Comscore Tracker

6 KDrama yang Cocok Ditonton Saat Kamu Mengalami Quarter Life Crisis

Setiap dramanya mengandung banyak pelajaran hidup, lho!

Saat ini, drama Korea nampaknya telah menjadi salah satu tontonan wajib di waktu luang untuk menghibur diri dari segala kepenatan yang melanda. Tak heran memang, karena berbagai judul drama dari Negeri Ginseng ini selalu menyuguhkan cerita yang seru dan menarik, serta dibintangi oleh para aktor dan aktris dengan wajah yang menawan.

Tak jarang, beberapa drama Korea juga menyuguhkan cerita yang seakan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah kisah dalam mencapai impian. Tentunya dalam mencapai impian ini, kita akan dihadapkan oleh kebingungan, stres, perasaan hampir putus asa, terlebih pada keadaan yang seolah tidak memihak kepada kita.

Nah, banyak drama Korea yang seakan mengerti akan kondisi para penonton yang tengah mengalami hal tersebut atau sering kali kita kenal dengan sebutan quarter life crisis. Seperti enam judul drama Korea berikut yang cocok ditonton saat kita tengah mengalami quarter life crisis.

Penasaran drama apa saja? Simak, yuk!

1. Age of Youth (2016 & 2017)

https://www.youtube.com/embed/VaU48c0By-k

Yang pertama ada drama berjudul Age of Youth. Terdiri dari dua musim, drama ini menyuguhkan kisah para mahasiswi yang tinggal bersama di sebuah rumah kost bernama Belle Epoque.

Layaknya para gadis yang baru memasuki usia 20-an, mereka kerap kali dilanda stres yang disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari perkuliahan, percintaan, kehidupan pribadi, dan lain sebagainya.

Berasal dari latar belakang yang berbeda, salah satu dari mereka bahkan harus banting tulang membiayai hidup secara mandiri dengan bekerja paruh waktu. Ada pula yang masih mencari jati diri dan beradaptasi dengan kehidupan barunya.

Age of Youth akan menjadi salah satu drama yang kisahnya seakan benar-benar realistis dengan kehidupan sehari-hari. Selain mengusung genre youth, drama ini juga menyelipkan kisah misteri dari para pemain yang akan membuatmu ikut penasaran menebak alurnya.

2. Fight for My Way (2017)

https://www.youtube.com/embed/UhTSmjSQVF8

Fight for My Way merupakan drama yang menceritakan kisah dari empat anak muda yang telah bersahabat lama. Mereka adalah Go Dong Man (Park Seo Joon), Choi Ae Ra (Kim Ji Won), Kim Joo Man (Ahn Jae Hong), dan Baek Seol Hee (Song Ha Yoon).

Meskipun sudah memiliki pekerjaan masing-masing, namun keempatnya masih tidak merasa bahagia karena pekerjaan yang mereka jalani bukanlah impian mereka sedari dulu.

Go Dong Man merupakan seorang mantan atlet taekwondo yang sempat meraih kejayaan di masa remajanya dulu. Namun, ia harus menyerah terhadap mimpinya karena sebuah hal.

Di sisi lain, Choi Ae Ra masih terus-terusan gagal dalam tes untuk menjadi penyiar sehingga ia hanya bisa bekerja sebagai resepsionis di sebuah pusat perbelanjaan. Begitu pula dengan sepasang kekasih, Kim Joo Man dan Baek Seol Hee yang sehari-harinya harus menjalani pekerjaan yang membuat mereka stres.

Drama ini akan mengajakmu melihat perjuangan keempat sahabat ini untuk menggapai mimpi dan kebahagiaan mereka. Serta cara mereka meredakan stres dengan saling curhat-curhatan sambil ngemil di atap kontrakan yang menjadi tempat rahasia mereka.

3. Itaewon Class (2020)

https://www.youtube.com/embed/NeaHNQJ1kCo

Satu lagi drama Park Seo Joon yang menceritakan perjuangan dalam mencapai impian.

Itaewon Class yang tayang pada tahun 2020 lalu menceritakan kisah sang pemeran utama, yakni Park Sae Ro Yi (Park Seo Joon) yang harus mengalami kejadian pahit, mulai dari kematian sang ayah, dikeluarkannya dirinya dari sekolah, sampai ia harus dipenjara selama bertahun-tahun. Semua kejadian itu didalangi oleh sebuah perusahaan besar bernama Jangga.

Selepas keluar dari penjara, Park Sae Ro Yi berniat untuk membalaskan dendamnya pada Grup Jangga yang telah menghancurkan hidupnya. Ia mulai berjuang untuk mencapai keinginannya itu dengan mencari uang dengan melakukan berbagai pekerjaan.  

Jatuh bangun ia membangun sebuah kedai mulai dari bawah. Dibantu oleh beberapa karyawannya, seperti Jo Yi Seo (Kim Da Mi), Choi Seung Kwon (Ryu Kyung Soo), Ma Hyun Yi (Lee Joo Young), dan Tony Kim (Chris Lyon), kedainya berkembang menjadi sebuah perusahaan besar dan berhasil menyaingi perusahaan Jangga.

Sosok Park Sae Ro Yi yang penuh perencanaan dan tak pantang menyerah dalam menggapai tujuannya perlu banget kamu contoh di kehidupan sehari-hari, nih!

Baca Juga: 9 Drama dan Film Korea 2022 yang Dibintangi Para Pemain Itaewon Class

4. Start Up (2020)

https://www.youtube.com/embed/BemKyzbLDDc

Start Up menjadi salah satu drama populer yang tayang pada tahun 2020 lalu. Drama yang dibintangi oleh Suzy dan Nam Joo Hyuk ini mengangkat tema bisnis dan teknologi yang seakan cocok dengan kaum milenial masa kini.

Kisah berfokus pada Seo Dal Mi (Suzy), seorang gadis yang bercita-cita menjadi seperti Steve Jobs. Ia berusaha untuk merintis sebuah perusahaan Start Up dan masuk ke Sandbox, markas bagi berbagai perusahaan rintisan yang juga dijuluki sebagai Sillicon Valley-nya Korea.

Sementara itu, Nam Joo Hyuk berperan sebagai Nam Do San, seorang programmer jenius pemilik perusahaan kecil bernama Samsan Tech. Memiliki mimpi yang sama, akhirnya Seo Dal Mi bergabung bersama Nam Do San dan teman-temannya saat bergabung di Sandbox. Bahkan, di sana ia harus bersaing dengan perusahaan milik kakak kandungnya yang telah berpisah lama dengannya pasca orang tua mereka bercerai.

Selain perjuangan para tokoh dalam merintis bisnis mereka, drama ini juga menyuguhkan konflik percintaan antara Seo Dal Mi, Nam Do San, dan Han Ji Pyeong (Kim Seon Ho) yang bermula dari sebuah kepura-puraan. Bahkan, para penonton drama ini terbagi ke dalam dua tim, yakni tim Nam Do San dan tim Han Ji Pyeong.

5. Our Beloved Summer (2021)

https://www.youtube.com/embed/NwWtR5PJGmg

Kisah dalam drama ini dimulai saat Kook Yeon Soo (Kim Da Mi) dan Choi Ung (Choi Woo Sik) terlibat dalam sebuah film dokumenter yang mengisahkan kehidupan sehari-hari dari siswi peringkat pertama dan siswa peringkat terendah saat keduanya masih duduk di bangku sekolah menengah.

Sepuluh tahun kemudian, film dokumenter tersebut kembali viral dan keduanya yang ternyata pernah pacaran selama bertahun-tahun, namun telah putus ini harus terlibat dalam film dokumenter itu lagi.

Kehidupan sehari-hari mereka setelah sepuluh tahun berpisah pun kembali ditayangkan. Karena hal tersebut, para penonton kerap kali merasa relate dengan karakter para tokoh dalam drama tersebut yang seakan dekat sekali dengan kehidupan nyata.

Mulai dari sosok Choi Ung, sang seniman yang lebih suka menyendiri dan tumbuh tanpa memiliki ambisi. Kehidupannya seolah hanya mengalir mengikuti arus. Sebaliknya, Kook Yeon Soo merupakan sosok wanita karier yang penuh ambisi dan tak mau kalah. Ia berjuang jatuh bangun untuk mencapai karier yang stabil sehingga ia bisa menafkahi keluarganya.

Selain kedua tokoh utama di atas, ada juga tokoh Kim Ji Ung (Kim Sung Cheol) yang merupakan sahabat dari Choi Ung. Ia juga digambarkan sebagai sosok introver yang hanya hidup untuk bekerja. Semenjak kecil, ia telah hidup dengan kesepian dan kekurangan kasih sayang karena dibesarkan oleh ibunya yang menjadi single parent dan sibuk bekerja.

Perkembangan karakter dari para tokoh di setiap episodenya seakan menggambarkan kehidupan kita yang tengah mengalami quarter life crisis. Tentu saja dari drama ini banyak sekali perlajaran yang akan kita dapat untuk menghadapi berbagai masalah kehidupan.

6. Twenty Five Twenty One (2022)

https://www.youtube.com/embed/n7F8o-SoK8s

Drama yang baru saja tamat ini dibintangi oleh aktor dan aktris muda populer, yakni Kim Tae Ri, Nam Joo Hyuk, Bona, Choi Hyun Wook, dan Lee Joo Myoung.

Mengambil latar belakang tahun 1998, tepatnya saat terjadinya krisis moneter di Korea Selatan, drama ini mengisahkan perjuangan sosok Back Yi Jin (Nam Joo Hyuk) untuk menghadapi kebangkrutan keluarganya. Ia yang saat itu berusia 21 tahun harus menerima kenyataan bahwa keluarganya yang kaya raya jatuh bangkrut karena krisis moneter, sehingga dirinya pun harus keluar dari kampus dan menceri nafkah dengan bekerja sambilan di beberapa tempat.

Sementara itu, ada seorang atlet anggar, yakni Na Hee Do (Kim Tae Ri) yang berusaha mencapai mimpinya untuk menjadi atlet anggar terbaik dan menjadi saingan dari Go Yu Rim (Bona) yang kala itu tengah dipuji-puji warga Korea berkat pencapaiannya.

Kisah Na Hee Do dan Back Yi Jin yang selalu saling mengobati luka masing-masing pun rasanya akan sayang jika dilewatkan. Perjuangan mereka yang memulai karier dari bawah hingga berhasil mencapai impian pun akan semakin memotivasi kita untuk turut berjuang seperti mereka.

Yang tak kalah menarik dari drama ini adalah konflik para tokoh pendukung yang juga disuguhkan dengan apik. Kisha persahabatan yang terjalin dengan erat pun juga berhasil menghangatkan hati siapa saja yang menonton drama ini.

Enam judul drama di atas nyatanya telah berhasil mengemas cerita tentang para pejuang mimpi, lengkap dengan keresahan yang mereka hadapi dengan sangat apik, ya! Saking serunya, beberapa drama di atas wajib kamu rewatch berkali-kali, nih!

Baca Juga: 6 Artis Kelahiran 2000-an yang Bintangi KDrama Twenty Five, Twenty One

Ratih Damayanti Photo Verified Writer Ratih Damayanti

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya