhan hidup kembali untuk menghukum pembunuh mereka. Hal ini malah menyimpulkan bahwa Jin Hong lah yang merupakan tersangka pembunuhan ibunya. Apa yang sebenarnya terjadi? Mampukah ia menceritakan yang sebenarnya?

5. My Brilliant Life (2014)

https://www.youtube.com/embed/Lhncc2fxJRI

My Brilliant life merupakan adaptasi dari novel karya Kim Ae Ran yang disebut sebagai penulis keajaiban sastra Korea. Film ini berhasil menggaet aktor dan aktris ternama seperti, Song Hye Kyo, Gang Dong Won, dan Jo Sung Mok. Menceritakan tentang anak yang menderita penyakit Progeria Syndrome atau cacat genetik yang bernama Ah Reum. 

Ah Reum (Jo Suk Mok) memiliki orang tua yang sangat menyayanginya. Ah Reun berusia 17 tahun tetapi tubuhnya terlihat seperti kakek-kakek. Karena mengetahui bahwa tidak akan bertahan lama, Ah Reum pun berusaha memanfaatkan waktu yang dimilikinya sebaik mungkin. Bagaimana kelanjutan kisahnya?

Itulah lima film Korea yang merupakan adaptasi dari novel-novel terbaik karya penulis terkenal asal Korea Selatan. Semuanya menampilkan cerita yang menarik dan tak biasa. Mulai dari yang menginpirasi, menegangkan, hingga menguras air mata. Film manakah yang menjadi favoritmu?

Baca Juga: 10 Film Action Korea Adaptasi Webtoon, Jajal Tonton, yuk!

Sheeva Zeth Photo Verified Writer Sheeva Zeth

A dreamer, that's what she was.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya