Comscore Tracker

5 Drama Korea Romance yang Diadaptasi dari Novel China dan Jepang

Banyak terdiri dari cerita fantasi #WaktunyaKorea

Dalam mengambil cerita, dunia hiburan Korea Selatan tak hanya mengandalkan kisah dari dalam negeri. Beberapa di antaranya ada yang mengadaptasi kisah dari negara lain seperti Jepang dan China. Misalnya dari novel yang terbit dari negara tersebut. 

Dari sekian banyak judul drama yang sudah ada saat ini, drama yang diadaptasi dari novel China dan Jepang tak kalah seru dengan lainnya. Bagi yang penasaran akan rekomendasinya, baca artikelnya sampai habis, ya!

1. Mr. Queen (2020)

https://www.youtube.com/embed/bOUF86eHHLo

Mr. Queen merupakan drama Korea tvN yang beberapa bagian ceritanya diadaptasi dari sebuah novel China berjudul Tai Zi Fei Sheng Zhi Ji  atau The Promotion Record of a Crown Princess karya Xian Chen. Drama ini juga telah dibuat menjadi serial China dengan judul Go Princess, Go! yang tayang tahun 2015. 

Mr. Queen menceritakan tentang seorang koki kepresidenan dari masa kini bernama Jang Bong Hwan (Choi Jin Hyuk). Jiwanya tiba-tiba terperangkap di tubuh seorang ratu di era Joseon bernama Kim So Yong (Shin Hye Sun).

Saat penayangannya, karya sutradara Yoon Sung Shik ini menjadi salah satu drama TV kabel yang mendapat perhatian luar biasa. Menurut data Nielsen Korea, pada penayangan terakhirnya, drama ini berhasil meraih rating 18,5 persen. Sangat jauh dibanding episode pertama yang hanya memperoleh rating 8,65 persen. 

2. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016)

https://www.youtube.com/embed/2ljxyaAIphc

Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo juga merupakan drama Korea adaptasi dari novel China yang berjudul Bu Bu Jing Xin karya Tong Hua. Di negara asalnya, novel ini juga telah diadaptasi ke dalam beberapa serial seperti Palace: The Lock Heart Jade (2011), Scarlet Heart (2011), dan Time To Love (2015).

Dari segi ceritanya, drama ini hampir serupa dengan Mr. Queen, yaitu tentang perjalanan waktu dari seorang wanita modern abad ke-21 bernama Go Ha Jin (IU) ke masa Dinasti Georyo. Di sana dia terjebak dalam tubuh seorang gadis kerajaan dengan wajah serupa bernama Hae Soo.

Selain IU, drama karya sutradara Kim Kyu Tae ini juga dibintangi oleh banyak aktor muda populer seperti Lee Joon Gi, Kang Ha Neul, Nam Joo Hyuk, hingga Baek Hyun EXO. Sementara itu, menurut Nielsen Korea, drama SBS ini mencapai rating tertingginya di episode terakhir, yaitu 12,2 persen.   

Baca Juga: 10 Pasangan Drama Korea Paling Romantis Agustus 2021, Serasi Banget

3. A Korean Odyssey (2017)

https://www.youtube.com/embed/ow5e370qBhs

Drama Korea yang tak kalah populer adalah A Korean Odyssey atau Hwayugi. Drama ini merupakan adaptasi dari novel klasik China berjudul Journey to the West. Namun, ceritanya diinterpretasikan ulang ke masa kini dengan sentuhan romantis fantasi.

A Korean Odyssey mengisahkan tentang Jin Sun Mi (Oh Yeon Seo), seorang gadis kecil yang dapat melihat hantu. Suatu hari, dia terlibat perjanjian dengan Woo Ma Wang (Cha Seung Won) untuk mengambil sebuah kipas di sebuah tempat.

Tiba di tempat itu, dia bertemu dengan Son Oh Gong (Lee Seung Gi), Dewa Kera yang meminta bantuan kepadanya agar dia dibebaskan dari belenggu yang menahannya. Sayangnya, Son Oh Gong justru malah menipunya. 

Drama yang digarap oleh tiga sutradara sekaligus yaitu Park Hong Kyun, Kim Jung Hyun, dan Kim Byung Soo ini mendapat respon yang cukup baik. Menurut AGB Nielsen Korea, drama tvN ini mendapat rating tertinggi di episode ke-6, yaitu 7,7 persen.

4. Doctor John (2019)

https://www.youtube.com/embed/XjFceUlO1Q4

Jika sebelumnya adalah drama adaptasi novel dari Negara Tirai Bambu, Dr. John diadaptasi dari Negeri Matahari Terbit yang berjudul On Hand of God  karya Kusakabe Yo. Di tahun yang sama, novel ini juga telah diadaptasi ke dalam sebuah drama Jepang, Kami no Te (2019). 

Dr. John mengisahkan tentang Cha Yo Han (Ji Sung) seorang profesor anestesiologi genius di rumah sakit Hanse, Korea Selatan. Dia dipenjara atas tuduhan kasus pembunuhan pada seorang pasien.

Suatu hari, dia bertemu dengan Kang Si Young (Lee Se Young), residen tahun kedua yang memiliki trauma pada kejadian masa lalunya. Keduanya lantas bekerja sama dalam menyembuhkan pasien di rumah sakit.  

Menurut AGB Nielsen Korea, drama SBS garapan sutradara Jo Soo Won ini berhasil meraih rating tertinggi di episode ke-6, yaitu 13 persen. Selain itu juga meraih beberapa penghargaan seperti pada kategori Excellence Award (Actor) di Korea Drama Awards ke-12 tahun 2019. 

5. Please Come Back, Mister (2016)

https://www.youtube.com/embed/Ys2kKCuTD1g

Please Come Back, Mister juga adalah drama Korea yang diadaptasi dari novel Jepang yang berjudul Tsubakiyama Kacho no Nanokakan karya Jiro Asada. Seperti yang lainnya, drama ini juga telah dibuat versi Jepangnya, yaitu Tsubakiyama Kacho no Nanokakan (2009) dan Mr. Tsubakiyama's Seven Days (2006). 

Drama ini memiliki alur cerita yang cukup unik, yaitu tentang kisah kematian yang mendadak dari dua orang pria yang bernama Han Gi Tak (Kim Soo Ro) dan Kim Yeong Soo (Kim In Kwon). Keduanya lantas mendapatkan kesempatan untuk hidup lagi dan menyelesaikan urusan dunia selama dua bulan dalam tubuh orang lain. 

Bagi yang ingin menonton, drama SBS ini memiliki alur cerita yang seru dan menghibur. Menurut AGB Nielsen Korea, perolehan rating tertinggi didapat pada episode ke-2, yaitu 8,9 persen. 

Meskipun drama di atas adalah adaptasi novel dari luar Korea, alur ceritanya tak kalah seru dan menghibur. Dari semua judul drama di atas, mana yang menjadi favorit kamu?

Baca Juga: 6 Drama Korea Sageuk yang Akan Segera Tayang, Wajib Dinantikan!

Sakura Sakura Photo Verified Writer Sakura Sakura

Just trying my best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya