Comscore Tracker

9 Drakor Hukum yang Dibalut dengan Komedi, Terbaru The Law Cafe

Menontonnya gak akan bikin kamu pusing

Genre hukum kerap diangkat oleh drama Korea. Kebanyakan di antaranya menyajikan kisah dengan serius untuk membuat penonton terhanyut dalam kasus-kasus yang diangkat. Namun, ada juga drakor hukum yang juga dibalut dengan komedi sehingga tak bikin penontonnya pusing.

Tontonan seperti ini cocok untuk kamu yang ingin menonton drama hukum tanpa pusing memikirkan alur dan terduga pelaku kriminalitasnya. Yuk, intip rekomendasinya berikut ini! 

1. Extraordinary Attorney Woo (2022)

https://www.youtube.com/embed/zjDH1Zgg_CM

Extraordinary Attorney Woo menjadi salah satu drakor yang paling banyak dibicarakan pada tahun ini. Drama tersebut bercerita tentang kehidupan seorang pengacara yang memiliki spektrum autisme bernama Woo Young Woo.

Setiap episodenya menampilkan kasus berbeda yang ditangani oleh Woo Young Woo dan rekan-rekannya. Tingkahnya yang tak terduga pun membuat penonton terhibur dan tak merasa pusing mengingat tema yang digunakan adalah hukum.

2. Vincenzo (2021)

https://www.youtube.com/embed/1b1-nK0HM9c

Kalau di tahun 2021, ada Vincenzo yang ramai dibicarakan. Drama tersebut mengikuti aksi dua pengacara berbakat dalam melawan perusahaan besar. Kedua tokohnya bernama Vincenzo Cassano (Song Joong Ki) dan Hong Cha Young (Jeon Yeo Bin).

Genre black comedy yang diterapkan dalam drama ini bisa menjadi selingan ketika kasus yang ditangani kedua pengacara tersebut rumit diselesaikan. Selain mereka, ada juga para penghuni Geumga Plaza yang siap membuat penonton sakit perut karena terlalu banyak tertawa.

3. The Law Cafe (2022)

https://www.youtube.com/embed/P-jDponEdQQ

The Law Café tengah menayangkan kisahnya di stasiun televisi KBS2 dengan mengusung genre rom-com dengan nuansa hukum. Drama tersebut mengisahkan sebuah kafe yang menyediakan jasa konsultasi. Kafe tersebut dimiliki oleh seorang pengacara yang dijuluki "gila" karena tingkahnya sulit ditebak.

Tak sendirian, ia juga bekerja sama dengan mantan jaksa yang merupakan sahabatnya sekaligus pemilik gedung yang disewanya. Meski begitu, keduanya kerap berbeda pendapat sehingga sering bertengkar.

4. Beautiful Gong Shim (2016)

https://www.youtube.com/embed/iNOkWPad19I

Tayang pada tahun 2016, Beautiful Gong Shim bercerita tentang seorang perempuan yang kerap dibandingkan dengan kakaknya yang sempurna. Suatu saat, ia mulai berkenalan dengan pria aneh yang sering menjailinya.

Walau terlihat seperti pengangguran, pria yang suka bertingkah lucu tersebut ternyata bekerja sebagai seorang pengacara HAM yang andal. Hubungan love-hate di antara mereka pun bisa bikin tertawa terbahak-bahak.

5. Suspicious Partner (2017)

https://www.youtube.com/embed/firqRGsdifM

Bergenre rom-com, Suspicious Partner mengawali kisahnya dengan seorang jaksa junior bernama Eun Bong Hee (Nam Ji Hyun) yang dituduh membunuh mantan kekasihnya. Kejadian tersebut justru membuat Bong Hee menjadi pengacara.

Suatu saat, ia mulai bekerja dengan mantan jaksa bernama Noh Ji Wook (Ji Chang Wook) yang juga beralih menjadi pengacara. Hubungan yang terjalin di antara mereka pun mampu mengundang tawa para penonton.

Baca Juga: 10 Karakter Drakor 2022 yang Mengalami Kesulitan Bersosialisasi 

6. One Dollar Lawyer (2022)

https://www.youtube.com/embed/hxLonqAWUHk

Dramanya sedang tayang, One Dollar Lawyer menyoroti aksi seorang pengacara andal yang selalu tampil nyentrik. Ia akan membuat penonton tertawa karena tingkahnya yang sering sulit ditebak.

Meski begitu, ia selalu membantu orang-orang dari kalangan bawah yang membutuhkan jasanya. Ia pun akan berjuang keras dalam memenangkan kasusnya walau hanya akan menagih biaya 1000 won.

7. Ms. Hammurabi (2018)

https://www.youtube.com/embed/WVveMTffkJE

Ms. Hammurabi merupakan drakor bertemakan hukum yang tayang pada tahun 2018. Drama tersebut menyoroti aksi tiga hakim dalam menjalankan pengadilan. Mereka adalah Park Cha O Reum (Go Ah Ra), Im Ba Reun (Kim Myung Soo), dan Han Se Sang (Sung Dong Il).

Kepribadian yang berbeda membuat ketiganya kerap berselisih. Namun, perselisihan tersebut justru menjadi selipan hiburan dan penyegaran di antara tema hukum yang sedang ditampilkan.

8. Hyena (2020)

https://www.youtube.com/embed/0iTM5qaq-yU

Ada pula Hyena, drama tentang persaingan dua pengacara untuk klien kalangan elite yang berjumlah 1 persen di Korea Selatan. Keduanya memiliki jiwa kompetitif sehingga selalu berjuang keras untuk memenangkan kasus miliknya.

Di samping genre hukum yang melekat, drama ini juga mampu membuat penontonnya tertawa dengan tingkah duo pengacara tersebut yang rela menggunakan berbagai taktik untuk memenangkan kasus. Walau bersaing, mereka juga terjerat hubungan romansa yang sulit dihindari.

9. Your Honor (2018)

https://www.youtube.com/embed/9h83jaKM0KM

Terakhir ada Your Honor. Drama tersebut mengikuti kisah pembuat onar yang tiba-tiba menjadi hakim. Hal tersebut tak dilakukan tanpa alasan karena ia menggantikan kembarannya yang hilang secara misterius.

Ketidaktahuannya dalam menjalankan pengadilan pun bakalan bikin penonton tegang dan terhibur. Dari situ, ia mulai belajar kehidupan yang lebih baik dan mengenal apa itu cinta.

Buat kamu yang suka tema hukum tapi tak ingin pusing sama kisahnya, kamu bisa menyaksikan deretan drakor di atas karena mengusung genre komedi yang akan membuatmu tertawa terbahak-bahak. Kalau kamu, mau mulai nonton dari drama apa dulu, nih?

Baca Juga: 5 Drama Korea Perkantoran yang Menggambarkan Sulitnya Bekerja di Korea

Queena Sekar Jasmine Photo Verified Writer Queena Sekar Jasmine

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya