Comscore Tracker

5 Rekomendasi Film Korea Genre Slice of Life, Penuh Makna!

Cocok ditonton untuk refleksi diri  

Bagi kamu penggemar drama Korea, pasti sudah tidak asing dengan seri yang mengangkat kisah tentang kehidupan sehari-hari atau slice of life, seperti My Liberation Notes (2022). Ternyata selain drama, film Korea yang sarat akan makna kehidupan juga tidak kalah menarik untuk disimak, lho.

Beberapa film Korea genre slice of life di bawah ini, sangat relate dengan kehidupan dan mampu menjadi tontonan yang memberikan pembelajaran berharga. Berikut lima rekomendasi film bergenre slice of life yang sayang untuk kamu lewatkan begitu saja.

1. House of Hummingbird (2018)

https://www.youtube.com/embed/b9UCe5Vckb8

Jika kamu sering merasa hampa, film yang satu ini mungkin cocok untuk kamu saksikan. House of Hummingbird (2018) sendiri dibintangi oleh aktris muda Park Ji Hoo dengan aktris senior lainnya seperti Kim Sae Byuk, Jung In Gi dan Lee Seung Yeon.

Cerita berawal dari Eun Hee (Park Ji Hoo) seorang gadis belia berusia 14 tahun yang merasa kesepian, ia tidak mendapat perhatian yang cukup dari keluarganya. Ia pun mencoba berbagai macam hal untuk mengisi hatinya, mulai dari menjalin pertemanan hingga berpacaran. Sampai suatu hari, Eun Hee bertemu dengan guru privatnya bernama Kim Young Ji (Kim Sae Byuk) yang benar-benar memahami dirinya.

2. Little Forest (2018)

https://www.youtube.com/embed/3sVJPHbzabM

Little Forest (2018) merupakan film yang diisi oleh Kim Tae Ri bersama Ryu Jun Yeol, Moon So Ri, serta beberapa aktris kenamaan lainnya. Film ini memiliki alur cerita yang ringan, sehingga sangat menarik untuk ditonton.

Bercerita tentang Hye Won (Kim Tae Ri) yang jenuh dengan padatnya aktivitas di perkotaan. Kemudian, ia memutuskan untuk pindah dan pulang ke kampung halamannya. Di sana, perlahan-lahan Hye Won dapat menyembuhkan luka batinnya melalui makanan, teman-teman dan alam sekitar.

3. Minari (2020)

https://www.youtube.com/embed/STf5DKUkIsU

Minari (2020) menjadi salah satu film yang mengangkat kisah tentang peliknya kehidupan namun disampaikan dengan cerita yang hangat kepada pemirsa. Film ini dibintangi oleh Steven Yuen, Yeri Han, Noel Kate Cho dan Alan Kim.

Bercerita tentang keluarga kecil yang terdiri dari Jacob Yi (Steven Yuen) dan Monica (Yeri Han), sebagai sepasang suami istri. Mereka memiliki dua orang anak bernama Anne (Noel Kate Cho), dan David (Alan Kim). Keluarga ini merupakan imigran dari Korea Selatan yang pindah ke sebuah pedesaan bernama Arkansas di California.

Visi dan misi keluarga ini yakni berusaha mewujudkan mimpi mereka untuk memproduksi sayuran Korea yang akan dikirim ke Dallas. Walaupun sulit, tetapi keluarga ini mau berjuang bersama-sama lewat perannya masing-masing.

Baca Juga: 9 Fakta Film Korea Decision to Leave, Bersaing di Festival Film Cannes

4. Microhabitat (2017)

https://www.youtube.com/embed/aqjTTbGJM0A

Lewat film Microhabitat (2017), kamu akan melihat sudut pandang dari seorang wanita yang banyak berkorban untuk mempertahankan sesuatu yang sangat dicintainya. Pemeran utama dalam film ini yakni aktris berbakat Esom yang beradu akting dengan aktris lain seperti Ahn Jae Hong dan Choi Deok Moon.

Bercerita tentang Mi So (Esom) perempuan dewasa yang bekerja sebagai petugas kebersihan, ia memiliki kebiasaan buruk yakni merokok dan minum alkohol. Suatu ketika, saat harga rokok mulai naik, Mi So memilih untuk menjual rumahnya dan hidup nomaden agar dapat terus menikmati rokok dan minum wiski.

5. Ode to My Father (2014)

https://www.youtube.com/embed/A2sD18Xw7bE

Terakhir, Ode to My Father dapat menjadi rekomendasi film bergenre slice of life yang menyenangkan untuk disimak. Film ini berlatar waktu di tahun 1950, saat perang Korea terjadi dan dimainkan oleh aktor Hwang Jung Min, Jung Jin Young dan Shin Rin Ah.

Film ini bercerita tentang anak laki-laki bernama Yoon Deok Soo (Hwang Jung Min) yang terpaksa harus berpisah dengan ayahnya (Jung Jin Young) ketika mereka sedang menyelamatkan diri saat terjadinya perang di kota Hungnam. Namun, selama bertahun-tahun ayah Deok Soo tidak pernah pulang ke rumah, sembari menunggu ayahnya pulang, Deok Soo berusaha menjadi tulang punggung dan bekerja di Jerman untuk menyekolahkan adiknya yang lain.

Lima rekomendasi film Korea yang sarat akan makna kehidupan di atas, tentunya dapat menjadi referensi film yang cocok buat kamu tonton untuk refleksi diri. Selamat menonton!

Baca Juga: 10 Film Korea Terbaik Jin Goo, Comeback di The Witch: Part 2

Resti Salsabila Photo Verified Writer Resti Salsabila

To love oneself is the beginning of a lifelong romance

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya