Comscore Tracker

5 Rekomendasi Film Korea tentang Kriminal, Mindblowing!

Beberapa film diangkat dari kisah nyata, lho

Tindakan kriminal dapat terjadi di mana saja dan kapan saja. Bahkan, terkadang melibatkan orang yang tak bersalah sekalipun. Pembunuhan, penculikan, perampokan, pemerkosaan, dan masih banyak lagi. Tindakan tersebut pun pada akhirnya melibatkan petugas kepolisian dan detektif turun tangan untuk menyelesaikan kasus-kasus tersebut.

Berbagai macam tindakan kriminal itulah yang menginspirasi para sineas untuk mengangkat kisah kriminal ke film layar lebar. Menampilkan pemeran kriminal berotak cerdas dengan segudang motif licik di balik tindakan yang dilakukan, seperti lima film Korea tentang kriminal dengan segala detail dari proses kejahatan yang dilakukannya. Simak sampai habis, ya!

1. Veteran (2015)

https://www.youtube.com/embed/3B-mmwo5mOs

Film dengan judul Veteran ini menceritakan tentang seorang detektif senior yang menyelidiki kasus kriminal seorang anak konglomerat. Hwang Jung Min yang berperan sebagai Seo Do Cheol, merupakan seorang detektif berpengalaman di kepolisian. Berkepribadian tangguh membuatnya bersedia melakukan segala cara demi menuntaskan kasusnya.

Kisah bermula ketika suatu hari Seo Do Cheol harus melakukan investigasi terhadap Jo Tae Oh (Yoo Ah In) yang merupakan pewaris di Sinjin Group. Ia diduga telah melakukan banyak tindakan kriminal, mulai dari korupsi hingga pembunuhan. Tae Oh sama sekali tidak merasa terancam dengan kehadiran Seo Do Cheol.

Sebelumnya, ia selalu berhasil membungkam pihak kepolisian dengan uang dan koneksi yang dimilikinya. Mampukah Seo Do Cheol menuntaskan kasus kriminal yang dilakukan oleh Joo Tae Oh? Strategi apa yang akan dilakukan oleh detektif senior ini?

2. The Classified File (2015)

https://www.youtube.com/embed/wPDo_aU_3lo

Film berdurasi 108 menit ini menceritakan proses pencarian korban penculikan dengan bantuan peramal. Merupakan film yang diangkat dari kisah nyata, The Classified File adalah kasus penculikan yang terjadi di Busan pada 1978. Kisah berawal ketika Eun Joo, seorang anak kaya raya di Busan, diculik.

Hal ini membuat kedua orangtua dan bibi Eun Joo panik. Mereka segera meminta bantuan seorang detektif untuk mencari anaknya. Merupakan detektif senior yang idealis, awalnya detektif Gong Gil Yong (Kim Yoon Seok) menolak permintaan tersebut dikarenakan wilayah kerja yang berbeda.

Namun, setelah didesak oleh keluarga dan berdasarkan hati nuraninya, ia pun setuju. Orang tua Eun Joo juga meminta bantuan peramal Kim Joong San (Yoo Hae Jin) untuk bekerja sama dalam kasus pencarian putri mereka. Gong Gil Yong tidak mempercayai peramal tersebut, tetapi perkataan Joong San malah terbukti benar.

Akhirnya mereka pun bekerja sama dalam menuntaskan kasus ini walaupun banyak pihak yang beranggapan bahwa Eun Joo telah mati. Bagaimanakah kelanjutannya? Apakah mereka mampu menemukan Eun Joo kembali?

3. The Outlaws (2017)

https://www.youtube.com/embed/MvPaDziB-ac

Menceritakan tentang Jang Chen (Yoon Kye Sang), pria asal tiongkok yang merupakan seorang rentenir di kawasan kumuh Chinatown, Seoul. Jang Chen memiliki kaki tangan yang dikenal haus darah. Mereka adalah Jin Seon Kyu (Wi Seong Rak) dan Yang Tae (Kim Sung Kyu). Jang Chen sendiri sudah tidak melakukan tindakan brutal dalam mengumpulkan uang.

Di lain sisi, Ma Suk Do (Ma Dong Seok), merupakan seorang polisi yang selalu menginginkan perdamaian. Ia bersama polisi lainnya, berusaha menyusun strategi untuk menangkap Jang Chen dan kaki tangannya. Bagaimanakah kelanjutan kisahnya? Berhasilkah Ma Suk Do menangkap sekelompok geng yang terkenal brutal itu?

Baca Juga: 5 Drama dan Film Korea Kriminal Aksi Terbaik Lee Sun Bin, Badass Girl!

4. New Trial (2017)

https://www.youtube.com/embed/trej8YpVLx0

Film yang dirilis tahun 2017 ini merupakan kisah nyata kasus pembunuhan seorang supir taksi. Hyun Woo (Kang Ha Neul), remaja yang merupakan saksi dari pembunuhan itu, dituduh menjadi tersangka dan dipaksa mengakui kejahatan yang tidak ia lakukan tersebut. Setelah melalui serangkaian intrograsi dan kekerasan fisik oleh sekolompok pihak kepolisian, akhirnya Hyun Woo mendapat vonis 10 tahun penjara.

Hal ini menjadikan Hyun woo harus mendekam di penjaran dan mengorbankan masa mudanya. Setelah keluar dari penjara, Hyun Woo bertemu dengan seorang pengacara yang belum pernah memenangkan kasus apapun, Joon Young (Jung Woo). Ia tergerak untuk membantu Hyun Woo menguak kebenaran yang sebenarnya. Mampukah Joon Young membuktikan kasus yang sama sekali tidak pernah dilakukan Hyun Woo? Siapakah pelaku pembunuhan yang sebenarnya?

5. Hit and Run Squad (2019)

https://www.youtube.com/embed/weHJE3MjpAU

Film Hit and Run Squad mengisahkan sebuah kasus tabrak lari yang melibatkan pembalap Formula One (F1)Eun Shi Yeon (Gong Hyo Jin) merupakan seorang polisi yang ditugaskan untuk menangani kasus ini bersama dengan polisi junior, Seo Jin (Ryu Jeon Yeol). Seo Jin merupakan polisi muda yang paham betul dengan dunia otomotif.

Seo Jin merasa bahwa kasus tersebut melibatkan Jeong Jae Cheol (Jo Jung Suk) yang merupakan mantan pembalap Formula One (F1)Ia yakin Jae Cheol mengetahui sesuatu mengenai kasus tersebut. Apa yang sebenarnya terjadi? Mampukah Shi Yeon menangani kasus tersebut? Benarkah Jae Cheol terlibat dalam kasus tabrak lari ini?

Nah, itu tadi deretan lima film kriminal besutan sineas Korea yang bisa membuat kamu berdecak kagum. Apalagi beberapa diantaranya merupakan kisah nyata. Tunggu apalagi, jangan sampai dilewatkan, ya!

Sheeva Zeth Photo Verified Writer Sheeva Zeth

A dreamer, that's what she was.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya