Comscore Tracker

10 Drama Korea yang Dibuat Dua hingga Empat Season, Seru Semua!

Banyak penonton yang menantikannya kembali

Drama Korea tak hanya menarik dari segi cerita, tapi juga menarik dari segi pemain, tokoh dan karakter, setting tempat, hingga akhir ceritanya. Tak heran banyak penonton yang merasa kurang jika hanya menamatkan satu season drama yang memiliki kurang lebih 16 episode saja.

Hal ini tentu membuat penonton pun berharap drama favoritnya merilis season kedua, ketiga, dan seterusnya. Sudah terbukti beberapa drama Korea yang populer memiliki lebih dari satu season. 

Seperti sepuluh drama Korea di bawah ini yang merilis beberapa season untuk judul yang sama. Tentunya hal ini mengobati kerinduan penonton akan tokoh, karakter, dan kelanjutan ceritanya. Apa saja drama yang merilis season lebih dari satu tersebut? 

1. Dr. Romantic (2016) dan Dr. Romantic 2 (2020)

https://www.youtube.com/embed/PLnSlTZnwkA

Drama ini pertama kali tayang di layar kaca pada 7 November 2016–16 Januari 2017. Fokus cerita drama ini adalah pada dunia para dokter, perawat, dan semua staf di sebuah rumah sakit di daerah pedesaan.

Dr. Romantic season pertama dibintangi Han Suk Kyu sebagai Kim Sa Bu atau Boo Yong Joo. Sementara itu Yoo Yeon Seok didapuk sebagai Kang Dong Joo. Sedangkan Seo Hyun Jin memainkan karakter Yoon Seo Jung. Ketiganya adalah para pemeran utama dalam drama ini.

Sedangkan di season kedua, dua dokter muda menjadi bagian dari rumah sakit Doldam dimainkan oleh Ahn Hyo Seop yang didapuk sebagai Seo Woo Jin dan Lee Sung Kyung yang memainkan tokoh Cha Eun Jae. Season kedua drama ini dimulai sejak 6 Januari–25 Februari 2020. Ada kabar yang berhembus, jika Dr. Romantic season ketiga juga segera dirilis, lho.

2. Hospital Playlist (2020) dan Hospital Playlist 2 (2021)

https://www.youtube.com/embed/xqIM2cenBAs

Tak puas hanya dengan satu season saja, Hospital Playlist (2020) merilis kelanjutan ceritanya dalam Hospital Playlist 2 (2021). Drama yang kedua tetap dengan formasi lima pemeran utama.

Cerita terus berkembang dan menunjukkan akhir dari kisah setiap pemainnya. Hospital Playlist tak hanya sukses menyuguhkan drama tentang kedokteran, tapi juga mengisahkan bagaimana sebuah persahabatan awet hingga sama-sama dewasa. Tak ketinggalan, cerita cinta pun dituangkan dalam drama tersebut. Tanpa cerita yang bertele-tele, alur Hospital Playlist membuat penonton menginginkan musim ketiganya.

3. Playfull Kiss (2010) dan Playful Kiss YouTube Edition (2010)

https://www.youtube.com/embed/gLS6qZGYIoo

Playfull Kiss (2010) menceritakan kisah cinta dua manusia yang sangat bertolak belakang. Baek Seung Jo (Kim Hyun Joon) adalah laki-laki yang cerdas, tampan, dan menjadi dambaan setiap perempuan sejak masih SMA. Sedangkan Oh Ha Ni (Jung So Min) adalah gadis cantik yang lugu dan penyayang. 

Berawal dari perjodohan kedua orangtua masing-masing, benih cinta muncul akhir season pertama. Hingga akhirnya, muncul episode di mana keduanya menikah dan hidup bersama. 

Namun, ternyata ending yang membahagiakan tidak membuat penonton puas. Sehingga muncul season kedua atau spesial edition yang menceritakan kehidupan Baek Seung Jo dan Oh Ha Ni pasca menikah. 

4. Dream High (2011) dan Dream High 2 (2012)

https://www.youtube.com/embed/Dh8t8tdwAiA

Dream High (2011) menyuguhkan kisah perjuangan para siswa dan siswi sekolah menengah atas untuk menggapai impian sebagai idol KPop. Drama ini pertama kali tayang pada 3 Januari 2011 dan selesai pada tanggal 28 Februari 2011. Dream High season pertama dibintangi oleh Bae Suzy, Taecyeon dan Wooyoung 2PM, IU, Eunjung dan Kim Soo Hyun.

Sedangkan Dream High season kedua dibintangi oleh Kang Sora, Jin Woon 2AM, Ji Yeon T-Ara, Hyorin SISTAR, Jay B GOT7, dan Park Seo Joon. Drama Dream High season kedua mulai tayang pada tanggal 30 Januari 2012 dan selesai pada 20 Maret 2012.

5. Welcome to Waikiki (2018) dan Welcome to Waikiki 2 (2019)

https://www.youtube.com/embed/AJ_eVJp-IuQ

Drama komedi ini mengisahkan tiga orang laki-laki dewasa, yakni Kang Dong Goo (Kim Jung Hyun), Cheon Joon Ki (Lee Yi Kyung), dan Bong Doo Sik (Son Seung Won) yang sedang mencari jalan menuju sukses. Welcome to Waikiki season pertama tayang pada 5 Februari–17 April 2018.

Di musim kedua muncul nama Cha Woo Sik (Kim Seon Ho), Gook Gi Boong (Shin Hyun Soo), Han Seo Yeon (Moon Ga Young), Kim Jeong Eun (Ahn So Hee), dan Cha Yoo Ri (Kim Ye Won). Season kedua ini tayang sejak 25 Maret–14 Mei 2019.

Baca Juga: 10 Perjalanan Cinta Jung Gil-Koo Ryeon di KDrama Tomorrow, Tragis!

6. IRIS (2009) & IRIS 2 (2013) 

https://www.youtube.com/embed/peWIrolKYhI

Drama bergenre action ini tayang dalam dua season. Meski menampilkan banyak adegan kekerasan, tapi penonton semakin dibuat penasaran dan sangat antusias dengan season keduanya. Season pertama tayang 14 Oktober 2009–17 Desember 2009. Sedangkan musim keduanya mulai 13 Februari–18 April 2013. 

IRIS season pertama menyuguhkan aktor dan aktris terkenal, seperti Lee Byung Hun, Kim Tae Hee, T.O.P Big Bang, Jung Joon Ho, Kim Seung Woo, dan Kim So Yeon. Sedangkan IRIS 2 menampilan Jang Hyuk, Lee Da Hae, Lee Beom Soo, Oh Yeon Soo, Yoon Doo Joon, Im Soo Hyang, Lee Joon, dan Kim Yeong Cheol. Kedua season drama ini sukses memikat penonton drama Korea yang menyukai genre action.

7. Voice (2017), Voice 2 (2018), Voice 3 (2019), dan Voice 4 (2021)

https://www.youtube.com/embed/dHLeCdpnGpY

Terbukti sangat diminati, Voice hingga kini telah merilis total empat musim yang dirilis setahun sekali. Bergenre thriller, misteri, dan crime, drama ini menceritakan tentang bagaimana para pekerja di emergency call 112 dalam menyelesaikan setiap masalah yang masuk kepada mereka melalui sambungan telepon. 

Season pertama dibintangi oleh Lee Ha Na, Jang Hyuk dan Kim Jae Wook sebagai pemeran utamanya. Sementara musim kedua Lee Ha Na beradu akting dengan Lee Jin Wook. Season ketiga tetap dengan formasi pemain yang sama. 

Drama ini akan lanjut ke season keempat yang tayang mulai pada 18 Juni–31 Juli 2021. Lee Ha Na pun berpasangan dengan Song Seung Heon.

8. Kingdom (2019) dan Kingdom 2 (2020)

https://www.youtube.com/embed/4l-yByZpaaM

Merilis hingga dua musim, drama Kingdom banyak diminati penonton yang menyukai genrethriller. Adapun Kingdom season pertama terdiri dari enam episode dan dibintangi oleh Joo Ji Hoon, Ryu Seung Ryong, serta Bae Doo Na.

Kingdom season pertama menceritakan seorang putra mahkota Lee Chang (Joo Ji Hoon) pada periode Josoen abad pertengahan Korea. Ia tengah mencoba menyelidiki wabah misterius yang menyebar di seluruh negaranya. Hingga akhirnya ia pun menemukan fakta bahwa wabah misterius tersebut adalah serangan zombi. 

Di musim keduanya yang berjumlah 13 episode, Pangeran Lee Chang (Ju Ji Hoon) dan Lord Ahn Heyon (Heo Joon Ho) harus dihadapkan dengan kenyataan, bahwa para zombi sama sekali sudah tidak takut akan sinar matahari. Cerita pun jadi semakin menarik di musim keduanya.

9. Love Alarm (2019) dan Love Alarm 2 (2021)

https://www.youtube.com/embed/g0Oj4A2rslY

Season pertamanya tayang perdana di Netflix pada 22 Agustus 2019, Love Alarm menyuguhkan dua setting waktu yang berbeda. Di season pertama, kisahnya berpusat di masa-masa sekolah. Sedangkan kisah setelah masa-masa sekolah pun disuguhkan di musim keduanya.

Drama yang dibintangi Kim So Hyun, Lee Hye Young, dan Song Kang ini menceritakan tentang kehidupan percintaan seseorang lewat sebuah aplikasi kencan yang tak biasa. Kim So Hyun pun dihadapkan lebih dari satu laki-laki melalui aplikasi tersebut. 

Pada season keduanya, Kim So Hyun memutuskan memilih laki-laki yang selama ini diragukannya. Ia juga menjelaskan bahwa cintanya tulus ada atau tanpa alarm. 

10. Let's Eat (2013), Let's Eat 2 (2015), dan Let's Eat 3 (2018)

https://www.youtube.com/embed/fNgCEDp9InM

Drama Let's Eat banyak menyuguhkan adegan makan yang membuat penonton semakin berselera untuk menyantap makanan mereka. Yoon Doo Joon memerankan tokoh utama bernama Goo Dae Young. Ia digambarkan sebagai seorang blogger makanan yang suka mengeksplorasi berbagai makanan di berbagai restoran di Seoul. 

Let's Eat season pertama dibintangi oleh Lee Soo Kyung, Yoon Doo Joon, Shim Hyung Tak, dan Yoon So Hee. Sedangkan season kedua dibintangi oleh Yoon Doo Joon, Seo Hyun Jin, dan Kwon Yul. Nah, untuk musim ketiganya drama ini mendapuk Yoon Doo Joon dan Baek Jin Hee. 

Alih-alih membosankan, para penggemar drama di atas justru berharap ada season selanjutnya. Tentu saja dengan alur cerita yang semakin menarik dan pemain yang berbeda dari sebelumnya. Dari sini rating tidak hanya menjadi penentu suatu drama bisa sukses, melainkan munculnya season dua, tiga, dan seterusnya yang tetap diminati penonton. 

Baca Juga: 5 KDrama Romansa yang Mengambil Tema Makanan dan Kuliner

Nelsi Islamiyati Photo Verified Writer Nelsi Islamiyati

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya