Comscore Tracker

Kontroversi IVE Batal Tampil di Festival Universitas, Adu Statement!

Agensi dan universitas saling bantah, siapa yang salah?

Universitas di Korea Selatan dikenal kerap membuat festival musiman yang mengundang sederet artis terkenal sebagai pengisi acaranya. Namun, kabar kurang mengenakan datang dari acara festival Universitas Nasional Kyungpook yang gagal mengundang IVE.

Baik pihak agensi Starship Entertainment dengan pihak Universitas Nasional Kyungpook saling melempar kesalahan atas gagalnya IVE tampil di festival tersebut. Simak selengkapnya berikut ini!

1. IVE tak jadi masuk lineup festival Universitas Nasional Kyungpook

Kontroversi IVE Batal Tampil di Festival Universitas, Adu Statement!IVE ketika di MBC (Twitter.com/IVEstarship)

Universitas Nasional Kyungpook akan mengadakan festival musim gugur pada Kamis (6/10/2022) ini. Kampus tersebut pun memamerkan lineup acaranya yang berisi PALOALTO, Yumdda, Skinny Brown, HOLYBANG dan Bolbbalgan4.

Grup IVE yang kini sedang naik daun pun turut serta menjadi salah satu bintang tamu mereka. Tentunya, lineup ini pun disambut meriah oleh para mahasiswa Universitas Nasional Kyungpook.

2. Pihak universitas sebut karena masalah visa dan agensi

Kontroversi IVE Batal Tampil di Festival Universitas, Adu Statement!IVE (twitter.com/IVEstarship)

Namun, Komite Tindakan Darurat Serikat Mahasiswa Universitas Nasional Kyungpook mengumumkan jika IVE batal tampil tepat dua hari sebelum acara. Pihak kampus tersebut menyatakan jika pembatalan ini diberikan secara sepihak dari agensi yang menaungi IVE.

"Kami menerima pemberitahuan pembatalan dari label IVE, Starship Entertainment, yang menyatakan bahwa grup tersebut tidak dapat menghadiri pertunjukan yang dijadwalkan pada 6 Oktober mendatang karena masalah visa anggota," ungkap pihak kampus seperti yang dilansir dari Allkpop.com

Baca Juga: Wonyoung IVE Kelelahan, Fans Tuntut Agensi Beri Sang Idol Istirahat

3. Pihak agensi membantah tudingan Universitas Nasional Kyungpook

Kontroversi IVE Batal Tampil di Festival Universitas, Adu Statement!IVE (twitter.com/IVEstarship)

Namun, pihak Starship Entertainment membantah pernyataan dari pihak kampus. Agensi dari IVE ini mengaku jika mereka tidak mengonfirmasi kehadiran grup tersebut di acara festival milik Universitas Nasional Kyungpook.

"Sebelumnya, IVE menerima undangan ke festival kampus Universitas Kyungpook dan Universitas Keimyung College, yang meminta grup untuk menghadiri kedua festival yang dijadwalkan pada 6 Oktober. Namun, setelah menerima undangan awal, IVE dan Starship Entertainment tidak mengonfirmasi jadwal serta negosiasi atas konfirmasi penampilan," jelas Starship Entertainment.

Starship juga meminta Universitas Nasional Kyungpook untuk menghapus nama IVE dari daftar penampil festival musim gugur mereka. Namun, permintaan tersebut tak ditanggapi oleh pihak kampus.

4. Kembali dibantah oleh pihak kampus

Kontroversi IVE Batal Tampil di Festival Universitas, Adu Statement!foto konsep After Like (dok. Starship Entertainment)

Universitas Nasional Kyungpook pun kembali merilis bantahan atas pernyataan Starship Entertainment. Pihak kampus ini mengungkapkan jika mereka sudah membayar penuh atas penampilan IVE di festival musim gugur tersebut.

Terungkap pula jika pihak kampus menggunakan agensi besar untuk bekerja dalam pembuatan festival ini. Agensi inilah yang menjadi pihak ketiga antara Starship Entertainment dan Universitas Nasional Kyungpook.

"Setelah membuat penilaian bahwa kehadiran IVE ke acara tersebut dikonfirmasi, agensi (yang bekerja sama dengan pihak kampus) menyelesaikan pembayaran penuh untuk penampilan IVE di Starship Entertainment," jelas Universitas Nasional Kyungpook.

5. Terungkap kesalahan berada pada pihak ketiga

Kontroversi IVE Batal Tampil di Festival Universitas, Adu Statement!IVE (Twitter.com/IVEstarship)

Der Mersen Agency yang menjadi penghubung dari Starship Entertainment dengan Universitas Nasional Kyungpook pun akhirnya angkat bicara. Agensi ini mengakui kesalahan mereka lewat pernyataan resmi pada Rabu (5/10/2022).

Mereka mengakui jika Starship Entertainment sudah menolak undangan tersebut. Namun, pihak Der Mersen Agency masih memberikan harapan untuk pihak kampus jika IVE bisa hadir sebagai bintang tamu.

"Uang muka tidak dikirim ke Starship (Entertainment) dan dikembalikan ke agensi lokal,” jelas Der Mersen Agency seperti yang dilansir dari KBIZoom.

Pihak ketiga ini juga meminta maaf atas kesalahpahaman yang terjadi di antara pihak Starship Entertainment dengan pihak kampus. Waduh, untung akar masalahnya bisa ketahuan, ya!

Baca Juga: IVE Dirumorkan Harusnya Debut dengan 7 Member, Wonyoung Penyebabnya?

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya