Comscore Tracker

5 Kemiripan Snowdrop dan Youth of May, Romansa di Tengah Polemik Korea

Snowdrop dan Youth of May dinilai punya vibes serupa yang bikin ambyar 

Snowdrop adalah drama Korea besutan JTBC yang dibintangi Jung Hae In dan Jisoo BLACKPINK. Sejak mulai diproduksi drama ini memang menuai beragam kontroversi karena dianggap akan mendistorsi sejarah gerakan prodemokrasi Korea Selatan. Bahkan, sempat muncul petisi pembatalan penayangan Snowdrop. Namun gugatan tersebut tidak diterima oleh pengadilan Korea Selatan.

Sementara itu, KDrama Youth of May yang dibintangi Lee Do Hyun dan Go Min Si pada 2021 lalu kembali jadi sorotan karena dinilai memiliki vibes serupa dengan Snowdrop. Benarkah demikian? Yuk, simak fakta tentang kemiripan Snowdrop dan Youth of May berikut ini.

1. Drama Korea Snowdrop dan Youth of May sama-sama berlatar tahun 1980-an

5 Kemiripan Snowdrop dan Youth of May, Romansa di Tengah Polemik KoreaSnowdrop (instagram.com/jtbcdrama)

Snowdrop dan Youth of May menjadi dua drama Korea berlatar 1980-an yang sukses mencuri perhatian pencinta Drakor. Secara garis besar kedua drama ini menceritakan kisah romantis antara dua sejoli berbeda latar belakang di tengah konflik yang terjadi di Korea Selatan. Namun, Snowdrop lebih berfokus pada cerita romantis yang dibumbui konflik antara Korea Selatan dan mata-mata dari Korea Utara.

Di dalam cerita drama karya penulis drama SKY Castle ini Snowdrop mengambil latar tahun 1987 saat masa pemilihan presiden di Korea Selatan. Latar tersebut menjadi masalah utama mengapa drama Snowdrop mendapat kecaman dari publik. Karena meski pada masa itu Korea Selatan berbentuk republik, akan tetapi warga negaranya memiliki kebebasan politik yang terbatas.

Sedangkan, Youth of May mengambil latar pada masa pemberontakan di Gwangju, Korea Selatan. Tepatnya, saat itu terjadi pemberontakan bersenjata oleh mahasiswa dan lapisan masyarakat lainnya menuntut pemulihan dan pemerintahan yang demokratis. Akhirnya  darurat militer diberlakukan yang mengakibatkan banyak kematian bagi warga sipil di tangan tentara.

2. Mengangkat kisah cinta terlarang

5 Kemiripan Snowdrop dan Youth of May, Romansa di Tengah Polemik KoreaYouth of May (dok.KBS2/Youth of May)

Seperti yang diketahui, Jisoo BLACKPINK yang memerankan karakter Eun Yeong Ro di drama Snowdrop adalah seorang mahasiswi, sekaligus putri dari direktur ANSP (Agensi Perencanaan Keamanan Nasional) di Korea Selatan. Sementara Jung Hae In (Lim Soo Ho) adalah putra dari pihak Korea Utara yang ditugaskan sang ayah untuk mengerjakan misi di Korea Selatan. Latar belakang sangat berbeda inlah yang membuat Eun Yeong Ro dan Lim Soo Ho akan sulit dipersatukan.

Lain halnya dengan Youth of May. Drama berjumlah 12 episode ini menyinggung kisah cinta nahas antara mahasiswa kedokteran Hwang Hee Tae (Lee Do Hyun) dan perawat Kim Myung Hee (Go Min Si). Keduanya saling jatuh cinta di tengah peristiwa Mei 1980, di bawah tekanan ayah Hwang Hee Tae yang gila kekuasaan. Meski berakhir tragis, ending drama Youth of May justru sangat berkesan di hati penonton.

Baca Juga: 5 Destinasi di Gwangju, Kota yang Disebut-sebut di Drama Youth of May

3. Mengusung genre melodrama romantis

5 Kemiripan Snowdrop dan Youth of May, Romansa di Tengah Polemik KoreaSnowdrop (dok.JTBC/Snowdrop)

Youth of May dan Snowdrop sama-sama mengusung genre melodrama romantis yang sukses bikin penonton overthinking. Diketahui, Youth of May berakhir sad ending karena salah satu karakter pasangan utama Kim Myung Hee (Go Min Si) diceritakan mati terbunuh sehingga Hwang Hee Tae (Lee Do Hyun) mengalami depresi. Namun, akhirnya dapat kembali bangkit dari keterpurukan.

Dari akhir drama Youth of May itulah banyak yang mengganggap kalau Snowdrop akan memiliki akhir yang serupa. Pasalnya beberapa adegan Snowdrop sekilas terlihat mirip dengan Youth of May.

Seperti adegan yang menunjukkan foto hitam putih Eun Yeong Ro hingga foto romantis  antara Lim Soo Ho dan Eun Yeong Ro yang saling mengaitkan lengan. Terlepas dari anggapan tersebut mari kita nantikan bagaimana akhir dari kisah drama Snowdrop yang masih on going ini, ya.

4. Pemeran utamanya bertemu saat kencan buta

5 Kemiripan Snowdrop dan Youth of May, Romansa di Tengah Polemik KoreaYouth of May (dok.KBS2/Youth of May) | Snowdrop (dok.JTBC/Snowdrop)

Dalam drama Snowdrop, Eung Yeong Ro (Jisoo BLACKPINK) dan Lim Soo Ho (Jung Hae In) diceritakan pertama kali bertemu saat kencan buta kelompok. Di mana penghuni Asrama Universitas Wanita Hosu, yang Yeong Ro tinggali bersama teman-teman sekamarnya mendapat undangan kencan buta dari penghuni kost khusus pria.

Hal tersebut terjadi karena salah satu teman Yeong Ro, Ko Hye Ryeong (Jung Shin Hye) adalah primadona di asrama wanita tersebut. Cinta pada pandangan pertama pun tak bisa Yeong Ro dan Lim Soo Hoo hindari. Hingga pertemuan itu berlanjut pada konflik tak terduga yang menjadi penghalang kisah cinta mereka berdua.

Sedangkan Kim Myung Hee (Go Min Si) bertemu dengan Hwang Hee Tae (Lee Do Hyun) setelah diminta sahabatnya Lee Soo Ryeon (Geum Sae Rok) untuk menggantikannya menghadiri kencan buta. Padahal sebenarnya kencan buta tersebut telah diatur sebagai bagian dari perjodohan politik antara keluaraga Lee Soo Ryeon dan Hwang Hee Tae. Berkat menggantikan kencan buta sahabatnya, Kim Myung Hee dan Hwang Hee Tae pun benar-benar saling jatuh cinta meski berakhir nahas.

5. Tokoh utama perempuan yang sama-sama tangguh dan berhati lembut

5 Kemiripan Snowdrop dan Youth of May, Romansa di Tengah Polemik KoreaJisoo BLACKPINK sebagai Eun Yeong Ro di drama Snowdrop (dok.JTBC/Snowdrop) | Go Min Si sebagai Kim Myung Hee di drama Youth of May (dok.KBS2/Youth of May)

Di drama Youth of May, Kim Myung Hee adalah karakter wanita tangguh yang menjadi korban kekerasan ayah Hwang Hee Tae. Penyebabnya, karena Kim Myung Hee menjadi korban salah tangkap setelah membantu Lee Soo Ryeon melakukan protes saat masih duduk di bangku SMA.

Belum cukup sampai di sana, penyebab dari penangkapan tersebut justru melibatkan ayah Myung Hee sendiri, yang membuat hubungannya dengan sang ayah memburuk. Beberapa tahun kemudian setelah ia memutuskan menjadi seorang suster, perjalanan hidup Myung Hee kembali diuji saat jatuh cinta dengan mahasiswa kedokteran, Hwang Hee Tae alias putra dari Hwang Ki Nam (Oh Man Seok) yang gila kekuasaan.

Di drama Snowdrop, Eun Yeong Ro adalah karakter perempuan berhati lembut dan tangguh. Ia rela mempertaruhkan nyawanya sendiri setelah memutuskan untuk menyembunyikan Lim Soo Ho (Jung Hae In) yang terluka di Asrama Universitas Wanita Hosu dari kejaran ANSP Korea Selatan. Di balik itu semua, ternyata Eun Yeong Ro memiliki luka di masa lalu yang sukses ia sembunyikan dengan sifat cerianya.

Terlebih lagi ia harus menghadapi serangkaian kejadian tak terduga saat ia dan para penghuni asrama lainnya menjadi sandera Lim Soo Ho karena konflik antara Korea Selatan dan Korea Utara. Ketegaran Eun Yeong Ro juga diuji setelah kehilangan kakak laki-lakinya akibat konflik dari kedua negara tersebut.

Sama-sama mengambil latar Korea Selatan pada tahun 1980-an, membuat drama Snowdrop dan Youth of May memiliki banyak persamaan yang menjadi sorotan. Terlepas dari perbedaan penilaian dari netizen, jalan cerita sekaligus kualitas akting para pemainnya patut kita apresiasi, nih.

Bagaimana, persamaan kedua drama ini menarik semuanya, kan? Buat yang masih penasaran atau ingin menyaksikan kembali momen baper di Youth of May maupun Snowdrop, kalian bisa streaming di Disney+ Hotstar dan Viu. Selamat menyaksikan!

Baca Juga: 7 Drama Korea yang Mengisahkan Mata-Mata Korea Utara, Ada Snowdrop

Nanda Yuanita Photo Verified Writer Nanda Yuanita

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Triadanti

Berita Terkini Lainnya