Comscore Tracker

Kontroversi Logo di Video Klip FOREVER 1 Milik SNSD, Ternyata Plagiat

Sutradara MV Forever 1 minta maaf, akui jiplak logo Disney

Rayakan hari jadi yang ke-15 tahun, SNSD merayakannya bersama para penggemar lewat comeback album FOREVER 1. Kedelapan member ini pun merilis video klip dengan penampilan yang cerah.

Sayangnya, video klip yang telah dinantikan oleh para penggemar tersebut malah menuai kontroversi di kalangan netizen. Dituding plagiat, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Rilis video klip FOREVER 1

Kontroversi Logo di Video Klip FOREVER 1 Milik SNSD, Ternyata Plagiatlogo 15 tahun SNSD di video klip (pannchoa.com)

Dalam pembukaan video klip lagu "FOREVER 1", SNSD tampak menari dengan pakaian berwarna cerah di set parade. Di belakangnya, terdapat logo bertuliskan angka 15 yang menandakan usia grup mereka.

MV dari lagu terbarunya ini juga sempat dipuji oleh netizen, karena memiliki konsep kembalinya grup SNSD setelah bersolo karier. Dalam video klip tersebut, memang ditampilkan kegiatan dari para member saat beraktivitas individu selama 5 tahun terakhir ini.

2. Dituding plagiat oleh netizen Jepang

Kontroversi Logo di Video Klip FOREVER 1 Milik SNSD, Ternyata Plagiatlogo annniversary DisneySea Tokyo (koreaboo.com)

Meski mendapatkan reaksi positif dan disambut antusias oleh penggemar, netizen Jepang melihat kejanggalan dalam MV ini. Mereka menuding jika video klip tersebut menjiplak logo dari Disney Sea Tokyo.

Salah satu netizen pun membandingkan logo di MV "FOREVER 1" dengan logo peringatan 15 tahun DisneySea Tokyo. Unggahannya ini kemudian ramai diperbincangkan oleh publik.

Baca Juga: 9 Pencapaian SNSD Sehari setelah FOREVER 1 Dirilis, Legend is Back!

3. Punya banyak kesaaman desain dengan logo anniversary 15 tahun DisneySea Tokyo

Kontroversi Logo di Video Klip FOREVER 1 Milik SNSD, Ternyata Plagiatlogo SNDS yang menjiplak dari logo DisneySea (KBIZoom.com)

Netizen pun ramai memperhatikan bagian-bagian yang sama dalam kedua logo tersebut. Mulai dari warna, gaya penulisan angka '15', ornamen bingkai lingkaran, hingga penulisan 'GIRLS GENERATION' yang sama seperti penulisan 'TOKYO'.

Logo dari Disney Sea Tokyo itu sendiri dibuat pada perayaan 15 tahun berdirinya taman hiburan tersebut pada 2016 lalu. Sontak, publik semakin yakin jika SNSD menjiplak logo ini.

4. Sutradara mengonfirmasi kebenarannya

Kontroversi Logo di Video Klip FOREVER 1 Milik SNSD, Ternyata PlagiatSNSD untuk comeback Forever 1 (allkpop.com)

Ramai digunjing oleh publik, akhirnya Shin Hee Won yang merupakan sutradara dari video klip ini angkat bicara. Melalui akun Instagram @stwt.fin, Shin Hee Won mengakui jika tuduhan tersebut benar adanya.

"Hari ini, saya mengonfirmasi jika desain tersebut merupakan desain anniversary 15 tahun Disney Sea Tokyo Jepang. Saya meminta maaf karena telah menggunakan logo tersebut tanpa meminta izin," tulisnya.

5. Penggemar kecewa dengan kinerja tim produksi

Kontroversi Logo di Video Klip FOREVER 1 Milik SNSD, Ternyata Plagiatlogo di video klip FOREVER 1 milik SNSD (allkpop.com)

Terbukti menjiplak, Shin Hee Won pun diserbu oleh SONE, sebutan untuk penggemar SNSD. Mereka kesal karena comeback spesial grup idolanya harus diwarnai kontroversi seperti ini dan membuat SNSD ikut disalahkan oleh publik.

Hingga kini, SM Entertainment belum merilis pernyataan resmi terkait masalah ini. Shin Hee Won sendiri sudah dikenal sebagai sutradara yang biasa mengerjakan proyek video klip grup idol seperti Red Velvet hingga SEVENTEEN.

Baca Juga: 5 Fakta Album SNSD FOREVER 1, MV Udah Rilis SONE!

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya