Comscore Tracker

8 Variety Show Korea yang Artisnya Kelola Bisnis Sendiri

Mulai dari bisnis restoran hingga penginapan

Selain drama, variety show Korea menjadi acara hiburan Korea yang memiliki banyak penggemar. Hadir dengan beragam konsep, salah satu yang menarik perhatian yaitu acara yang menampilkan kegiatan para artis saat menjalankan bisnis sendiri. Mulai dari restoran, penginapan hingga supermarket.

Mereka ditantang untuk beralih profesi menjadi pemilik usaha sekaligus staff yang bertugas untuk melayani para pelanggan. Seperti apa kesibukan mereka saat bekerja? Nah, kamu bisa simak beberapa rekomendasi variety show berikut ini.

1. Youn's Kitchen

https://www.youtube.com/embed/9JsLQCTJVZg

Youn's Kitchen merupakan salah satu variety show bertema kuliner besutan PD Na Young Seok. Para artis akan membuka sebuah restoran yang menyajikan makanan Korea Selatan di luar negeri.

Dibintangi Youn Yuh Jung, Jung Yu Mi, Lee Seo Jin, hingga Shin Goo, musim pertama acara ini mengambil lokasi di Gili Trawangan, Indonesia. Sementara itu, musim kedua berlokasi di Garachico, Spanyol. Kali ini, Park Seo Joon turut bergabung menggantikan Shin Goo.

Mengelola restoran bukanlah hal yang mudah. Mereka bekerja sama dan berbagi tugas, mulai dari menyiapkan bahan, memasak hingga melayani pelanggan.

2. Kang's Kitchen

https://www.youtube.com/embed/ktjhkR0IpL8

Dalam acara ini, para anggota New Journey to The West akan bertugas menjadi pekerja restoran. Berbeda dengan Youn's Kitchen yang berlokasi di luar negeri, Kang Ho Dong dan kawan-kawan akan mengelola sebuah restoran di Korea Selatan.

Beberapa menu yang terkenal dari Kang's Kitchen, antara lain nasi goreng kimchi buatan P.O, mie guksu pedas buatan Kang Ho Dong, tteokbokki pedas dengan gorengan empat warna buatan Ahn Jae Hyun dan pizza buatan Kyuhyun.

Tidak hanya menu utama, restoran ini juga menyediakan dessert, seperti parfait, patbingsu, dan es krim. Hidangan penutup tersebut dibuat oleh Eun Ji Won dan Mino. Walaupun tidak memasak, Lee Soo Geun juga memiliki tugas penting untuk membantu para koki di dapur hingga melayani pembeli.

3. 4 Wheeled Restaurant

https://www.youtube.com/embed/prsUJyccnxM

Nah, acara kuliner ini juga tak kalah menarik. Para koki dan selebritas Korea akan menjual berbagai hidangan dengan konsep food truck. Sambil menunggu pesanan, para pembeli bisa melihat koki memasak secara langsung.

Sudah berjalan empat musim, acara ini mengambil lokasi di negara yang berbeda di tiap musimnya. Musim pertama berlokasi di Thailand, musim kedua di China dan musim ketiga di Amerika Serikat.

Sementara itu, musim keempat dilaksanakan di Korea Selatan dan beralih ke layanan food delivery dengan menyajikan makanan Italia.

4. Coffee Friends

https://www.youtube.com/embed/cgOt6suIyeI

Yoo Yeon Seok, Son Ho Jun, Choi Ji Woo dan Yang Se Jong membuka sebuah kafe di tengah perkebunan jeruk di Pulau Jeju. Mereka menjual beragam menu sarapan yang dibuat sendiri, seperti pasta, roti, kopi, jus jeruk dan lainnya.

Coffee Friends kerap mendatangkan bintang tamu di tiap episodenya untuk membantu sebagai pekerja paruh waktu. Mereka yang datang, di antaranya Nam Joo Hyuk, Sehun EXO, Yunho TVXQ, Kang Daniel hingga chef Baek Jong Won.

Hal yang unik dari acara ini yaitu mereka tidak mematok harga untuk setiap menunya. Para pelanggan bebas membayar dan menentukan harga sendiri untuk hidangan yang dipesan. Selanjutnya, hasil keuntungan dari penjualan akan didonasikan.

5. Unexpected Business

https://www.youtube.com/embed/O8KVu2wSdCs

Sudah berjalan dua musim, variety show ini dibintangi oleh Jo In Sung dan Cha Tae Hyun yang akan menjadi pemilik supermarket di pedesaan. Selama bertugas mengelola supermarket, mereka dibantu oleh bintang tamu yang hadir dan bekerja sebagai part timer

Selain menjual barang untuk kebutuhan sehari-hari, mereka juga melayani makan siang dengan menyajikan menu sederhana di restoran supermarket.

Memasuki musim kedua, ada banyak tantangan baru yang harus dihadapi Jo In Sung dan Cha Tae Hyun. Supermarket yang mereka kelola lebih besar dan menjual lebih banyak barang. Selain restoran, supermarket juga dilengkapi dengan ruang karaoke dan toko daging. Mereka juga memiliki layanan delivery untuk mengantar pesanan ke tempat pelanggan.

Baca Juga: 9 Fakta Unexpected Yuh Jung, Variety Show Korea Anyar PD Na

6. Youn's Stay

https://www.youtube.com/embed/AoKGBcG44v4

Bukan restoran, acara ini menampilkan para anggota Youn's Kitchen yang akan mengelola sebuah penginapan hanok. Kali ini, Choi Woo Shik ikut bergabung bersama tim.

Tamu yang menginap adalah orang-orang asing yang sedang bekerja atau melakukan studi, namun belum sempat menikmati makanan dan budaya Korea. Di antara mereka, ada yang datang sendiri, bersama teman atau keluarga.

Selain menampilkan pemandangan indah di sekitar penginapan, penonton juga bisa melihat kesibukan tim saat menjamu para tamu. Mulai dari check-in, membuat sarapan dan makan malam, menyiapkan kamar dan memandu para tamu di penginapan.

7. Korean Hostel in Spain

https://www.youtube.com/embed/0PPDa7D8GvI

Masih tentang bisnis penginapan, Cha Seung Won, Yoo Hae Jin dan Bae Jung Nam melakukan perjalanan ke Spanyol untuk mengelola sebuah hostel. Mereka menyediakan tempat bagi para pelancong yang ingin rehat sejenak dan menginap.

Para aktor tersebut menjalankan tugas yang berbeda-beda. Cha Seung Won bertugas sebagai koki dan Bae Jung Nam sebagai asisten koki. Mereka menyiapkan berbagai hidangan Korea untuk dinikmati oleh para tamu.

Sementara itu, Yoo Hae Jin memiliki tanggungjawab sebagai resepsionis dan bersih-bersih. Dengan keterampilannya, dia juga membuat berbagai furniture untuk kelengkapan hostel.

8. Honeymoon Tavern

https://www.youtube.com/embed/iV09f6_D-0Q

Kim Hee Sun, Tak Jae Hoon, Kai EXO, Moon Se Yoon dan Yoo Teo akan membuka sebuah penginapan di Pulau Udo. Sesuai judulnya, acara ini ditujukan bagi pasangan yang menikah namun belum sempat menikmati bulan madu di tengah pandemi COVID-19.

Para pasangan akan dimanjakan dengan pelayanan dan fasilitas yang disediakan, seperti kamar yang nyaman, hidangan lezat dan lainnya. Di sela-sela kesibukannya, para member juga ikut berbaur dan saling berbagi cerita dengan para tamu.

Lewat beberapa acara variety show Korea di atas, kita bisa melihat kerja keras para artis saat mengelola bisnisnya. Terlepas dari berbagai tugas yang dikerjakan, mereka selalu berusaha untuk tetap ramah dan memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan.

Baca Juga: 5 Variety Show Korea Sukses Bertahan Lebih dari 10 Tahun

Rifa Photo Verified Writer Rifa

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya