Comscore Tracker

5 Film Korea yang Diangkat dari Kisah Nyata, Bikin Tercengang!

Sangat cocok buat kamu yang suka dokumenter

Industri film Korea sudah tak diragukan lagi. Selain terkenal dengan film horor dan romantis, tak jarang mereka juga memproduksi film dengan latar belakang kisah nyata. Kisahnya pun beragam, mulai dari hukum, pelecehan seksual, sampai sejarah.

Bagi kamu yang suka dengan film yang terinspirasi dari kisah nyata, bisa banget menonton list film berikut ini. Menampilkan suasana yang mencekam dan membuatmu tercengang di akhir film. 

1. Han Gong Ju (2013)

https://www.youtube.com/embed/FsQyHhusuP4

Han Gong Ju diangkat dari kisah nyata pada 2004 silam. Film ini mengangkat kasus Miryang Gang Rape atau kasus pemerkosaan di Miryang. Sekitar 41 siswa laki-laki memerkosa beberapa gadis SMP dan SMA.

Film berdurasi 112 menit ini mengisahkan gadis berusia 17 tahun bernama Gong Ju (Chun Woo Hee). Gadis ini dipindahkan ke sekolah barunya di Incheon karena mengalami hal tidak menyenangkan. Sampai pada akhirnya terkuak alasan di balik dipindahkannya Gong Ju tersebut.

2. The Last Princess (2016) 

https://www.youtube.com/embed/-XBNPgJmBOQ

Film yang dirilis pada 2016 ini mengisahkan kehidupan putri raja keturunan terakhir Dinasti Joseon. Film yang diadaptasi dari kisah sejarah ini sangat cocok untuk kamu yang tertarik mengetahui sejarah Korea lebih dalam lagi.

Karakter putri Deokhye yang diperankan Son Ye Jin ini mampu membuat penonton ikut emosional. Perjuangan ia berusaha menghadapi permasalahan kehidupannya untuk bisa kembali ke Korea Selatan patut diacungi jempol dan dikenang.

3. I Can Speak (2017) 

https://www.youtube.com/embed/Enxcv2xNmdY

I Can Speak dirilis pada 2017 dan mencapai puncak box office Korea Selatan hanya dalam dua hari waktu penayangan. Film yang diadaptasi dari kisah nyata ini mengisahkan seorang nenek penjahit bernama Na Ok Boon (Na Moon Hee) dan seorang pegawai negeri sipil, Park Min Jae (Lee Je Hoon)

Nenek Ok Boon meminta Min Jae untuk mengajarinya bahasa Inggris agar bisa berkomunikasi dengan adiknya yang berada di Amerika Serikat. Diketahui bahwa adiknya tidak bisa berbahasa Korea.

Namun, ternyata ada plot twist yang tak disangka-sangka di pertengahan film. Muncul alasan sebenarnya nenek Ok Boon ingin belajar bahasa Inggris.

Baca Juga: 10 Film Korea Rilis di 2022, Ada Film Song Joong Ki hingga Hyun Bin

4. Juror 8 (2019)

https://www.youtube.com/embed/Sq1KliA6I7M

Juror 8 adalah film Korea yang terinspirasi dari peristiwa nyata yang terjadi pada 2008. Hal ini adalah kali pertama dalam sejarah hukum Korea Selatan merekrut juri dari kalangan publik.

Pengadilan Korea Selatan memilih delapan masyarakat sipil dari berbagai latar belakang untuk menjadi juri pada sebuah kasus. Mereka yang sama sekali tidak mempunyai pengetahuan tentang hukum pun harus mengikuti semua proses otopsi dan reka ulang kejadian untuk memutuskan tersangka harus dihukum atau tidak.

5. My First Client (2019)

https://www.youtube.com/embed/jsbzVNF3Anw

Film yang tayang 2019 ini diproduksi berdasarkan kejahatan nyata yang terjadi pada 2013 silam. Mengisahkan seorang gadis kecil yang mengaku telah membunuh saudaranya sendiri. Padahal, ia dan adiknya yang menjadi korban dari kekerasan ibu tirinya tersebut.

Pada akhirnya ada pengacara muda idealis bernama Jeong Yeob (Lee Dong Hwi) yang menangani kasus kekerasan anak. Ia membantu anak yang menjadi tersangka ini dalam pengadilan untuk melakukan kesaksian yang sebenarnya. 

Tak jarang film yang diadaptasi dari kisah nyata dapat menyentuh hati dan emosi para penonton. Siap-siap berlinang air mata selama menyaksikannya, seperti deretan film di atas. Film mana yang sudah kamu tonton?

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Korea Terbaik Peraih Blue Dragon Film Awards

Sheeva Zeth Photo Writer Sheeva Zeth

A drop of ink, make a million think

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya